10 Cara Mengecilkan Lengan yang Terbukti Ampuh

Arm Circles
Share ke teman kamu

Lengan bergelambir? Tidak! Itu adalah salah satu mimpi buruk untuk wanita. Pakai baju lengan pendek jadi tidak percaya diri, pakai lengan panjang juga harus pilih-pilih model yang bisa menyiasati lengan yang bergelambir. Sedang punya masalah dengan lengan yang bergelambir dan ingin segera mengecilkannya? Kami punya beberapa cara yang direkomendasikan untuk kamu. Simak yuk.

Pada dasarnya, lengan yag bergelambir disebabkan karena beberapa faktor, misalnya genetik atau juga lemak karena jarang berolahraga atau salah memilih olahraga. Nah, jika kamu ingin mengecilkan lengan dengan gelambir yang mengganggu, ada beberapa cara mengecilkan lengan yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Wall Push Up

Wall Push Up

Wall Push Up

Sesuai dengan namanya, push up ini dilakukan dengan bantuan tembok. Kamu bisa melakukannya dengan merentangkan tangan ke tembok dalam posisi berdiri tegak. Berdiri dengan jarak sekitar 2 atau 3 langkah dari tembok, lalu lakukan gerakan push up sama seperti ketika kamu melakukan push up di lantai.

Untuk permulaan, kamu bisa melakukan ini sampai kamu merasa mampu, kemudian baru beri durasi yang rutin setiap latihannya.

2. Weighted Punch

Weighted Punch

Weighted Punch

Gerakan ini dilakukan dalam posisi berdiri atau juga duduk bersila. Pegang barbel dengan berat yang disesuaikan, kamu sudah bisa memulai latihan ini. Caranya adalah, ambil posisi berdiri atau duduk dengan punggung harus tetap tegak. Kemudian angkat kedua tangan sambil memegang barbel, letakkan kedua tangan di depan bahu lalu angkat tangan sebelah kiri ke atas. Tahan beberapa detik, tarik lagi.

Kini giliran tangan sebelah kanan. Lakukan gerakan ini selama satu menit. Jika sudah mendapat ritme yang pas, tambahkan durasi di setiap latihannya.

3. Alterning Curls

Alterning Curls

Alterning Curls

Gerakan ini bisa dibilang cukup mudah. Untuk melakukannya kamu tetap akan memerlukan barbel. Pilih berat barbel setengah atau satu kilo untuk permulaan latihan.

Untuk memulai latihan ini, kamu harus dalam posisi berdiri. Kemudian, bawa barbel di masing-masing tangan dan posisikan di samping tubuh dengan posisi telapak tangan menghadap ke depan. Lalu lakukan gerakan curls atau lengkungan dengan kedua tangan kamu. Angkat barbel ke depan dada, naik turun setinggi bahu. Kemudian luruskan lagi.

Gerakan ini bisa dilakukan dengan kedua tangan bersamaan atau satu tangan terlebih dahulu kemudian satu tangan lainnya. Lakukan selama satu menit untuk awal latihan.

4. Theraband Squat

Theraband Squat

Theraband Squat

Untuk bisa melakukan ini, kamu akan memerlukan alat bernama theraband. Ini seperti kain namun elastis. Nah, untuk mengawali latihan ini, ambil alat theraband dan injak dengan masing-masing kaki. Bersamaan, pegang masing-masing holder atau pegangan theraband dengan kedua tangan. Tarik nafas, tekuk lutut dengan posisi tangan menahan theraband. Posisikan paha dan betis hingga membentuk 90 derajat, kemudian luruskan kembali.



5. Dips

Dips

Dips

Untuk melakukan gerakan yang satu ini, kamu akan memerlukan bangku atau kursi atau juga sesuatu untuk berpegangan. Pilih pegangan yang tidak terlalu tinggi, kira-kira hanya 20-40 sentimeter dari lantai. Lalu, letakkan tangan kamu di kursi untuk menopang tubuhmu nanti. Lalu, dengan posisi kaki lurus selonjor ke depan, gerakkan siku yang sedang menopang badan hingga berbentuk 90 derajat. Lalu, angkat turun tubuh dengan perlahan.

Lakukan berulang-ulang hingga kamu merasa capek untuk awal latihan.

6. Arm Circle

Arm Circles

Arm Circles

Untuk melakukan gerakan yang ini, kamu tidak memerlukan bantuan alat apapun. Kamu cukup bediri tegak dan memosisikan kaki sejajar dengan bahu. Kemudian, rentangkan tangan dan buat gerakan menyerupai circle atau lingkaran dengan tangan ke depan dan belakang.

Untuk satu kali latihan, lakukan 20 kali hitungan ke depan dan ke belakangan. Lakukan 4 set di awal latihan dan di latihan rutin berikutnya.

7. Shoulder Press

Shoulder Press

Shoulder Press

Untuk memulai gerakan ini, kamu harus berdiri tegak dengan kaki sedikit terbuka. Kemudian, dengan barbel atau dumbel di masing-masing tangan, angkat tangan ke atas, lurus dengan kaki. Tarik tangan dari atas menuju arah bahu perlahan. Saat melakukan ini biasanya kamu akan merasa ada tekanan di otot tangan, ini tandanya gerakanmu benar. Lakukan dalam 20 kali hitungan dan ulang hingga 4 set.

8. Triceps Push-Back

Triceps Push-Back

Triceps Push-Back

Gerakan ini dimulai dengan berdiri tegak dengan kaki sedikit terbuka, sejajar dengan bahu. Kemudian tekuk lutut Kamu hingga membentuk sudut 30 derajat, tidak terlalu tumpul. Lalu, dengan barbell di masing-masing tangan, tarik ke depan dan belakang. Hitung hingga 20 kali hitungan dan ulang hingga 4 set untuk awal latihan. Atau kamu bisa melakukan 2 atau 3 set dulu untuk permulaan.

9. Push Up

Push Up

Push Up

Gerakan push up biasa, dengan menggunakan matras di lantai juga direkomendasikan jika kamu ingin mengecilkan lengan. Lakukan dengan pemanasan terlebih dahulu. Pastikan kalau punggung hingga kaki ada di posisi sejajar lurus. Kemudian angkat turun tubuh dengan tangan hingga beberapa menit atau lakukan semampunya untuk permulaan. Jika sudah merasa kuat, beri durasi di setiap latihan.

10. Tinju

Tinju

Tinju

Siapa bilang kalau tinju hanya untuk pria? Kamu juga bisa melakukan latihan tinju sendiri dengan sandsack di rumah jika ada, atau pergi ke tempat gym. Kamu bisa meminta bantuan trainer jika latihan tinju di gym sehingga tahu bagaimana cara menggerakkan tangan untuk meninju yang tepat dan efektif. Cara ini terbilang efektif untuk menghasilkan lengan yang ideal.







Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *