10 Benda yang Tidak Boleh Masuk Microwave

Box makanan yang mengandung metal
Share ke teman kamu

Microwave adalah salah satu alat elektronik yang membantu menghemat waktu memasak para ibu muda. Dengan microwave kamu nggak perlu lagi repot-repot nyalain kompor untuk menghangatkan makanan.

Akan tetapi memasukkan makanan atau wadah dengan jenis tertentu dalam microwave bisa membuat kamu sakit. Hal ini dikarenakan bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam makanan atau wadah tersebut. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui benda apa saja yang seharusnya tidak masuk ke dalam microwave.

Dari sekian banyak benda yang ada, ada 10 benda yang seharusnya tidak masuk ke dalam microwave. Inilah 10 benda-benda tersebut.

1. Telur rebus

Telur rebus

Telur rebus

Jangan memasukkan telur rebus ke dalam microwave. Memasukkan telur rebus dalam microwave hanya akan membuat microwave berantakan bahkan bisa saja tangan kamu terbakar.

Suhu panas yang tinggi dalam microwave menciptakan banyak uap pada telur , dimana tidak ada space untuk uap tersebut keluar sehingga menyebabkan telur meledak.

2. Daging

Daging

Daging

Memasukkan daging yang telah lama berada di freezer ke dalam microwave sangat tidak dianjurkan. Bagian tepi daging akan lebih cepat matang, sedangkan bagian tengahnya masih mentah bahkan bisa saja masih membeku. Hal ini menyebabkan distribusi panas dari microwave tidak merata ke seluruh daging sehingga dapat memicu tumbuhnya bakteri.

3. ASI

ASI

ASI

Memanaskan asi beku dalam microwave akan membuat pemanasan tidak merata dan juga bisa menyebabkan bibir bayi yang masih sensitif kepanasan. Memanaskan ASI beku yang telah diawetkan ini juga dapat menghancurkan beberapa protein yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh si bayi. Cara terbaik untuk memanaskan ASI yang beku adalah dengan menempatkan ASI dalam cangkir kemudian diamkan dalam suhu kamar.

4. Box makanan yang mengandung metal

Box makanan yang mengandung metal

Box makanan yang mengandung metal

Logam, meskipun dalam ukuran yang sangat kecil, misalnya pada bagian pegangan tidak boleh dimasukkan dalam microwave karena ketika microwave menyatu dengan logam bisa menyebabkan kebakaran.

5. Wadah plastik

Wadah plastik

Wadah plastik

Terkadang meskipun kita sudah tau kalau menaruh wadah plastik di dalam microwave itu tidak dianjurkan, namun masih ada saja yang melakukan hal ini. Sebenarnya alasan kenapa meletakkan wadah plastik dalam microwave itu tidak dianjurkan adalah karena wadah plastik banyak memiliki kandungan bahan kimia seperti estrogen yang dapat larut dalam makanan kamu ketika dipanaskan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives, 95 persen dari 450 produk plastik (seperti botol bayi, tempat makan, dan lainnya) yang sudah di-test ternyata memiliki kandungan bahan kimia yang serupa dengan esterogen ketika produk tersebut dimasukkan ke dalam microwave, mesin cuci, atau direndam dalam air. Lebih baik kalau kamu ingin memanaskan makanan gunakan piring khusus untuk microwave.

6. Wadah sterofoam

Wadah sterofoam

Wadah sterofoam

Ketika berada di dalam suhu panas terutama di dalam microwave sterofoam akan melepaskan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita. Dari pada menggunakan sterofoam untuk menyimpan sisa makanan kita, lebih baik letakkan sisa makanan tersebut di piring kemudian tutup dengan plastik pembungkus khusus makanan untuk menjaga agar tetap higienis dan tidak dihinggapi lalat.

7. Mug yang sudah kamu miliki selama bertahun-tahun

Mug yang sudah kamu miliki selama bertahun-tahun

Mug yang sudah kamu miliki selama bertahun-tahun

Mug tertentu yang dibuat sekitar tahun 1960-an, seperti mug versi lama Fiestaware yang terbuat dari kaca memiliki kandungan bahan yang dapat menyebabkan radiasi dan beberapa kandungan bahan dari logam dan timbal. Kandungan bahan tersebut sangat tidak dianjurkan masuk ke dalam microwave.

Meskipun bentuk dari mug ini lucu, akan tetapi saat kamu menemukan mug-mug semacam ini sebaiknya nggak kamu masukin dalam list koleksi deh.

8. Hati-hati dengan wadah berlabel “produk khusus microwave”

Hati-hati dengan wadah berlabel "produk khusus microwave"

Hati-hati dengan wadah berlabel “produk khusus microwave”

Satu-satunya hal yang ingin ditunjukkan oleh produk khusus berlabel “microwave safe” adalah bahwa barang-barang tersebut memang benar-benar aman digunakan untuk microwave, dan juga terjamin tidak akan merusak microwave kamu.

Untuk meyakinkan kamu apakah produk tersebut benar-benar aman untuk digunakan di microwave kamu bisa melakukan percobaan dengan cara memasukkan makanan yang ingin kamu hangatkan ke dalam wadah tersebut, kemudian panaskan di atas kompor. Setelah itu periksalah apakah kondisi wadah tersebut baik-baik saja setelah mengalami pemanasan yang merata. Kalau percobaan ini berhasil, kamu bisa benar-benar menggunakan wadah tersebut dalam microwave.

9. Air

Air

Air

Jangan memanaskan air dalam microwave. Memanaskan air dalam gelas di microwave dapat menyebabkan air yang seharusnya mendidih tidak bisa mendidih, sehingga tidak ada uap air yang dapat dikeluarkan. Ketika dikeluarkan dari microwave air akan sangat panas dan bisa meledak.

10. Travel mug

Travel mug

Travel mug

Travel mug biasanya terbuat dari stainless steel yang berfungsi untuk memblokir panas dari kopi atau teh. Kalau kamu memasukkan travel mug kedalam microwave dapat menyebabkan microwave rusak. Jika travel mug itu terbuat dari plastik, pastikan kamu mengecek bagian bawah mug apakah ada tanda jika mug tersebut aman digunakan untuk microwave.





Baca Juga

Share ke teman kamu

3 thoughts on “10 Benda yang Tidak Boleh Masuk Microwave

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *