10 Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

6. Menyebabkan gagal ginjal
Share ke teman kamu

Yang namanya mahasiswa dan anak muda nggak pernah bisa jauh dari mie instan. Mie instan selalu ada saat mahasiswa kelaparan, tak ada yang sanggup mengalahkan pesona mie instan saat perut lapar. Mie instan selalu setia menemanimu saat hujan dan kelaparan tengah malam. Bisa dibilang mie instan adalah sahabat setia kita saat suka, duka, dan hari-hari menjelang akhir bulan.

Apalagi kalau sudah nonton drama Korea atau Jepang, bawaannya pengen bikin mie instan terus. Soalnya di film tersebut pasti bakal ada adegan pemainnya lagi makan mie yang terlihat yummy banget sampai bikin lapar. Memang susah menolak kelezatan mie instan! Tapi justru di balik kelezatan sebungkus mie instan ini tersimpan bahaya yang perlahan akan merenggut kesehatan tubuhmu.

Nah, seperti apa bahaya mie intan ini? Simak penjelasan bahaya mie instan bagi kesehatan berikut ini!

1. Mengandung MSG

1. Mengandung MSG

1. Mengandung MSG

MSG adalah Monosodium Glutamate yang berperan dalam meningkatkan rasa nikmat pada mie instan. MSG ini merupakan bahan penyedap dan pengawet kimia yang berasal dari pengawet industri minyak bumi. MSG ini sesungguhnya boleh dikonsumsi tetapi dalam batas tertentu saja. Terlalu banyak mengkonsumsi MSG dapat menyebabkan sakit kepala, kemerahan pada wajah, nyeri, dan munculnya sensasi terbakar.

2. Gangguan pencernaan

2. Gangguan pencernaan

2. Gangguan pencernaan

Menurut The Washington Post, wanita yang mengkonsumsi mie instan dua kali dalam seminggu cenderung memiliki resiko terserang sindrom metabolik daripada mereka yang mengkonsumsi lebih sedikit atau tidak sama sekali. Hal ini dikarenakan mie instan dapat menghambat nutrisi yang masuk ke tubuh sehingga menyebabkan pencernaan dalam tubuh terganggu.

3. Kandungan sodium tinggi

3. Kandungan sodium tinggi

3. Kandungan sodium tinggi

Mie instan memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang rendah, serta tinggi kandungan karbohidrat dengan paket bumbu yang sangat asin. Fakta diet menunjukkan bahwa dalam 1 paket mie instan terkandung 1.562 mg sodium. Menurut American Heart Association kita direkomendasikan untuk mengurangi asupan natrium 1.500 mg per hari, yang jumlahnya sama dengan 1 sdt garam. Kelebihan asupan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kerusakan pembuluh darah dan penyakit jantung.

4. Menyebabkan kanker

4. Menyebabkan kanker

4. Menyebabkan kanker

Styrofoam atau polystyrene sudah menjadi bahan yang sangat populer dalam industri makanan. Sedihnya, di dalam mie instan yang lezat ini terkandung polystyrene yang membahayakan kesehatan tubuh kamu. Sesuai dengan yang sudah disebutkan oleh WHO, bahan tersebut merupakan bahan yang memicu munculnya penyakit kanker.

5. Menyebabkan kegemukan

5. Menyebabkan kegemukan

5. Menyebabkan kegemukan

Makan satu porsi mie instan untuk makan siang sama dengan mengkonsumsi 8 gram lemak jenuh. Mie instan kebanyakan terbuat dari maida. Maida merupakan olahan tepung terigu yang telah mengalami proses penggilingan, penghalusan, dan pemutihan. Maida ini sarat dengan bahan pengawet yang kaya akan kalori. Mengkonsumsi kalori dan lemak jenuh berlebihan dapat menyebabkan kamu mudah terserang obesitas.

6. Menyebabkan gagal ginjal

6. Menyebabkan gagal ginjal

6. Menyebabkan gagal ginjal

Mie instan mengandung propylene glycol yang merupakan zat anti-freeze untuk mencegah mie dari kekeringan dan mempertahankan mie tetap dalam suhu yang lembab sehingga mie tetap renyah dan tidak mudah melempem. Tubuh dapat menyerap zat ini dengan mudah sehingga akan terakumulasi di jantung, hati, dan ginjal. Akumulasi zat ini dapat merusak kerja ginjal dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

7. Menyebabkan diabetes

7. Menyebabkan diabetes

7. Menyebabkan diabetes

Mie instant dibuat dari tepung terigu yang sangat halus dengan komposisi 5 gram karbohidrat dan hanya mengandung 1 gram serat per porsi. Karbohidrat rendah serat dapat menaikkan gula darah dengan cepat dan dapat menyebabkan resistensi insulin pada sel-sel tubuh kamu, yang mengarah pada munculnya penyakit diabetes tipe 2.

8. Keguguran

8. Keguguran

8. Keguguran

Bagi wanita yang sedang hamil, terutama hamil muda sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi mie instan. Mengkonsumsi mie instan selama masa kehamilan dapat memicu resiko keguguran. Hal ini karena kandungan bahan kimia yang ada di dalam mie intan dapat mempengaruhi perkembangan janin. Bukan hanya ibu hamil, bagi kamu yang sedang dalam program kehamilan disarankan untuk tidak mengkonsumsi mie instan.

9. Mengganggu kerja hormon

9. Mengganggu kerja hormon

9. Mengganggu kerja hormon

Selain memiliki bahaya yang fatal bagi wanita hamil, ternyata mie instan juga sama berbahayanya bagi wanita lajang, Mengkonsumsi mie instan ternyata dapat mengganggu hormon pada wanita. Hormon wanita yang terganggu dapat mengakibatkan siklus haid yang tidak teratur dan tidak lancar. Sedangkan bagi pria, kandungan bahan kimia yang terdapat dalam mie instan dapat mempengaruhi hormon seks mereka, sehingga membuat para pria tidak bisa mengontrol gairah seks.

10. Junk Food

10. Junk Food

10. Junk Food

Kategori junk food bukan hanya lalapan Amerika seperti KFC, McD dan lain-lain. Mie instan sendiri dapat dikategorikan sebagai junk food karena banyak mengandung karbohidrat, tetapi tidak memiliki kandungan vitamin, mineral atau serat. Makanan ini juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Sementara itu, junk food adalah salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan munculnya banyak penyakit.

Sebenarnya, tak ada salahnya kamu mengkonsumsi mie instan, selama dalam porsi yang wajar. Misalkan 2 kali dalam kurun waktu 1 bulan. Yang menjadi masalah adalah saat kamu menggunakan mie intan sebagai makanan pokok. Padahal sesungguhnya makanan olahan atau makanan cepat saji harus dikonsumsi sesekali dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti makanan utama. Semoga setelah mengenal bahaya mie instan, mulai sekarang kita bisa mengurangi konsumsi mie instan, dan memulai pola makan sehat. Ingat, tubuh kita sangat berharga, bukan tempat sampah yang bisa diisi sembarang makanan!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *