10 Cara Mendeteksi Kesehatan Tubuh Melalui Kondisi Lidah

Lesi merah
Share ke teman kamu

Percaya tidak ternyata tubuh bisa memberikan tanda dan sinyal jika sedang dalam kondisi yang tidak prima atau sedang sakit? Ternyata salah satu bagian tubuh kita bisa memberikan tanda tentang kondisi kesehatan kita lho. Salah satu bagian tubuh tersebut adalah lidah. Lidah dapat berfungsi sebagai sinyal apakah kamu sedang sakit, akan sakit atau butuh sesuatu.

Lantas bagaimana cara mengenali kondisi kesehatan kita dari lidah? Kamu bisa mengetahuinya dengan cara mengecek warna lidah kamu sendiri, caranya:

1. Berwarna merah seperti stroberi

Berwarna merah seperti stroberi

Berwarna merah seperti stroberi

Ini adalah tanda bahwa kamu sedang kekurangan vitamin, biasanya vitamin B12 dan juga zat besi. Gejala seperti ini sering dialami oleh mereka yang vegetarian karena tidak mengkonsumsi daging yang kaya akan vitamin B12. Dalam kasus yang sama, biasanya tanda ini menyebabkan kamu mengalami kesakitan ketika makan makanan yang panas atau pedas.

2. Lidah menghitam bahkan seperti berbulu

Lidah menghitam bahkan seperti berbulu

Lidah menghitam bahkan seperti berbulu

Penyebab paling sederhana dari tanda ini adalah kamu tidak menjaga kebersihan mulut dan lidah dengan baik. Biasanya, lidah yang berbulu dan tampak hitam ini disebabkan oleh makanan seperti kopi, teh hitam atau juga kebiasaan merokok dan juga tidak menjaga kesehatan gigi dengan baik. Untuk mengatasinya, kamu bisa menghentikan kebiasaan merokok, menyikat lidah dengan pembersih lidah dan juga konsultasi ke dokter.

3. Terlihat seperti keju putih

Terlihat seperti keju putih

Terlihat seperti keju putih

Jika kamu melihat lidah dengan tanda seperti ini, artinya kamu sedang mengalami infeksi jamur. Biasanya ini disebabkan karena produksi berlebih dari kandida. Keadaan ini biasa dihubungkan dengan konsumsi antibiotik yang hanya membunuh bakteri dan tidak membunuh jamur. Jika kondisi ini terjadi padamu, segera pergi ke dokter karena tidak ada produk atau obat toko yang bisa mengatasinya seperti ketika kamu sedang sariawan.

4. Berkerut

Berkerut

Berkerut

Ini tandanya kamu sedang menua. Yup, tidak hanya kulit saja yang menunjukkan tanda-tanda kamu sedang penuaan tetapi lidah juga. Jika ada celah dan juga retakan yang terjadi di lidah, tidak perlu khawatir, ini tidak berbahaya. Hanya saja biasanya akan timbul masalah seperti infeksi jika kamu tidak menjaga kebersihan gigi dengan benar. Jangan lupa untuk rajin minum air putih dan membersihkan mulut dengan rutin.



5. Bercak putih

Bercak putih

Bercak putih

Coba gulung lidah ke atas dan lihat bagian bawah lidah kamu. Jika kamu melihat ada bercak putih yang agak lebar bisa saja ini adalah leukoplakia. Apalagi jika bercak tersebut terasa sakit. Ini bisa disebabkan karena adanya sel berlebih yang tumbuh.

Biasanya hal ini terjadi pada perokok, bahkan bisa berkembang menjadi kanker lho. Jika kamu bukan perokok dan bercak ini muncul, cobalah untuk datang ke dokter gigi. Biasanya kamu akan diminta untuk melakukan biopsi.

6. Lesi merah

Lesi merah

Lesi merah

Bisa jadi ini adalah tanda bahwa kamu mengalami kanker lidah. Jika lesi berwarna merah ini tidak hilang dalam waktu dua minggu, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Walau biasa diidentikkan dengan orang yang lebih tua dengan kebiasaan tidak sehat, namun ternyata mereka yang berusia muda juga bisa terkena kanker lidah. Tanda ini tipikal dengan penggunaan tembakau atau juga virus HPV.

7. Merasa lidah terbakar

Merasa lidah terbakar

Merasa lidah terbakar

Bisa jadi kamu mengalami menopause atau hanya memakai pasta gigi yang salah. Namun ada kalanya ini juga disebabkan karena perubahan hormon dan membuat kamu merasa seperti tersiram air panas. Nah, jika ternyata ini adalah alergi terhadap merk pasta gigi tertentu, yang biasa mengandung sodium lauryl sulfat, maka kamu harus menggantinya. Jika bukan, segera pergi ke dokter.

8. Lidah bergelombang

Lidah bergelombang

Lidah bergelombang

Ini adalah kondisi yang normal dan tidak membahayakan. Bahkan 1 dari 14 warga Amerika Serikat mengalami ini. Walau tidak jelas apa sebabnya, kamu tetap harus memeriksakannya ke dokter jika kemudian kamu merasakan sakit pada lidah. Biasanya, dokter akan memberikan perawatan tertentu seperti pasta gigi steroid anti-inflamasi atau cairan pembilas antihistamin.

9. Luka

Luka

Luka

Luka atau sariawan ternyata tidak hanya muncul karena tidak sengaja mengigit atau kurang asupan tertentu, tapi juga karena stres. Sariawan atau luka di lidah memang sangat nyaman terlebih ini juga mengganggu aktivitas makan kamu. Kadang ini berlangsung beberapa hari saja, tapi ada juga yang sampai berminggu-minggu. Jika ini disebabkan oleh stres, silahkan membuat diri lebih rileks agar sariawan cepat hilang. Atau tangani dengan obat sariawan.

10. Bau liur

Bau liur

Bau liur

Liur kamu bau? Atau merasa tidak nyaman dengan bau mulut belakangan ini? Padahal sudah rajin sikat gigi tapi kok masih bau ya? Ini tandanya kamu belum membersihkan mulut dengan benar. Coba cek lagi apakah kamu sudah membersihkan gigi, gusi, rongga mulut dan lidah dengan benar.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *