Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Benda yang Paling Sering Dicuri Tamu Hotel

Bagikan

Ungkapan yang mengatakan jika perbuatan melanggar itu datang karena adanya kesempatan memang benar adanya. Contoh kecilnya adalah para tamu hotel yang seringkali membawa ‘suvenir’ sebagai kenang-kenangan.

Di tengah ketatnya persaingan bisnis penginapan, hotel-hotel masa kini berlomba untuk memberikan fasilitas terbaik. Berbagai fasilitas diberikan untuk menambah kenyamanan, membuat tamu betah dan bertahan lebih lama hingga akhirnya ingin kembali berkunjung di lain waktu.

Namun rupanya, berbagai fasilitas tadi justru membangkitkan jiwa ‘klepto’ para tamu. Seringkali bermacam fasilitas tadi justru raib berkat ulah tangan-tangan kreatif. Pada umumnya sih mereka berkilah mengatasnamakan ‘kenang-kenangan’ untuk membawa pulang berbagai macam benda dan aksesoris yang harusnya menjadi hak milik hotel tersebut.

hotel
hotel

Apa benar demikian? Coba kamu cek daftar 10 benda yang paling sering dicuri tamu hotel di bawah ini, jangan-jangan kamu pernah membawa pulang salah satunya.

Iklan

1. Sandal Hotel

sandal hotel
sandal hotel

Kalau benda satu ini menempati urutan pertama sebagai benda yang paling sering menjadi incaran para tamu hotel. Meski sandal hotel kerap dibuat dari bahan yang amat ringan dan mungkin mudah kotor atau rusak, hal tersebut tetap tak menghalangi para pengunjung untuk memasukkan benda satu ini ke dalam koper, ketika mereka bersiap check-out.

Bahkan ada pula tamu yang sudah merencanakan ingin mengambil sandal hotel dari awal dan sudah menyiapkan wadah atau plastik khusus untuk menyimpannya. Alasannya klasik, ingin mendapatkan kenang-kenangan dari hotel yang sudah pernah disinggahi.

2. Handuk Hotel

handuk hotel
handuk hotel
Iklan

Handuk hotel juga merupakan benda yang kerap jadi favorit untuk disimpan dan dibawa pulang oleh para tamu. Handuk ini tersedia dalam berbagai varian ukuran dan juga bahan. Bisa jadi, pengunjung akan memilih menyimpan handuk dengan kualitas material yang lebih baik dari kebanyakan handuk yang beredar di pasaran.

Tetapi ada juga nih yang hanya sekadar mengincar inisial atau identitas hotel yang ada di handuk tersebut. Alasannya, tentu ingin menunjukkan bahwa ia pernah menginap di hotel tertentu. Jenis klepto yang satu ini biasanya dilakukan oleh mereka yang kebetulan tengah berada di hotel ternama, dengan fasilitas setara bintang empat atau lima.

3. Sabun

sabun hotel
sabun hotel

Bisa jadi kamu pernah melakukan hal ini, karena sabun adalah barang yang paling sering dibawa oleh para tamu hotel. Padahal ya sabun yang disediakan di kamar tamu biasanya berukuran kecil dan hanya bisa digunakan satu hingga tiga kali mandi. Bahkan tak jarang ada hotel yang hanya memberikan sabun cair dalam wadah plastik.

Kalau dipikir untungnya sih, membawa sabun hotel itu memang banyak manfaatnya. Bisa untuk berjaga-jaga andai di tengah perjalanan nanti mereka membutuhkannya untuk membersihkan diri dan menghemat bujet, hingga tak perlu membeli yang baru. Namun, berbagai kabar di internet juga menyebutkan bahwa ada orang yang memang punya hobi mengumpulkan sabun hotel. Aneh.

Iklan

4. Notes

notes hotel
notes hotel

Hotel biasanya menyediakan buku saku atau notes kecil di kamar, bagi para tamu yang ingin membuat catatan kecil untuk ditinggalkan bagi petugas penginapan atau kebersihan kamar. Namun, benda satu ini juga tergolong amat menarik untuk dibawa pulang.

Penyebabnya? Kapan lagi anda bisa mendapat notes khusus dengan logo hotel ternama, tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Umumnya, notes semacam ini hanya dibagikan ketika Anda mengikuti seminar atau event promosi yang diadakan oleh pengelola hotel bersangkutan. Jadi, ketika benda tersebut ada di depan kamu dan tersedia gratis, mengapa tidak?

5. Pena

pena hotel
pena hotel
Iklan

Pena seolah jadi aksesoris yang wajib tersedia di semua kamar hotel. Bagi para pengunjung, pena juga jadi benda yang tidak boleh dilewatkan untuk masuk koper, ketika mereka sedang berkemas untuk perjalanan pulang. Bentuknya pun juga bervariasi, tergantung kelas hotel tempat kamu menginap.

Dibanding membawa benda hotel lain, membawa pulang pena masih bisa sedikit dimaafkan, lantaran informasi alamat dan nomor kontak hotel yang tertera di atasnya. Dengan begini kamu takkan bingung jika suatu saat ingin kembali menginap di hotel yang sama, eh tapi dengan membawa bolpen, maka secara tidak langsung, kamu juga membantu promosi hotel itu, lho

6. Peralatan mandi

peralatan mandi
peralatan mandi

Shampoo dan sabun seringkali menjadi benda wajib yang harus ada di kamar mandi hotel. Namun, pasta gigi dan pembersih mulut bisa jadi akan absen dari daftar peralatan dan perlengkapan mandi yang disediakan pihak pengelola.

Tapi jangan khawatir, cukup hubungi petugas hotel dan mereka akan membawakan kamu pasta gigi dan pembersih mulut dengan merk atau cap khusus dari hotel yang kamu tempati. Sayang menggunakannya? Jangan ragu menyimpan keduanya di dalam koper!

Iklan

7. Sprei dan gorden

sprei hotel
sprei hotel

Ada juga nih yang terinspirasi kamar hotel hingga ingin mendekorasi kamar rumah mereka agar terlihat seperti katalog Hyatt atau Sheraton. Nah sayangnya ada yang mengambil jalan pintas dengan membawa sprei dan gorden di kamar mereka menginap. Inginnya sih agar kamar di rumah bisa jadi mirip dengan kamar hotel.

Tetapi yang ini berisiko loh, karena dari benda yang disebutkan di atas, jika ketahuan membawa dua benda ini kemungkinan akan berbuntut panjang dengan pihak keamanan hotel. Pihak hotel pun tentunya akan memeriksa kamar terlebih dahulu sebelum kamu diperbolehkan pergi setelah check out. Jadi mungkin untuk dua barang ini nggak perlu dibawa deh.

8. Peralatan makan

peralatan makan hotel
peralatan makan hotel
Iklan

Pisau, garpu, sendok sup, sebutkan saja semua peralatan makan yang tersedia di hotel dan kebanyakan akan berakhir di koper tamu yang menginap. Kamu mungkin pernah bingung melihat seseorang yang menginap sendirian di kamar sebelah, memesan menu makanan untuk empat orang. Ya selain mungkin karena lapar, mungkin juga ia ingin mengoleksi peralatan makan hotel tersebut.

9. Tanda dilarang berisik

tanda dilarang berisik
tanda dilarang berisik

Yang ini unik juga nih, karena diakui atau tidak, mengambil tanda dilarang berisik dari hotel merupakan salah satu kegiatan yang tren di tahun 90an. Konon aksi ini dipopulerkan oleh sebuah band, yang tak pernah absen mengambil papan peringatan dari setiap hotel yang mereka singgahi di sela-sela tur. Kini, papan tanda dilarang berisik menjadi salah satu benda yang kerap dibawa pulang oleh para pengunjung hotel, terutama mereka yang tengah berada dalam kondisi mabuk.

10. Bantal

bantal hotel
bantal hotel

Sering bingung kehabisan stok bantal jika ada tamu yang menginap di rumah? Jika iya mungkin bisa membawa pulang bantal yang ada di hotel tempat kamu menginap. Bukan menyarankan sih, tetapi memang bantal hotel menjadi salah satu benda yang sering dibawa pulang oleh tamu.

Mana tempat terbaik untuk mendapatkan bantal dengan kualitas terbaik dan juga gratis, selain hotel. Tentu, tidak ada hotel yang punya menu khusus dan menawarkan bantal yang bisa kamu bawa pulang begitu saja. Namun, kenyamanan bantal hotel seolah tak kuasa menahan para tamu untuk meninggalkannya begitu saja. Tetapi hati-hati nih, ada juga hotel yang langsung memasukkan tagihan untuk bantal di kartu kredit, ketika kamu melakukan check-out nanti.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan