10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Kecanduan nikotin
Share ke teman kamu

Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin

Rasa-rasanya peringatan dalam setiap pak rokok ini hanyalah tulisan semata bagi para perokok. Pasalnya, meskipun semua kemasan rokok sudah mencantumkan peringatan ini, jumlah perokok tidak pernah berkurang setiap tahunnya, malah semakin bertambah. Mirisnya, bahkan beberapa waktu yang lalu beredar video seorang anak berusia tiga tahun sudah pandai merokok, dan setiap harinya dia menghabiskan 40 batang rokok. Ckckck… kita yang nonton cuma bisa ngelus dada sampe rata.

Terlebih di zaman modern ini, yang punya hobi merokok bukan hanya laki-laki, tetapi juga perempuan. Sudah menjadi rahasia umum kalau saat ini di kafe-kafe banyak sekali perempuan yang nongkrong sambil asik merokok. Padahal di dalam sebatang rokok tersimpan segudang bahaya yang akan mengancam kerusakan organ tubuh dan juga resiko gangguan kesehatan lainnya.

Apa saja bahaya merokok bagi kesehatan tubuh manusia? Dari banyaknya bahaya merokok yang ada, berikut 10 bahaya merokok bagi kesehatan tubuh manusia yang dapat menjadi alasan kamu untuk berhenti merokok sekarang juga.

1. Kecanduan nikotin

1. Kecanduan nikotin

1. Kecanduan nikotin

Tembakau dalam rokok mengandung zat yang dapat mengubah suasana hati, zat tersebut adalah nikotin. Nikotin bisa dengan mudah mencapai otak, dan dalam hitungan detik dapat merangsang sistem saraf pusat untuk membuatmu merasa lebih bersemangat dan berenergi untuk sementara waktu. Namun kemudian akan memberikan efek mudah lelah, sehingga kamu akan menginginkan nikotin lagi dan lagi (kecanduan).

Tubuh kamu memiliki hormon stress yang disebut kortikosteron, hormon ini menurunkan efek nikotin. Jika kamu sedang dalam masa stress, kamu akan membutuhkan lebih banyak nikotin untuk efek yang sama. Merokok dapat juga dapat mengganggu fungsi emosional yang bisa membuat kamu merasa mudah cemas, jengkel, dan depresi.

2. Mengganggu sistem oral

2. Mengganggu sistem oral

2. Mengganggu sistem oral

Perokok memiliki risiko besar terkena masalah oral. Merokok akan menyebabkan peradangan gusi (gingivitis) atau infeksi (periodontitis). Masalah-masalah ini kemudian dapat menyebabkan kerusakan gigi, kehilangan gigi, dan bau mulut. Merokok juga akan meningkatkan resiko terkena kanker mulut, tenggorokan, laring, dan esofagus. Merokok juga dapat mengurangi nafsu makan, sehingga menyebabkan tubuh kamu menjadi kekurangan nutrisi.

3. Penuaan dini

3. Penuaan dini

3. Penuaan dini

Salah satu penyebab penuaan dini adalah merokok. Menurut American Academy of Dermatology, merokok menyebabkan perubahan biokimia dalam tubuh yang mempercepat proses penuaan seperti kulit kasar dan munculnya kerutan. Efek rokok dapat menghilangkan jaringan kulit yang menyerap oksigen sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, darah tidak dapat mencapai organ tubuh dengan lancar dan oksigen tidak dapat diserap oleh kulit.

4. Gangguan reproduksi

4. Gangguan reproduksi

4. Gangguan reproduksi

Baik pria maupun wanita yang merokok, mungkin akan memiliki kesulitan mencapai orgasme dan berada pada resiko infertilitas yang lebih tinggi. Wanita yang merokok mungkin mengalami menopause pada usia lebih awal. Perokok mengalami komplikasi lebih banyak selama proses kehamilan, termasuk keguguran, masalah dengan plasenta, dan kemungkinan kelahiran prematur.

5. Meningkatnya infeksi

5. Meningkatnya infeksi

5. Meningkatnya infeksi

Para perokok sering tidak menyadari bahwa mereka rentan terhadap bakteri, virus, dan juga infeksi, sehingga kamu akan mudah terserang flu dan penyakit ringan lainnya. Efek dari asap rokok dapat melumpuhkan cilia. Cilia adalah rambut kecil yang melapisi saluran pernapasan, trakea, dan bronkus yang berfungsi untuk melindungi kita dari infeksi.

6. Memicu resiko kebutaan

6. Memicu resiko kebutaan

6. Memicu resiko kebutaan

Para perokok memiliki risiko empat kali lebih besar untuk mengalami kebutaan karena berkaitan dengan usia degenerasi makula. Degenerasi makula adalah sebuah kondisi parah dan progresif yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral. “Lebih dari seperempat dari semua kasus yang berkaitan dengan usia degenerasi makula dengan dampak kebutaan atau gangguan pengelihatan disebabkan karena sejarah merokok yang dimiliki orang-orang tersebut,” ungkap Simon P. Kelly, MD, seorang ahli bedah mata di Inggris.

7. Terserang kanker payudara

7. Terserang kanker payudara

7. Terserang kanker payudara

Penelitian lain pada tahun 2004 menunjukkan bahwa merokok secara aktif menunjukkan peran yang sangat besar dalam meningkatnya risiko terserang kanker payudara. Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of National Cancer Institute, hasil penelitian menunjukkan sebanyak 2.000 perempuan dari 116.544 perempuan di California berpotensi terserang kanker payudara. Prevalensi kanker payudara di kalangan perokok wanita saat ini adalah 30% lebih tinggi dari wanita yang tidak pernah merokok, terlepas perokok tersebut pasif atau aktif.

8. Terserang penyakit jantung

8. Terserang penyakit jantung

8. Terserang penyakit jantung

Kebanyakan orang yang merokok bergaul dengan masalah pernapasan dan kanker paru-paru. Tapi tahukah kamu kalau ternyata merokok merupakan penyebab utama munculnya penyakit jantung pada wanita dan pria? Sekitar 20% dari semua kematian akibat penyakit jantung di AS secara langsung berhubungan dengan pola hidup merokok. Semakin banyak rokok yang kamu konsumsi, semakin tinggi pula resiko penyakit jantung yang akan kamu derita.

9. Meningkatnya jumlah sel darah putih

9. Meningkatnya jumlah sel darah putih

9. Meningkatnya jumlah sel darah putih

Ketika kamu merokok maka jumlah sel darah putih (sel-sel yang mempertahankan tubuh kamu dari infeksi) akan tetap tinggi. Ini menandakan bahwa tubuh kamu sedang mengalami stress secara terus menerus, berjuang malawan peradangan dan kerusakan akibat tembakau yang kamu konsumsi.

Jumlah sel darah putih yang tinggi merupakan sinyal bahwa tubuh kamu sedang terluka. Jumlah sel darah putih yang tetap tinggi untuk waktu yang lama akan terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung, stroke, dan kanker.

10. Gangguan otot dan tulang

10. Gangguan otot dan tulang

10. Gangguan otot dan tulang

Ketika kamu merokok, darah dan oksigen yang mengalir dalam otot-otot kamu menjadi berkurang. Kurangnya oksigen dalam otot menyebabkan otot tidak dapat berkembang, timbulnya nyeri otot, dan otot cepat lelah.

Sedangkan kandungan zat dalam asap rokok dapat mengganggu siklus alami dari kesehatan tulang. Tubuhmu menjadi kurang mampu membentuk jaringan tulang baru yang sehat, dan merusak jaringan tulang lebih cepat. Seiring waktu, merokok dapat menyebabkan penipisan jaringan tulang dan hilangnya kepadatan tulang. Hal ini menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh.

Well, itu tadi bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kamu. Asap dari rokok juga sangat merugikan bagi orang-orang di sekitar kamu yang menghirupnya. Ketika asap rokok dihembuskan, mereka akan masih bertahan dua hingga tiga jam meskipun tidak terlihat, dan menghirup asap rokok ini sama bahayanya dengan perokok aktif. Jadi, sebaiknya kamu segera berhenti merokok dan bila kamu memutuskan untuk merokok, pikirkanlah orang-orang di sekitarmu yang tidak merokok dan ingin mendapatkan hak udara yang bersih.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *