10 Alasan Mengapa Wanita Tidak Perlu Takut Makan Coklat

Kolesterol
Share ke teman kamu

Cokelat punya pencitraan yang identik dengan wanita. Tak heran jika ketika hari Valentine atau hari Kasih Sayang tiba, ada banyak pria yang memberikan cokelat sebagai tanda betapa besarnya rasa sayang yang mereka miliki terhadap sang wanita pujaan.

Di balik nilai romantisme yang dimiliki, cokelat juga menyimpan berbagai manfaat positif bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa cokelat amat bagus untuk jantung karena bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, kini tak jarang ada orang yang memanfaatkan cokelat sebagai lulur.

Dengan dengan berbagai alasan positif ini, sudah sepantasnya jika wanita tak lagi takut dengan coklat. Singkirkan perasaan takut gemuk atau pantangan diet ketika bertemu dengan coklat. Ini dia 10 alasan mengapa kamu, kaum hawa tak perlu lagi takut makan coklat.

1. Kehamilan

Kehamilan

Kehamilan

Kabar bagus bagi wanita yang sedang hamil dan ingin proses persalinan berjalan lancar, serta anak terlahir dalam kondisi sehat. Penelitian yang dilakukan terhadap cokelat telah menghasilkan kesimpulan bahwa konsumsi teratur akan mencegah terjadinya kondisi tekanan darah tinggi yang unik, dikenal dengan sebutan pre-eklampsia.

Tak main-main, cokelat bisa menurunkan peluang terkena kondisi merugikan tersebut hingga 70 persen. Di dalam cokelat terdapat zat khusus bernama theobromine, yang bisa mencegah terjadinya komplikasi selama kehamilan.

2. Konsentrasi

Konsentrasi

Konsentrasi

Bagi kamu yang tengah bekerja dan membutuhkan konsentrasi tinggi, tidak ada salahnya menyiapkan persediaan coklat di tas atau meja kerja. Ya, sama seperti kopi, cokelat ternyata memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya konsentrasi.

Dengan mengonsumsi cokelat, aliran darah ke otak akan semakin meningkat. Sebagai catatan, tubuh kita amat membutuhkan glukosa atau kandungan gula, yang hampir 50 persen di antaranya digunakan untuk memaksimalkan kinerja otak.

3. Jantung

Jantung

Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak memakan korban jiwa, baik di Indonesia maupun dunia. Selain rajin berolahraga dan istirahat teratur, kamu juga bisa meminimalisir resiko terkena penyakit jantung dengan memakan cokelat. Mengapa demikian? Cokelat diklaim sanggup meminimalisir aktivitas enzim, yang bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh kita meningkat.

Namun sekali lagi, pengurangan resiko terkena penyakit jantung baru akan terjadi jika kamu mengimbanginya dengan olahraga teratur dan mendapat waktu istirahat yang cukup.

4. Kolesterol

Kolesterol

Kolesterol

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cokelat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Tentu hal ini sangat menguntungkan. Pasalnya, jika berada dalam kadar yang tinggi, kolesterol jahat bisa menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung dan otak. Pada gilirannya nanti, kondisi ini bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.



5. Nyeri Haid

Nyeri Haid

Nyeri Haid

Satu lagi manfaat positif mengonsumsi cokelat, yang bisa dirasakan langsung oleh wanita, yakni mengurangi rasa nyeri yang sedang timbul kala sedang mengalami siklus bulanan alias haid. Jika kamu sudah mencoba meminum suplemen khusus atau obat lain dan tak membuahkan efek yang memuaskan, cobalah memakan coklat.

Pasalnya, dalam cokelat terdapat kandungan kafein, yang pada dasarnya bersifat meringankan rasa sakit.

6. Bahagia

Bahagia

Bahagia

Cokelat dipercaya sebagai makanan yang amat ampuh untuk menghilangkan stress. Sensasi rasa manis yang ada di dalamnya dapat membuat seseorang merasa lebih tenang dan untuk sejenak melupakan beban pikiran yang tengah mengganggu.

Hal ini lantas diperkuat oleh sebuah penelitian terhadap ibu hamil di Finlandia. Mereka yang rajin memakan cokelat setiap hari memiliki peluang yang besar untuk melahirkan anak yang bahagia, sehat, dan lebih suka bergerak aktif.

7. Panjang umur

Panjang umur

Panjang umur

Hal ini memang tidak bisa sepenuhnya dipastikan, namun konsumsi cokelat kemungkinan besar bisa membuat kamu hidup lebih lama. Sebuah penelitian di Harvard University pada tahun 1999, yang dilakukan terhadap 8.000 orang pria, menemukan bahwa mereka yang rajin memakan coklat bisa hidup satu tahun lebih lama dari mereka yang tidak.

Meski para peneliti tidak tahu pasti mengapa hal ini terjadi, mereka berspekulasi hal tersebut disebabkan oleh antioksidan yang ada di dalam coklat. Memang tidak terlalu meyakinkan, namun tak ada ruginya dicoba bukan?

8. Energi

Energi

Energi

Cokelat merupakan sumber energi yang bagus untuk tubuh. Cocok bagi kamu yang tidak sempat sarapan, namun dituntut melakukan berbagai aktivitas yang cukup menyita tenaga. Begitu besar kandungan energi yang terdapat dalam cokelat, hingga bisa dimanfaakan untuk menyalakan sebuah kipas listrik.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di Birmingham, yang menjadikan sisa caramel dan coklat untuk menadi inang bakteri E. Coli. Bakteri tersebut lantas mengeluarkan gas hidrogen, yang energinya bisa dimanfaatkan untuk menyalakan alat elektronik sederhana seperti kipas.

9. Imunitas

Imunitas

Imunitas

Cokelat amat bagus dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan di dalam tubuhmu. Hal ini sangat penting, terutama bagi wanita yang sedang mengandung, karena ia juga harus menjaga kondisi bayi yang ada di dalam rahim.

Cokelat mengandung antioksidan yang terbukti bisa menangkal penularan virus dan alergi. Hal tersebut tentu amat berguna, jika kondisi sekitar sedang tidak mendukung dan kekebalan tubuhmu sedang tidak terlalu bagus.

10. Mencegah kanker

Mencegah kanker

Mencegah kanker

Cokelat mengandung komponen bernama pentameric procyanidin atau pentamer, yang membantu mengurangi penyebaran sel kanker. Ketika seorang peneliti dari Lombardi Comprehensive Cancer Center di Georgetown University memberikan pentamer pada sel kanker di tahun 2005, protein yang dibutuhkan oleh kanker untuk tumbuh berhasil ditekan dan sel tersebut berhenti berkembang.







Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Alasan Mengapa Wanita Tidak Perlu Takut Makan Coklat

  1. Artikel yang menarik mengenai kebaikan pemakanan coklat. Namun harus diingat bahawa coklat juga mengandungi bahan-bahan berbahaya seperti cadmium dan lead. Oleh itu, ramai pakar kesihatan mencadangkan pengambilan coklat jenis dark chocolate kerana ia adalah lebih baik dan tidak mengandungi bahan-bahan kimia berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *