10 Cara Menghilangkan Jerawat yang Paling Ampuh

tidak terlalu sering mencuci muka
Share ke teman kamu

Jerawat adalah salah satu masalah yang sering membuat jengkel para wanita. Terutama bagi kamu para remaja dan wanita dewasa yang memiliki jenis kulit berminyak. Jerawat juga dapat mengurangi rasa percaya diri, karena menjadikan kulit kusam dan tidak mulus lagi.

Menurut penelitian, jerawat adalah proses alami pengeluaran kotoran dan infeksi bakteri yang terjadi di dalam kulit kita. Meskipun maksud munculnya jerawat itu baik, akan tetapi kemunculannya tetap saja mengganggu dan sering membuat wanita merasa minder. Nah, Kalau kamu ingin say good bye pada jerawat yuk simak 10 cara menghilangkan jerawat yang paling ampuh berikut ini:

1. Biasakan tidak sering-sering menyentuh wajah

jangan sering menyentuh wajah

jangan sering menyentuh wajah

Kenapa kita tidak boleh sering-sering menyentuh wajah kita sendiri? Ini karena tangan dan jari kita sangat rentan terhadap kotoran dan bakteri dari luar. Hampir sebagian besar kegiatan yang kita lakukan sehari-hari selalu melibatkan tangan. Tentunya kita tidak tahu benda-benda yang telah kita sentuh tadi dalam keadaan bersih atau kotor.

Oleh karena itu sebaiknya jika wajah kamu terasa gatal, jangan digaruk menggunakan tangan, tetapi gunakan tissue. Atau kamu bisa mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggaruknya. Ini bertujuan untuk mengurangi infeksi bakteri yang lebih parah pada jerawat dan juga bisa menyebabkan luka pada kulit wajah akibat gesekan dengan kuku.

2. Menggunakan yogurt

yogurt

yogurt

Yogurt yang sering digunakan sebagai minuman untuk membantu melancarkan pencernaan memiliki rasa yang lezat. Ternyata minuman ini juga dapat membantu menghilangkan jerawat.

Selain untuk dikonsumsi, yogurt juga dapat digunakan untuk masker. Caranya kamu hanya perlu menjadikan yogurt sebagai masker. Oleskan yogurt yang creamy ke seluruh wajah, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Alternatif masker yogurt kedua yaitu dengan menambahkan bubuk kunyit, gula merah bubuk, bubuk cendana dengan yogurt. Aduk hingga rata kemudian oleskan ke wajah sambil dipijat secara perlahan. Tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Masker madu

madu

madu

Madu yang manis ini selain lezat untuk lidah, juga merupakan makanan yang sehat bagi kulit. Bagi tubuh sendiri, madu membantu memulihkan infeksi pada tubuh karena memiliki zat-zat anti bakteri.

Untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa menggunakan madu sebagai bahan dasar masker wajah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu murni pada wajah secara merata, kemudian diamkan selama 10 sampai 15 menit. Selang waktu tersebut jika madu sudah mulai mengering bilas dengan air hangat.

4. Menggunakan masker telur

telur

telur

Siapa sangka telur yang lebih sering kita gunakan sebagai omelet ternyata juga memiliki khasiat yang jitu bagi kulit kita karena telur memiliki kandungan yang cukup baik untuk kebutuhan kulit kita.

Putih telur kaya akan kandungan kolagen dan vitamin A yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti pori-pori besar, jerawat, dan rosaseae. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah kuning telur, 1 sendok teh perasan air jeruk lemon, dan 1 sendok teh madu. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata kemudian oleskan ke wajah. Tunggu hingga 15 menit kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air hangat.



5. Menggunakan buah mengkudu

buah mengkudu

buah mengkudu

Buah yang sering digunakan sebagai jamu tradisional ini ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat loh.

Memanfaatkan buah mengkudu untuk menghilangkan jerawat sangatlah mudah yaitu kamu hanya perlu menyiapkan cairan buah mengkudu, dan bedak dingin. Oleskan campuran ini pada wajah, kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Usahakan untuk mengaplikasikan masker ini saat menjelang tidur.

6. Menggunakan buah anggur

buah anggur

buah anggur

Buah berwarna ungu ini ternyata memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengusir jerawat. Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan membelah buah anggur menjadi dua, kemudian mengoleskannya pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit. Setelah sari anggur mulai mengering pijat wajah seperti melakukan peeling untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kemudian bilas.

7. Menggunakan bawang putih

bawang putih

bawang putih

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang putih membuat bumbu dapur ini sangat efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat dan kulit kotor akibat minyak berlebih. Tubuh memerlukan antioksidan yang lebih untuk mengembalikan kesehatan kulit. Bawang putih dapat kamu konsumsi dalam keadaan mentah atau bisa juga dengan dikukus terlebih dahulu.

8. Tidak mencuci muka lebih dari 2-3 kali

tidak terlalu sering mencuci muka

tidak terlalu sering mencuci muka

Mencuci muka memang dapat membantu membersihkan wajah dan membunuh kuman pada kulit. Tetapi jika terlalu sering mencuci muka malah tidak efektif. Mencuci muka terlalu sering dapat mengurangi kadar minyak alami yang diproduksi sendiri oleh kulit wajah.

Jika kandungan alami minyak dalam kulit wajah hilang terlalu sering, maka kulit akan kering dan akan memproduksi minyak terus menerus. Sehingga kandungan minyak dalam kulit tidak terkendali yang menyebabkan munculnya jerawat.

9. Menggunakan kulit pisang

kulit pisang

kulit pisang

Salah satu cara menyembuhkan jerawat adalah dengan kulit pisang. Kamu hanya perlu mengambil kulit pisang yang sudah matang kemudian gosok-gosokkan pada wajah yang berjerawat sebagai masker. Pastikan ketika menggosok jangan sampai kulit pisang berubah menjadi hitam. Gosokkan selama 10 menit kemudian diamkan selama 10 – 30 menit sebelum dibilas.

10. Menggunakan mentimun

mentimun

mentimun

Mentimun sering digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik untuk kulit berminyak, karena sayur ini berkhasiat untuk membantu menghilangkan jerawat. Mentimun berkhasiat menyerap minyak dan melembabkan kulit serta kaya akan antioksidan yang dapat meredakan peradangan pada jerawat.







Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Cara Menghilangkan Jerawat yang Paling Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *