Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Bunga Termahal di Dunia

Bagikan

Bunga merupakan hadiah favorit bagi orang-orang tersayang, terutama wanita. Rasa-rasanya nggak ada wanita yang nggak suka dengan bunga. Biasanya bunga digunakan sebagai hadiah saat even-even spesial seperti Hari Valentine, Hari Ibu, atau Hari Ayah, dan bahkan kerap menjadi elemen penting dalam dekorasi pesta pernikahan.

Bunga telah menjadi bagian dari hidup kita, bukan hanya sebagai hadiah manis. Tetapi juga sebagai elemen favorit untuk mempercantik rumah. Namun siapa sangka kalau ternyata dari beragam jenis bunga cantik yang ada, beberapa di antaranya memiliki harga jual yang fantastis. Nah, kali ini kami akan membahas tentang bunga-bunga cantik dengan harga termahal di dunia. Kesepuluh bunga termahal di dunia tersebut adalah sebagai berikut.

1. Lisianthus

Lisianthus
Lisianthus

Lisianthus atau eusthoma grandiflorum bisa tumbuh antara 15 hingga 60 cm dengan diameter 5 cm. Lisianthus tersedia dalam warna putih, ungu, lavender, dan biru pucat. Lisianthus hanya bisa hidup selama 2 hingga 3 minggu karena mereka amat rapuh. Itulah mengapa Lisianthus kerap dijual dengan harga tinggi. Bunga yang amat indah ini dibanderol antara 10 – 35 dollar per buket. Lisianthus juga dikenal dengan nama populer ‘bunga kertas’.

Iklan

2. Bunga Lili dari Lembah

Bunga Lili dari Lembah
Bunga Lili dari Lembah

Bunga termahal kedua adalah Lili dari Lembah atau Convallaria Majalis, yang merupakan sebuah bunga berwarna putih dengan bentuk seperti bel kecil. Bunga ini tumbuh di area pegunungan dan biasanya akan mekar di awal bulan Maret, tepat setelah musim dingin berakhir. Bunga ini memiliki panjang antara 15 hingga 30 cm dan diameter 5 -10 mm.

Alasan mengapa Lili ini sangat mahal, karena waktu hidupnya sangat singkat. Bunga yang indah ini mengeluarkan aroma yang sangat wangi. Ketika memanen bunga ini, kamu harus sangat berhati-hati, karena dia sangat rapuh (cepat mati). Bunga ini dibanderol antara 15 – 50 dollar per buket.

3. Hydrangea

Hydrangea
Hydrangea
Iklan

Bunga termahal berikutnya adalah Hydrangea. Bunga ini berasal dari kawasan selatan dan timur Asia, Amerika, dan juga Indonesia. Hydrangea yang bisa tumbuh hingga berukuran antara 1 hingga 3 meter ini mulai tumbuh di musim semi hingga musim gugur. Bunga yang indah ini biasanya digunakan sebagai dekorasi untuk upacara atau pesta pernikahan. Hydrangea juga digunakan sebagai bahan utama teh Jepang bernama Ama-cha. Hydrangea dijual dengan harga mencapai 6 – 15 dollar per buah.

4. Gloriosa

Gloriosa
Gloriosa

Bunga termahal selanjutnya adalah Gloriosa. Bunga ini hanya ada di Asia dan Afrika. Namun tidak seperti bunga lainnya, Gloriosa memiliki karakter unik yang bisa dilihat dari warna yang ada di ujung kelopaknya. Gloriosa terdiri dalam berbagai jenis warna seperti hijau, oranye, merah, dan merah muda. Karena keindahannya, Gloriosa ditetapkan sebagai bunga nasional Zimbabwe. Gloriosa juga pernah mengilhami seorang ilmuwan untuk membuat berlian berbentuk bunga dan dihadiahkan pada Ratu Elizabeth II sebagai hadiah dari Zimbabwe. Bunga ini dijual dengan harga 6 – 10 dollar per buah.

5. Tulip Bulb

Tulip Bulb
Tulip Bulb
Iklan

Bunga termahal berikutnya adalah Tulip Bulb. Karena harganya yang sangat mahal, bunga ini membuat orang ingin menanamnya sendiri di rumah atau di kebun, sampai-sampai banyak orang rela menjual tanah mereka demi mendapatkan bibit Tulip Bulb. Oleh karena itu Tulip Bulb dijual dengan harga yang tak wajar. Menurut catatan sejarah, bunga ini bisa dijual hingga 5.700 dollar pada Abad ke-17. Sayangnya, memasuki tahun 1673, harga bunga ini sudah mengalami penurunan drastis.

6. Saffron Crocus

Saffron Crocus
Saffron Crocus

Bunga dalam daftar berikutnya adalah Saffron Crocus. Bunga ini bisa tumbuh sampai ketinggian antara 15 hingga 30 cm. Bunga Saffron Crocus biasanya digunakan sebagai bumbu dapur yang dinamakan “Saffron”. Mengekstrak bumbu dari bunga termahal di dunia ini bukan urusan mudah. Setidaknya, dibutuhkan 50.000 hingga 70.000 saffron crocus kering untuk mendapatkan 450 gram bumbu saffron. Inilah mengapa Saffron dihargai begitu mahal, antara 1.200 hingga 1.500 dollar per buket.

7. Anggrek Kinabalu

Anggrek Kinabalu
Anggrek Kinabalu
Iklan

Tanaman ini hanya bisa ditemukan di Malaysia, tepatnya di Taman Nasional Kinabalu. Anggrek Kinabalu memiliki kelopak yang panjang berwarna hijau dengan hiasan titik merah. Bunga langka ini cukup kuat dan hampir mustahil ditemukan di luar area persebaran alaminya. Selain itu butuh waktu lama bagi anggrek Kinabalu untuk mekar. Alasan lain mengapa bunga ini langka dan mahal adalah mereka hanya mekar antara bulan April dan Mei, kemudian baru akan mekar lagi beberapa tahun kemudian. Harga dari anggrek ini mencapai 6,000 dollar per tanaman.

8. Shenzen Nongke

Shenzen Nongke
Shenzen Nongke

Kontras dengan bunga yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu masuk dalam jenis anggrek, bunga ini merupakan maha karya eksperimen sekelompok peneliti yang diberi nama Shenzen Nongke. Mereka membutuhkan penelitian 8 tahun lamanya untuk menumbuhkan bunga ini. Shenzen Nongke membutuhkan waktu antara 4 hingga 5 tahun untuk mekar. Bunga ini juga memiliki aroma yang sedap, dengan warna kelopak kuning kehijauan dihiasi bercak ungu. Harga bunga ini bisa mencapai 202,000 dollar.

9. Mawar Juliet

Mawar Juliet
Mawar Juliet

Mawar Juliet pertama kali ditemukan pada tahun 2006. Tidak lama kemudian, bunga ini langsung memikat banyak orang karena bentuknya yang indah dan mengesankan. David Austin, adalah pencipta dari mawar Juliet. Dibutuhkan waktu 15 tahun untuk menciptakan mawar ini. Ketika mekar, mawar ini benar-benar indah, dengan gradasi pewarnaan yang dramatis. Namun untuk mendapatkan bunga termahal di dunia ini, kamu harus merogoh kocek yang banyak, karena bunga ini dihargai sekitar 3.000.000 pounds atau sekitar 4.554.000 dollar.

10. Kadupul

Kadupul
Kadupul

Bunga Kadupul merupakan bunga kaktus yang langka. Mereka yang bisa mengambil foto bunga ini mungkin merupakan salah satu orang yang paling beruntung, karena bunga ini akan layu begitu malam usai. Mendapatkan bunga ini hampir mustahil dan dikatakan bahwa tak ada seorang pun yang bisa mengambil atau memiliki bunga ini, sehingga tidak ada harga tepat yang bisa digambarkan untuk menilai bunga ini. Oh ya, banyak orang juga menyebut bunga Kadupul sebagai bunga yang puitis, karena masa hidupnya yang singkat.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan