10 Cara Hidup Sehat yang Sederhana

Tertawa
Share ke teman kamu

Apa yang kamu makan, bagaimana kamu bersikap hingga berapa kali dalam seminggu kamu olahraga bisa menjadi salah satu peran penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pertanyaannya, sehat itu seperti apa? Sehat itu apakah hanya menghindari sakit?

Menurut WHO, sehat itu sendiri memiliki definisi sosok manusia yang berpenampilan kulit bersih, mata bersinar, rambut tersisir rapi, berpakaian rapi, berotot, tidak gemuk, nafas tidak bau, selera makan baik, tidur nyenyak, gesit dan seluruh fungsi fisiologi tubuh berjalan normal.

Nah, jika kamu ingin menjadi sosok manusia yang sehat seutuhnya, kamu harus baca 10 cara hidup sehat berikut ini. Ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membuat kamu lebih sehat. Kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah:

1. Tertawa

Tertawa

Tertawa

Tertawa bisa memperkuat kekebalan tubuh kamu lho, begitu juga dengan mood kamu. Tertawa bisa menaikkan tingkat antibodi di darah dan juga termasuk sel darah putih yang perannya membunuh bakteri dan virus. Jadi, perbanyak tertawa ya. Asal jangan ketawa sendirian, kan serem.

2. Bernyanyi

Bernyanyi

Bernyanyi

Pernah nggak merasa happy banget dan segar lagi ketika habis karaoke? Ternyata, menyanyi memang bagus untuk kesehatan. Sebuah studi di Jerman menjelaskan bahwa kegiatan menyanyi membantu meningkatkan konsentrasi darah dan antibodi. Jika kamu terlalu malu untuk bernyanyi di depan umum, jadi penyanyi kamar mandi juga boleh kok.

3. Berteman dengan lemak

Berteman dengan lemak

Berteman dengan lemak

Eits, lemak yang kita bahas di sini bukan lemak di perut buncit. Pilihlah lemak yang penting untuk pembentukan sel dan juga produksi hormon. Dengan memenuhi kebutuhan lemak yang tepat, kamu bisa membuat sel darah putih memerangi hal asing berbahaya yang masuk.

Disarankan memilih lemak nabati tak jenuh dibandingkan lemak hewani yang jenuh karena akan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk bertarung dengan bakteri. Hindari juga lemak trans yang biasa ditemukan di makanan olahan atau makanan yang dipanggang.

4. Kurangi gula

Kurangi gula

Kurangi gula

Agar lebih sehat, kurangi gula atau pemanis buatan yang berlebih. Bayangkan saja, 10 sendok teh gula yang setara dengan 2 kaleng minuman soda atau limun berkarbonasi bisa merusak kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri. Jika ingin tetap merasakan yang manis, ganti saja dengan pemanis alami. Batasi juga konsumsi kalori kamu ya.

5. Perbanyak makan ikan

Perbanyak makan ikan

Perbanyak makan ikan

Ikan berminyak seperti sarden dan makarel mengandung protein yang bagus untuk pembentukan sel pembunuh hal asing berbahaya dalam tubuh. Ada juga kandungan asam lemak yang bernama omega-3 yang mengatur fungsi sistem kekebalan tubuh. Omega-3 sangat baik untuk membantu pemulihan dan menekan pertumbuhan sel kanker. Jadi, mulai perbanyak makan ikan yuk.

6. Jangan lupa Vitamin C

Jangan lupa Vitamin C

Jangan lupa Vitamin C

Perbanyak makan citrus seperti jeruk, lemon dan jeruk bali. Vitamin C yang ada di dalam buah-buahan ini ternyata meningkatkan aktivitas dari fagosit, sel yang menelan dan mencerna bakteri di dalam darah. Karena tubuh tidak bisa menyimpan Vitamin C, maka kamu perlu mengkonsumsinya setiap hari.

7. Banyak gerak

Banyak gerak

Banyak gerak

I like to move it, move it! Nyalakan musik favoritmu dan bergeraklah. Tidak harus di gym, tapi bisa di mana saja. Sistem imun di dalam tubuh merespon gerakan atau olahraga dengan membentuk lebih banyak sel darah yang memerangi bakteri. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan mereka yang berolahraga secara teratur hingga 5 atau 6 kali dalam seminggu punya resiko 50% lebih rendah untuk terkena demam dan sakit tenggorokan dibandingkan mereka yang tidak.

8. Banyak istirahat

Banyak istirahat

Banyak istirahat

Walau aktivitas kamu padat, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan istirahat yang cukup. Saat kamu bekerja secara intensif selama 90 menit, produksi sel yang memerangi kuman akan tenggelam sementara. Di mana hal ini akan jadi peluang bagus untuk resiko infeksi terjadi. Jadi, selalu luangkan waktu untuk istirahat agar tubuh kembali memproduksi sel untuk mencegah kuman dan bakteri menjangkit di tubuh kamu.

9. Makan almond

Makan almond

Makan almond

3 ons almond bisa jadi hal penting untuk kesehatan kamu. Masukkan almond ke dalam menu makanan kamu tiap harinya dan jangan buang kulitnya. Peneliti dari Itali menyebutkan bahwa kulit almond bisa meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk mendeteksi virus. Menurutnya itu juga bisa mencegah virus menyebar ke seluruh tubuh. Jadi, disarankan kamu mengonsumsi almond tiap pagi untuk tetap sehat.

10. Hindari dingin

Hindari dingin

Hindari dingin

Dingin di sini bisa jadi cuaca dingin atau minuman dingin. Dalam sebuah penelitian, 90 orang merendam kakinya di wadah berisi air dingin selama 20 menit dan 90 orang lainnya hanya di wadah kosong. Hasilnya, 5 hari kemudian, 20 persen orang yang kakinya direndam air dingin terserang flu, sedangkan hanya 9 persen dari mereka yang tidak merendam kaki terkena flu. Hawa dingin ternyata bisa mengurangi persediaan sel darah putih yang penting untuk mencegah sakit.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *