Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Alasan Mengapa Pelukan Itu Penting

Bagikan

Percaya atau nggak, masalah yang sering muncul dalam suatu hubungan biasanya malah dari masalah yang sepele. Mulai dari kurangnya kesadaran untuk mendengarkan, kurangnya kompromi terhadap masalah kecil, gengsi minta maaf, dan malas untuk mengapresiasikan perasaan.

Menunjukkan perasaan pada pasangan melalui tindakan-tindakan kecil adalah hal yang harus sering dilakukan agar hubungan kamu awet dan jauh dari masalah. Salah satu tindakan kecil yang bisa membuat hubungan kamu dengan pasangan lebih harmonis adalah “berpelukan”.

Selain untuk menunjukkan perasaan sayang pada pasangan dan membuat hubungan jadi lebih harmonis, ada 10 alasan lain mengapa pelukan itu penting untuk kamu lakukan.

1. Menumbuhkan kedekatan secara emosional

Menumbuhkan kedekatan secara emosional
Menumbuhkan kedekatan secara emosional
Iklan

Menurut Dr. Fram Walfish, berpelukan dapat menumbuhkan kedekatan emosional dengan pasangan. Hal ini sama dengan kondisi dimana seorang ibu yang selalu mendekap dan memeluk anaknya. Sehingga membuat hubungan ibu dan anak menjadi semakin dekat.

Hal ini berlaku juga dengan para pasangan. Para pasangan yang sedang dalam tahap memperbaiki komunikasi atau pasangan yang sedang dalam ambang perpisahan disarankan oleh para psikolog untuk sering berpelukan agar hubungan mereka menjadi lebih mesra seperti saat awal-awal berpacaran.

2. Merangsang oksitosin

Merangsang oksitosin
Merangsang oksitosin

Hormon oksitosin adalah neurotransmitter yang bekerja pada sistem limbik (pusat emosi otak). Hormon ini bertugas untuk mengekspresikan perasaan dan mengurangi stress dan membantu mengurangi kadar kecemasan dalam tubuh.

Oksitosin ini dilepaskan dalam tubuh oleh kelenjar hipofisis yang akan membantu menurunkan denyut jantung dan meningkatkan hormon kortisol pada tubuh kita. Hormon kortisol merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk stress, tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung.

Iklan

3. Memberikan rasa nyaman

Memberikan rasa nyaman
Memberikan rasa nyaman

Dengan berpelukan, akan memberikan kamu sebuah rasa nyaman. Karena produksi hormon oksitosin yang diproduksi oleh tubuh sehingga memberikan perasaan yang nyaman dan bahagia pada diri kita. Seperti yang dikutip dari shape.com, Elizabeth Lombardo menyetujui pernyataan ini dan menuliskan dalam buku “A Happy You: Your Ultimate Prescription For happiness”.

4. Menambah kesabaran

Menambah kesabaran
Menambah kesabaran

Pelukan serupa dengan meditasi dan tawa. Pelukan, meditasi, dan tawa mengajarkan kita untuk belajar melepaskan yang harusnya dilepaskan dan fokus pada moment yang kita jalani saat ini. Pelukan memberi kamu sebuah energi untuk berpikir secara terstruktur dan menghubungan pikiran tersebut dengan hati dan pernafasan.

Iklan

5. Mengurangi stress

Mengurangi stress
Mengurangi stress

Di negara-negara maju seperti Jepang, Inggris, dan lain-lain. Kadangkala kita kerap menjumpai orang di jalan yang menawarkan sebuah pelukan gratis. Kegiatan ini ada karena tingkat stess di negara-negara tersebut sangatlah tinggi.

Pelukan, perhatian, dan kepedulian adalah hal langka di negara-negara maju tersebut. Sehingga adanya kegiatan ini sangatlah berarti bagi mereka. Pelukan terbukti dapat menghasilkan hormon oksitosin dalam tubuh sehingga dapat meredakan otot yang tegang dan membuat stess hilang.

6. Meredakan rasa sakit

Meredakan rasa sakit
Meredakan rasa sakit
Iklan

Pelukan memberikan efek pertumbuhan lebih cepat pada bayi prematur. Pelukan juga bisa menurunkan gejala penyakit autoimun, menurunkan kadar glukosa pada anak-anak penderita diabetes, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita kanker. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Miami School of Medicine.

7. Membuat wanita merasa seksi

Membuat wanita merasa seksi
Membuat wanita merasa seksi

Mungkin kamu berpikir apa hubungan anatara pelukan dan seksi? Tau nggak sih, kalau sebenarnya sebuah pelukan membuat seorang wanita merasa seksi. Wanita menyukai pelukan dari belakang atau dari samping. Kedua pelukan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri wanita. Tindakan ini juga memicu munculnya hormon dopamin yang bisa meningkatkan gairah seksual.

8. Meningkatkan harga diri

Meningkatkan harga diri
Meningkatkan harga diri
Iklan

Setiap orang pasti akan melakukan segala cara agar harga dirinya tidak jatuh. Siapa sangka kalau ternyata pelukan dapat membantu meningkatkan harga diri terutama bagi anak-anak.

Sentuhan pada seseorang terutama pada anak-anak memiliki arti bahwa kamu sangat mencintai dan bangga akan dirinya. Seperti pelukan yang kita terima dari orang tua saat masih anak-anak akan tertanam terus dalam sel hingga kita beranjak dewasa. Pelukan yang tulus berhubungan dengan kemampuan kita dalam mencintai diri sendiri.

9. Merangsang kadar dopamin dalam tubuh

Merangsang kadar dopamin dalam tubuh
Merangsang kadar dopamin dalam tubuh

Tubuh dengan kadar dopamin yang rendah dapat menyebabkan gangguan mood dan penyakit neurodegeneratif parkinson. Sehingga agar tubuh tidak mengalami gangguan mood atau depresi, perlu adanya kadar dopamin yang baik pula.

Salah satu cara untuk merangsang dopamin adalah dengan berpelukan. Satu pelukan saja akan menstimulasi otak untuk melepaskan dopamin dalam tubuh sehingga membuat kamu merasa lebih bahagia. Apalagi jika kamu melakukan pelukan yang lebih sering dalam satu hari? Pasti kadar dopamin akan meningkat terus.

10. Membuat kita lebih sehat

Membuat kita lebih sehat
Membuat kita lebih sehat

Sebuah pelukan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tekanan lembut pada sternum dan stimulus pada muatan emosial ini mengaktifkan Solar Plexus Chakra. Hal ini merangsang kelenjar timus yang merupakan kelajar yang berfungsi menyeimbangkan produksi sel-sel darah putih dalam tubuh. Sehingga membuat tubuh kita sehat dan bebas dari penyakit.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan