10 Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami Tanpa Obat

Periksa posisi tidur & bantal kamu
Share ke teman kamu

Tidur adalah aktivitas yang bisa meningkatkan energi, produktivitas, kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh, dan juga membuat mood menjadi lebih baik. Lama waktu tidur terbaik adalah selama 8 jam dalam satu hari, tetapi akibat gaya hidup dan padatnya pekerjaan di dunia modern ini, seringnya kita hanya bisa tidur kurang dari 8 jam dalam satu hari. Bahkan saat ini banyak orang yang hanya tidur selama 1 sampai 3 jam dalam sehari.

Maraknya penyakit susah tidur membuat orang rela melakukan berbagai cara supaya bisa tidur lebih cepat dan pulas. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas tentang 10 cara mengatasi susah tidur secara alami tanpa obat. Simak yuk!

1. Mengatur jadwal tidur

Mengatur jadwal tidur

Mengatur jadwal tidur

Salah satu cara mengatasi susah tidur yang paling mudah dan simpel adalah dengan mengatur jadwal tidur kamu. Sesuai yang dikatakan Dr Breus: tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Hal ini juga berlaku pada akhir pekan, karena biasanya di akhir pekan, kamu pasti suka bermalas-malasan di atas tempat tidur lebih lama dibandingkan bangun seperti hari biasa. Rutinitas tidur yang teratur membuat jam biologis kamu menjadi stabil sehingga kamu bisa memiliki waktu beristirahat yang jauh lebih baik.

2. Berhenti merokok

Berhenti merokok

Berhenti merokok

Mengapa harus berhenti merokok? Nikotin adalah stimulan, sehingga mencegah kamu untuk terlelap. Plus, banyak perokok mengalami gangguan tidur saat malam hari. Para perokok memiliki kecenderungan untuk tidak merasa cukup istirahat meskipun sudah tidur semalaman. Studi menunjukkan, merokok dapat memperburuk gangguan tidur, gangguan pernapasan, dan juga dapat menghentikan kamu memperoleh waktu istirahat yang berkualitas. Berhenti merokok juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu di masa depan.

3. Olahraga

Olahraga

Olahraga

Menurut Dr Shives, dengan berolahraga terutama melakukan cardio dapat meningkatkan kulitas tidur kamu. Para peneliti di Departemen Neurobiologi dan Fisiologi Northwestern University melaporkan bahwa orang dewasa yang mendapat latihan aerobik empat kali seminggu akan mempunyai kualitas tidur jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain cardio atau aerobik, kamu juga bisa melakukan gerakan-gerakan yoga yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. akan tetapi perlu diingat, olahraga harus kamu lakukan minimal 4 jam sebelum tidur.

4. Tuliskan kegelisahan kamu

Tuliskan kegelisahan kamu

Tuliskan kegelisahan kamu

Alasan sebagian besar orang mengalami susah tidur atau insomnia adalah karena kegelisahan yang mereka pikirkan. Mereka susah untuk mematikan pikiran mereka dan beristirahat. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini Dr Breus menyarankan agar kamu menulis pikiran-pikiran gelisah yang kamu rasakan.

Setelah menuliskan pekiran-pikiran yang mengganggu tersebut dalam sebuah buku, tulislah juga langkah-langkah apa saja yang bisa mengatasi hal tersebut. Setelah kekhawatiran kamu diubah menjadi sebuah tindakan nyata, kamu akan lebih mudah beristirahat.

5. Mengatur pola diet dan makan

Mengatur pola diet dan makan

Mengatur pola diet dan makan

Kualitas tidur juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang masuk dalam tubuh kamu. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk menyeleksi jenis makanan apa saja yang masuk dalam perut. Setelah lewat pukul 14.00 usahakan untuk tidak minum minuman yang memiliki kandungan kafein seperti misalnya kopi, teh, minuman ringan, cappuccino dan cokelat. Selain itu, hindari makanan pedas sebagai hidangan makan malam karena bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam dan mengalami gangguan pencernaan.

6. Hindari minum alkohol

Hindari minum alkohol

Hindari minum alkohol

Minum alkohol memang akan akan membantu kamu untuk rileks dan tertidur pada awalnya, akan tetapi setelah efek alkohol itu habis, maka kamu akan bangun dan kesulitan untuk tidur kembali. Dibutuhkan waktu rata-rata sekitar 1 jam untuk memetabolisme satu minuman. Jadi jika kamu minum alkohol dalam jumlah banyak maka waktu metabolisme akan jauh lebih panjang. Dibandingkan minum alkohol sebaiknya minumlah susu yang akan membantu kamu tidur lebih cepat.

7. Menjauhkan segala jenis benda elektronik

Menjauhkan segala jenis benda elektronik

Menjauhkan segala jenis benda elektronik

Berdasarkan hasil survei National Sleep Foundation (NSF), hampir semua peserta yang menggunakan beberapa jenis alat elektronik, seperti televisi, komputer, video game, atau ponsel, dalam satu jam terakhir sebelum tidur akan mengalami kesulitan untuk tidur. Hal ini karena semua benda elektronik tersebut memancarkan cahaya. Cahaya adalah sinyal terkuat bagi otak untuk tetap terjaga, oleh karena itu jika kamu berniat memiliki tidur yang berkualitas, jauhkan segala jenis benda elektronik dari tempat tidur.

8. Hindari tidur dengan hewan peliharaan & anak-anak

Hindari tidur dengan hewan peliharaan & anak-anak

Hindari tidur dengan hewan peliharaan & anak-anak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic Dr John Shepard menemukan bahwa sekitar 53 persen pemilik hewan peliharaan yang tidur dengan hewan peliharaan mereka akan mengalami gangguan tidur setiap malam. Selain itu, sekitar 80 persen orang dewasa yang tidur bersama anak-anak akan mengalami kesulitan mendapatkan tidur malam yang baik. Oleh karena itu di luar negeri, sejak kecil anak-anak sudah memiliki box tempat tidur dan kamar mereka sendiri. Hal ini bukan hanya untuk membuat orang dewasa bisa memiliki tidur berkualitas, tetapi juga melatih sikap mandiri dan toleransi pada anak.

9. Periksa posisi tidur & bantal kamu

Periksa posisi tidur & bantal kamu

Periksa posisi tidur & bantal kamu

Posisi terbaik saat tidur adalah telentang. Posisi ini akan menjaga tulang belakang dan leher kamu pada garis lurus, sehingga mampu mengurangi ketegangan dan mencegah terjadinya kram. Saat akan tidur, posisikan bantal kamu untuk menjaga agar leher dan tulang belakang tetap sejajar. jangan sampai tertidur dengan posisi leher tertekuk atau tengkurap.

10. Bernafas dalam-dalam

Bernafas dalam-dalam

Bernafas dalam-dalam

Teknik ini membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah, melepaskan endorfin, dan melemaskan tubuh kamu sehingga kamu lebih mudah terlelap. Tarik napas selama 5 detik, jeda selama 3 detik, lalu buang napas hingga hitungan 5. Mulailah dengan 8 kali pengulangan, kemudian secara bertahap meningkat menjadi 15 saat kamu sudah terbiasa.

Untuk melihat apakah kamu melakukan teknik ini dengan benar, kamu bisa mencoba menggunakan balon. Menurut Dr Breus, pertama-tama bernapaslah menggunakan perut dan kemudian tiuplah balon. Kalau kamu berhasil meniup gelembung dengan nafas halus dan stabil, maka kamu akan berhasil melakukan teknik ini sebelum tidur.

Baca juga: 10 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan yang Tidak Kamu Ketahui





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami Tanpa Obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *