10 Bahaya MSG Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Waspadai

MSG berdampak negatif bagi si kecil
Share ke teman kamu

Buat kamu yang doyan banget makan mie instan pasti udah akrab sama MSG atau Monosodium Glutamate. Zat kimia yang berguna untuk memperkuat rasa tersebut memang umumnya ditambahkan dalam bumbu penyedap mie instan, agar rasa yang dihasilkan lebih tajam dan menggugah selera.

Namun di balik kelezatannya tersebut, MSG ternyata bisa menimbulkan dampak yang buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak. Salah satunya adalah efek ketagihan dan kecanduan, yang bakal membuat kamu ingin terus memakan makanan mengandung MSG. Parahnya, buat cewek MSG ini bikin angka di timbangan kamu melaju dengan pesat.

Selain kedua bahaya tersebut ternyata masih ada bahaya lain yang bisa muncul akibat mengonsumsi MSG. Berikut 10 bahaya MSG bagi kesehatan tubuh:

1. Kegemukan

Kegemukan

Kegemukan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mengkonsumsi MSG terlalu banyak dan sering bisa membuat kita merasa ketagihan. Rentang waktu satu atau dua hari, kita sudah ingin lagi memakan makanan yang mengandung MSG.

Hal tersebut lantas rentan membuat berat badan kita meningkat dengan drastis. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Tiongkok terhadap 752 orang dalam kondisi sehat, usia antara 40 hingga 59 tahun. Separuhnya lantas diminta mengkonsumsi makanan ber-MSG sementara sisanya memakan makanan sehat. Alhasil, mereka yang bersentuhan dengan MSG ternyata memiliki indeks berat yang jauh lebih tinggi.

2. Kerusakan otak

Kerusakan otak

Kerusakan otak

Dalam taraf yang lebih parah, MSG bisa menyebabkan kerusakan otak. Penyebabnya cukup sederhana. Kandungan kimia yang ada di dalam Monosodium Glutamate memang disusun sedimikian rupa untuk merangsang otak mengirimkan sinyal nafsu makan kepada tubuh.

Tentu hal ini bisa berdampak negatif, karena kamu selalu dipaksa berpikir bahwa tubuhmu sedang membutuhkan asupan makanan, meski kenyataanya tidak demikian.

3. Pengaruh pada hati

Pengaruh pada hati

Pengaruh pada hati

Terlalu banyak mengkonsumsi MSG juga bisa menimbulkan gangguan terhadap fungsi organ pencernaan, salah satunya hati. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, zat MSG bisa merangsang tubuh kita untuk terus merasa lapar.

Hal tersebut pada gilirannya bisa memaksa hati untuk bekerja dengan ritme yang tidak wajar. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, bisa-bisa dalam waktu singkat hati mengalami peradangan. Oleh karena itu mulai saat ini kamu lebih baik menjaga konsumsi makanan yang mengandung MSG.

4. Membuat ketagihan fast food

Membuat ketagihan fast food

Membuat ketagihan fast food

Sudah cukup ngeri dengan bahaya MSG? Lebih ngeri mana dengan ketagihan fast food yang juga mengandung MSG?

Jika godaan fast food terlalu kuat untuk kamu tolak, mulailah berpikir tentang MSG dan bahaya yang terkandung pada jenis zat kimia ini. Logikanya fast food yang biasa hadir di mall-mall atau pusat perbelanjaan modern ini mengandung MSG dengan tingkat yang cukup tinggi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, zat ini juga pada akhirnya membuat ketagihan jika dikonsumsi secara rutin dengan jumlah yang signifikan.

5. MSG berdampak negatif bagi si kecil

MSG berdampak negatif bagi si kecil

MSG berdampak negatif bagi si kecil

Ini peringatan bagi para orang tua agar ekstra ketat menjaga konsumsi MSG pada anak. Terlebih snack atau makanan kecil untuk anak kecil saat ini secara umum sudah mengandung MSG.

Orang dewasa punya ketahanan yang lebih tinggi terhadap dampak negatif MSG, tetapi tidak demikian dengan anak kecil. Oleh karena itu alangkah bijak jika kita mempertimbangkan dengan baik makanan seperti apa yang akan kita dan buah hati konsumsi. Para ibu bisa membuat sendiri cemilan untuk buah hatinya untuk memastikan asupan sehat bagi si kecil.

6. Hambat kecerdasan

Hambat kecerdasan

Hambat kecerdasan

Bagi orang tua yang ingin anaknya tumbuh menjadi manusia cerdas, menghindari bahaya MSG merupakan hal yang wajib dilakukan. Wajar saja, mengingat seperti yang disebutkan sebelumnya, zat ini bisa merusak fungsi otak dan nantinya bisa menghambat pertumbuhan kecerdasan. Oleh sebab itu amat penting memberikan makanan yang bersifat alami dan sehat pada si buah hati.

7. Asma

Asma

Asma

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 1995 mengatakan bahwa konsumsi MSG bisa memicu serangan asma pada orang yang sensitif dengan zat penguat rasa.

Penemuan tersebut didasarkan pada dua penelitian sebelumnya terhadap orang-orang yang mengidap asma dan mengkonsumsi MSG. Pada tahun 2009, sebuah jurnal berjudul ‘Clinical and Experimental Allergy’ mengambil kesimpulan bahwa MSG belum bisa dipastikan sebagai salah satu penyebab asma. Namun bisa dipastikan bahwa mengkonsumsi zat ini akan memberikan efek negatif pada mereka yang memiliki gangguan saluran pernafasan.

8. Radang kulit

Radang kulit

Radang kulit

Laporan lain terkait bahaya MSG meliputi radang kulit, gatal-gatal, dan sulit bernafas, serta bersin-bersin. Laporan yang dimuat oleh ‘Clinical and Experimental Allergy’ di tahun 2009 mendukung penemuan awal yang mengatakan bahwa MSG mungkin, dalam kasus yang amat jarang, menyebabkan kerusakan kulit pada mereka yang amat sensitif terhadap zat penguat rasa. Selain itu juga muncul gangguan pernafasan, yang akan segera hilang jika penderita menjalankan diet makanan ber-MSG.

9. Bahaya laten dalam tubuh

Bahaya laten dalam tubuh

Bahaya laten dalam tubuh

Layaknya bahaya laten, efek samping dari konsumsi MSG muncul dalam durasi yang tak tentu. Bisa muncul dalam waktu 15 hingga 30 menit usai zat masuk ke dalam tubuh dan hilang dengan sendirinya dalam waktu dua jam. Dalam kasus yang jarang, ketika serangan asma dikaitkan dengan konsumsi makanan ber-MSG, gejala mulai muncul antara 1 hingga 12 jam setelah konsumsi.

10. Konsumsi racun

Konsumsi racun

Konsumsi racun

Menurut informasi yang dilansir oleh Global Healing Center, MSG merupakan zat yang mengandung racun. Mengkonsumsi penguat rasa tersebut bakal membuat kamu rawan terkena berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, stroke, dan masih ada banyak penyakit berbahaya lainnya. Jika kamu memakan makanan ber-MSG dan mengalami kondisi di atas, maka kamu perlu segera menghapus MSG dari daftar makananmu sehari-hari.





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Bahaya MSG Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Waspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *