10 Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat dan Alami

Gunakan produk pencerah kulit
Share ke teman kamu

Cewek-cewek Asia sejak dulu selalu mengidamkan memiliki kulit putih. Memiliki kulit putih memang punya banyak keuntungan, misalnya wajah selalu terlihat lebih fresh, bisa pake baju dengan berbagai warna, dan pastinya bisa punya warna rambut sesuai trend terkini. Tapi sayangnya, di Indonesia sendiri tak semua orang terlahir dengan kulit putih. Kalau toh awalnya punya kulit putih, lama-kelamaan kulit putih itu bisa jadi kusam akibat tingginya tingkat polusi dan cahaya matahari tropis yang menyengat.

Akhirnya hadirlah berbagai kosmetik yang menjanjikan kulit putih merona. Sayangnya, tak semua kosmetik ini aman untuk digunakan. So, buat kamu yang ingin punya kulit putih merona, kali ini kami akan berbagi 10 tips dan cara memutihkan kulit dengan cepat dan alami. Simak yuk!

1. Meningkatkan konsumsi vitamin C

Meningkatkan konsumsi vitamin C

Meningkatkan konsumsi vitamin C

Cara memutihkan kulit yang paling mudah adalah dengan meningkatkan konsumsi vitamin C. Vitamin C dapat membantu meningkatkan kekenyalan dan memutihkan warna kulit. Vitamin C akan membantu kulit kamu tetap kuat dengan mempertahankan struktur kolagen dalam tubuh. Untuk mendapatkan kulit putih merona, kamu bisa meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti lemon, gooseberry, jeruk, stroberi, paprika manis, tomat, melon, dan kacang hijau. Kamu juga bisa mengkonsumsi pil vitamin C, tetapi hanya dalam dosis 250 mg per hari.

2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Mengkonsumsi makanan mengandung Vitamin A

Mengkonsumsi makanan mengandung Vitamin A

Kulit kita pada dasarnya terdiri dari retinol (jenis vitamin A) yang akan membantu menjaga kulit kita tetap sehat dan kuat. Kalau kulit kamu terasa mengendur dan kurang kenyal itu tanda bahwa kulit sedang mengalami kekurangan vitamin A.

Beberapa makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A adalah susu tanpa lemak, tiram, dan kuning telur. Kamu juga bisa mendapatkan kandungan vitamin A dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi beta karoten. Beta karoten akan membantu meminimalkan efek kerusakan akibat sinar matahari pada kulit kamu. Wortel, semangka, pepaya, dan tomat juga merupakan buah dan sayur yang kaya akan vitamin A

3. Gunakan gel aloe vera setiap hari

Gunakan Aloe Vera gel setiap hari

Gunakan Aloe Vera gel setiap hari

Salah satu cara memutihkan kulit dengan cepat dan alami adalah dengan memanfaatkan aloe vera. Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan, kecantikan atau perawatan rambut. Brand kecantikan di luar negeri sudah banyak yang memiliki produk khusus gel lidah buaya, salah satu gel lidah buaya terbaik adalah milik nature republic. Gel lidah buaya ini dapat melembabkan kulit kering. Kandungan asam pada lidah buaya membantu mengurangi hiperpigmentasi, membangun kembali sel-sel baru dan pada akhirnya memutihkan kulit kamu.

4. Kurangi berada di bawah sinar matahari

Kurangi berada di bawah sinar matahari

Kurangi berada di bawah sinar matahari

Kunci dari memiliki kulit putih merona adalah sebisa mungkin menjauhi sinar matahari dan polusi. Sinar UV dan matahari dapat menyebabkan jerawat dan noda hitam di wajah. Sinar UVA / UVB diketahui berbahaya bagi kulit karena dapat memperlambat kemampuan kulit kita untuk memeperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan sel kulit mati. Sedangkan polusi adalah penyebab dari kulit menjadi terlihat kusam.

Pastikan untuk menggunakan sunscreen SPF15 saat kamu berada di dalam ruangan, sedangkan saat di luar ruangan pilih sunscreen dengan minimum SPF 30. Gunakan juga topi atau payung untuk melindungi wajah dari panas matahari. Mengurangi paparan sinar matahari dan menghindari polusi adalah cara memutihkan kulit secara alami yang paling mudah dilakukan.



5. Jangan sering mengusap wajah dengan tangan

Jangan sering mengusap wajah dengan tangan

Jangan sering mengusap wajah dengan tangan

Tangan adalah bagian tubuh kita yang paling rawan akan kuman, karena kita menggunakan tangan untuk menyentuh bebagai jenis benda. Bagi kulit wajah, tangan adalah magnet bagi kuman dan kotoran. Dengan menggosok mata, dagu, atau pipi secara tidak sengaja kamu telah mentransfer kuman dan bakteri ke wajah kamu.

Selain tangan, layar handphone juga merupakan sarang kuman, jadi sebaiknya gunakan headset saat kamu berbicara melalui telepon. Juga pastikan saat kamu ingin membasuh wajah, cucilah tanganmu terlebih dahulu.

6. Hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula

Hindari minuman mengandung banyak gula

Hindari minuman mengandung banyak gula

Fast food merupakan salah satu jenis makanan yang tidak baik untuk kesehatan kulit kamu. Serupa dengan fast food, kamu juga perlu menghindari minuman tinggi gula seperti soda. Surplus gula memberi dampak negatif untuk kebersihan kulit kamu. Ketika kamu minum manis, maka akan memicu munculnya segala macam masalah kulit seperti jerawat atau noda hitam. Menghindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula adalah salah satu cara memutihkan kulit yang paling alami dan juga baik untuk kesehatan.

7. Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin

Olahraga adalah salah satu cara alami untuk mendapatkan kulit putih bersih merona. Dr Ava Shamban menunjukkan bahwa dengan berolahraga selama 15 menit per hari akan membantu dalam pembuangan racun dan menjaga kulit tetap sehat. Berolahraga dipercaya dapat membantu mengusir stress dan jerawat, karena stress merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Pastikan saat berolahraga kamu tidak menggunakan make up, karena akan bercampur dengan keringat dan dapat menutup pori-pori wajah.

8. Gunakan lemon untuk mencerahkan wajah

8. Gunakan lemon untuk mencerahkan wajahSalah satu cara memutihkan kulit dengan alami adalah dengan memanfaatkan lemon. Untuk mencerahkan kulit agar tidak terlihat pucat dan kusam, kamu dapat memotong seperempat bagian lemon, kemudian peras hingga mendapatkan cukup jus lemon untuk kamu oleskan ke wajah kamu. Oleskan jus lemon tersebut di wajah sambil pijat-pijat wajah selama 10 detik, setelah itu bilas dengan air hangat.

Untuk kamu yang memiliki kulit kering dapat menambahkan madu dalam jus lemon tersebut, kemudian oleskan wajah dan pijat wajah secara melingkar selama 30 detik kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap hari sebelum tidur.

9. Jauhkan tubuh dari dehidrasi

Jauhkan tubuh dari dehidrasi

Jauhkan tubuh dari dehidrasi

Terhindar dari dehidrasi adalah kunci memiliki kulit putih bersih merona. Dehirdasi sendiri dapat menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak minyak dari yang diperlukan sehingga muncul jerawat. Kurang minum air putih juga membuat kulit terlihat kusut dan kusam.

Sehingga yang harus kamu lakukan adalah mengkonsumsi cukup air putih dalam satu hari, yaitu sebanyak 8 sampai 10 gelas. Kamu juga bisa mencoba mengkonsumsi green tea, karena kandungan anti-inflamasi dan antioksidannya dapat melawan bakteri dan radikal bebas pada kulit.

10. Gunakan produk pencerah kulit

Gunakan produk pencerah kulit

Gunakan produk pencerah kulit

Cara memutihkan kulit lainnya adalah dengan menggunakan produk pencerah kulit yang mengandung bahan alami. Dalam perawatan sehari-hari, kamu dapat memilih produk kosmetik yang berkhasiat mencerahkan kulit. Produk-produk ini biasanya mengandung hydroquinone atau asam kojic yang dapat membantu mengurangi jumlah melamin dalam kulit.

Pastikan untuk menghindari produk pemutih kulit yang mengandung merkuri demi kesehatan kulit kamu. Di Amerika Serikat, produk pemutih yang mengandung merkuri sudah digantikan dengan kandungan hydroquinone yang jauh lebih aman.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *