10 Cara Memutihkan Gigi Kuning Dengan Cepat Dan Alami

Makan makanan 'deterjen'
Share ke teman kamu

Apa sih yang bisa dilakukan untuk menjaga gigi agar tetap putih? Nasihat lama mungkin akan menyarankan kamu untuk rajin sikat gigi, tiga kali sehari atau mungkin lebih. Tapi, nyatanya saran itu tidak selalu bekerja dengan baik. Setiap orang tentunya menginginkan punya gigi yang putih bersih dengan cara yang cepat, akhirnya mereka memutuskan untuk bleaching gigi. Padahal bleaching gigi itu nggak baik untuk kesehatan gigi.

Selain bleaching, beberapa dokter menyarankan untuk whitening. Whitening adalah cara yang lebih aman untuk memutihkan gigi kuning secara tepat. Eits, jangan senang dulu karena untuk proses whitening gigi kamu harus memiiki budget 1,5 sampai 2,5 juta Rupiah. Ongkos yang cukup mahal terutama bagi kamu yang masih mahasiswa. Terus gimana dong cara memutihkan gigi kuning tetapi dengan budget yang murah dan cara yang lebih alami? Check this out!

1. Berhenti mengkonsumsi minuman berwarna gelap

Berhenti mengkonsumsi minuman berwarna gelap

Berhenti mengkonsumsi minuman berwarna gelap

Anggur merah, teh hitam, cola, dan minuman dengan warna gelap ternyata harus kamu hindari jika ingin membuat gigi tetap putih. Sederhana, minuman warna gelap ini bisa saja meninggalkan noda pada gigi kamu. Kalau memang kamu sangat ingin minum teh, anggur, soda, atau kopi usahakan untuk selalu menyikat gigi setelahnya. Hal ini untuk memperkecil pemudaran warna gigi kamu.

2. Rutin mengganti sikat gigi

Rutin mengganti sikat gigi

Rutin mengganti sikat gigi

Ternyata rutin mengganti sikat gigi juga berperan penting untuk menjaga gigi tetap putih. Ganti sikat gigimu 2 atau 3 bulan sekali. Durasi tersebut adalah siklus yang aman untuk menghindari penumpukan bakteri pada sikat gigi.

Nah, menurut Harold Katz, seorang dokter gigi dari Beverly Hills, cara terbaik untuk menyikat gigi adalah dengan menempatkan sikat pada sudut 45 derajat dari gusi. Gerakkan secara lembut dan melingkat bukan gerakan dari depan dan ke belakang seperti yang umum dilakukan.

3. Membersihkan lidah secara rutin

Membersihkan lidah secara rutin

Membersihkan lidah secara rutin

Gunakan pembersih lidah yang bisa kamu temukan di rak-rak dekat perlengkapan perawatan gigi. Gunakan setiap pagi untuk menghilangkan plak yang ada di lidah. Dengan begitu kamu akan memiliki bau nafas yang lebih wangi. Lalu apa hubungannya dengan gigi? Ternyata, bau mulut adalah salah satu pertanda bahwa adanya bakteri dalam mulut. Dan, dokter Harold juga menyarankan untuk membersihkan lidah dengan pembersih lidah dibandingkan dengan sikat gigi.

4. Makan makanan ‘deterjen’

Makan makanan 'deterjen'

Makan makanan ‘deterjen’

Deterjen di sini bukan deterjen yang biasanya digunakan untuk mencuci pakaian. Makanan deterjen yang dimaksud di sini adalah makanan yang keras dan renyah. Jenis makanan tersebut ternyata bisa membantu membersihkan gigi lho. Beberapa contohnya adalah apel, wortel mentah, seledri dan popcorn. Nah, untuk hasil yang lebih maksimal, konsumsi makanan tersebut di paling akhir proses makan.

5. Berkumur dengan cuka apel

Berkumur dengan cuka apel

Berkumur dengan cuka apel

Selain mengkonsumsi apel dengan cara yang konvensional, kamu juga bisa berkumur dengan cuka apel. Lakukan setiap pagi lalu lakukan rutinitas sikat gigi seperti biasa. Cuka apel ini dipercaya bisa membantu menghilangkan noda, memutihkan gigi dan membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.

6. Sikat gigi dengan baking soda

Sikat gigi dengan baking soda

Sikat gigi dengan baking soda

Yup, ternyata baking soda yang biasa digunakan untuk membuat kue juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi lho. Caranya adalah dengan melakukan ritual sikat gigi seperti biasa namun dengan mengganti pasta gigi dengan baking soda. Lakukan satu kali saja dalam seminggu. Dan ingat, jangan sampai tertelan. Cara yang sama juga bisa dilakukan dengan garam.

7. Menjaga kesegaran mulut

Menjaga kesegaran mulut

Menjaga kesegaran mulut

Cara untuk mengecek apakah nafasmu masih segar adalah dengan menjilat punggung tangan dan lalu menciumnya saat masih basah. Jika kamu mencium sesuatu maka waktunya kamu untuk menyegarkan mulut, bisa dengan menggunakan permen penyegar mulut. Bagaimana dengan cairan pencuci mulut? Kami tidak menyarankan menggunakannya karena adanya kandungan alkohol yang bisa mengeringkan lapisan pada mulut sehingga memicu bakteri muncul.

8. Menyikat gigi dengan benang

Menyikat gigi dengan benang

Menyikat gigi dengan benang

Sesering mungkin lakukan sikat gigi dengan benang pembersih gigi. Benang ini bisa kamu temukan di supermarket dengan mudah. Simpan beberapa di tas sehingga kamu bisa melakukan ritual bersih-bersih gigi di mana saja dan kapan saja.

9. Sikat gigi sebelum dan sesudah tidur

Sikat gigi sebelum dan sesudah tidur

Sikat gigi sebelum dan sesudah tidur

Kathleen W. Wilson, penulis When You Think You Are Falling Apart menyebut bahwa waktu sesaat sebelum tidur dan bangun tidur adalah waktu yang sangat krusial untuk sikat gigi. Ini karena saliva yang menjaga rongga mulus mengering di malam hari sehingga ada baiknya membersihkan plak dari gigi sebelum tidur. Dan juga ketika bangun tidur karena siapa tahu ada bakteri dan plak selama kamu tidur.

10. Akali dengan warna lipstik

Akali dengan warna lipstik

Akali dengan warna lipstik

Ingin gigi terlihat lebih putih tanpa repot-repot melakukan kesembilan cara diatas? Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan warna lipstik seperti medium coral atau merah menyala. Hindari warna yang terlalu lembut karena bisa membuat gigi tampak lebih kuning.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *