10 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Minum Obat Tanpa Resep Dokter

Dosis kurang sesuai
Share ke teman kamu

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat modern semakin mudah mendapatkan obat. Jika dulu mereka harus datang ke apotek dengan membawa resep dokter, kini peraturan sudah menjadi sedikit longgar.

Cukup dengan mengatakan keluhan mengenai penyakit yang diderita, apoteker akan bertindak layaknya tenaga medis ahli dan siap memberikan obat yang diyakini ampuh menyembuhkan. Memang, tidak jarang obat yang disarankan benar-benar membuat si penderita sembuh. Namun patut diingat bahwa meminum obat, apalagi dengan kandungan zat kimia yang cukup keras, tanpa resep dokter bisa membawa dampak yang berbahaya.

Seperti apa bahaya yang dimaksud? Mari kita simak satu-persatu daftar 10 bahaya meminum obat tanpa resep dokter.

1. Gangguan fungsi hati

Gangguan fungsi hati

Gangguan fungsi hati

Ada beberapa obat yang jika dikonsumsi tanpa memperhatikan kondisi spesifik pasien bisa menyebabkan gangguan, atau bahkan kerusakan fungsi hati. Perhatikan baik-baik jika kamu pernah mengonsumsi parasetamol, obat yang biasa diminum untuk mengatasi gejala demam atau panas. Selain itu, obat dengan kandung acetaminopen juga sangat tidak disarankan untuk mereka yang memiliki gangguan fungsi hati.

2. Gangguan ginjal

Gangguan ginjal

Gangguan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang cukup sensitif dan bisa menjadi ‘korban’ paling parah dalam kasus mengonsumsi obat tanpa resep dokter. Setiap kali membeli obat di apotek tanpa saran dari seorang tenaga medis ahli, pastikan kamu membaca apakah terdapat kandungan nimesulide di dalamnya. Obat dengan kandungan zat tersebut bisa menyebabkan pendarahan ginjal yang amat berbahaya.

3. Anafilaktik

Anafilaktik

Anafilaktik

Anafilaktik merupakan sebuah bentuk syok yang timbul akibat mengonsumsi sebuah obat tertentu. Bisa digolongkan sebagai reaksi alergi terhadap zat kimia khusus. Oleh karena itu, jenis reaksi yang ditunjukkan oleh setiap orang bakal berbeda-beda, tergantung pada kondisi badan yang bersangkutan. Gejala yang umun terjadi antara lain jantung berdebar-debar, tekanan darah mendadak meningkat, lemas, pingsan, atau bahkan di level yang sudah parah, bisa membuat seseorang meregang nyawa.

4. Penyakit semakin parah

Penyakit semakin parah

Penyakit semakin parah

Obat biasanya digunakan untuk meredakan dan menghilangkan rasa sakit di dalam tubuh. Namun awas, jika dikonsumsi tanpa resep dokter, bukannya sehat malah justru berubah menjadi senjata makan tuan yang membuat penyakit semakin bertambah parah.

Contoh yang sederhana bisa dilihat pada seseorang yang memiliki penyakit diabetes dan mengalami nyeri. Ia lantas menggunakan obat yang mengandung steroid untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Apa yang terjadi? Kandungan steroid di dalam tubuh justru membuat diabetes bertambah parah.

5. Kebal obat

Kebal obat

Kebal obat

Mengonsumsi obat tanpa resep dokter atau takaran yang benar bisa membuat kamu resisten atau kebal terhadap jenis obat tertentu. Hal ini umumnya terjadi pada mereka yang tidak mengonsumsi antibiotik dengan benar. Pastikan kamu mengetahui dengan benar virus yang tengah hinggap di dalam tubuh dan mengonsumsi jenis antibiotik yang tepat. Jika tidak, bakteri justru akan terus bertahan hidup dan kebal terhadap obat yang kamu konsumsi.



6. Dosis kurang sesuai

Dosis kurang sesuai

Dosis kurang sesuai

Bahaya ini masih ada hubungannya dengan faktor sebelumnya. Bisa jadi kita sudah membeli obat dengan jenis yang benar, tanpa berkonsultasi dengan dokter. Namun apa jadinya jika obat tersebut lantas dikonsumsi tanpa takaran yang sesuai? Kemungkinan terburuknya kamu bisa mengalami over-dosis atau gejala alergi lain yang tentu bakal membuat penyakitmu semakin parah.

7. Kecanduan

Kecanduan

Kecanduan

Resiko kecanduan obat mengintai mereka yang dengan mudah mengonsumsi obat untuk mengatasi penyakit ringan seperti sakit kepala, pilek, atau lemas. Tentu saja ini merupakan kebiasaan buruk dan berbahaya. Pertama, mengonsumsi terlalu banyak zat tambahan non-alamiah jelas tidak memberikan efek positif pada tubuh. Kedua, manfaat obat dipastikan bakal berkurang drastis. Pasalnya, tubuhmu sudah mulai membiasakan diri dengan obat tersebut. Bukan tidak mungkin, lama-kelamaan kamu akan menjadi kebal terhadap obat.

8. Wanita hamil

Wanita hamil

Wanita hamil

Minum obat tanpa anjuran dokter merupakan hal yang amat berbahaya bagi wanita hamil. Seringan apapun penyakit yang diderita, cobalah melakukan konsulitasi pada dokter atau tenaga medis ahli. Pasalnya, apapun yang dikonsumsi oleh ibu bakal berpengaruh pada kesehatan bayi. Jika tidak ingin proses kelahiran mengalami masalah, sebaiknya jangan pernah coba meminum obat tanpa resep.

9. Keracunan

Keracunan

Keracunan

Tidak jarang ada banyak orang mengalami kasus keracunan usai mereka mengonsumsi suplemen atau multivitamin. Mengapa hal ini bisa terjadi? Di dalam vitamin dan suplemen terdapat zat aktif, yang jika dikonsumsi dengan jumlah yang tidak tepat, bisa menimbulkan efek amat berbahaya. Jika kamu berniat membuat tubuh menjadi sehat dengan tambahan vitamin, lebih disarankan untuk mengonsumsi bahan alami seperti buah-buahan, dikombinasikan dengan olahraga secara teratur.

10. Obat Palsu

Obat Palsu

Obat Palsu

Tak hanya makanan dan minuman, oknum tak bertanggung jawab kini mulai meresahkan masyarakat dengan mengedarkan obat palsu. Obat semacam ini biasanya diperoleh dari obat-obat bekas yang ada di tempat sampah atau diracik sendiri oleh si pemalsu dengan menggunakan takaran zat kimia ala kadarnya. Tentu saja, obat palsu ditawarkan dengan harga murah, namun memiliki kemungkinan besar untuk merusak tubuh.

Membeli obat tanpa resep dokter akan membuka peluang kamu mengonsumsi obat palsu jauh lebih besar. So, mulai sekarang lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat dan alangkah baiknya kalau kamu menjaga kesehatan agar tidak sakit.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *