10 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat dan Alami

Tea tree oil
Share ke teman kamu

Salah satu masalah rambut yang paling sering datang dan mengganggu adalah ketombe. Rasa gatal hingga sebal karena serpihan ketombe yang jatuh tentulah membuat kita tidak nyaman dan tidak percaya diri. Ganti shampoo? Sudah, tapi kok ketombe enggak juga mau hilang ya? Tenang, masih ada 10 cara menghilangkan ketombe, tapi kamu harus tahu dulu apa penyebab rambut bisa berketombe.

Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan rambut berketombe. Beberapa di antaranya yang paling umum adalah karena jenis kulit kepala yang berbeda, sering berada di tempat yang panas, keramas yang tidak bersih, makanan penyebab ketombe, hingga stress. Tapi bagaimana kalau ketombe di rambut bandel sekali? Pakai 10 tips dan cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan alami di bawah ini!

1. Cuka apel

Cuka apel

Cuka apel

Bisa juga dengan menggunakan cuka putih biasa. Cuka ini akan menjadi pembersih untuk sel kulit mati yang tidak terbersihkan oleh shampoo. Yup, ketombe adalah masalah yang timbul karena kulit kepala yang tidak sehat. Selain membersihkan sel kulit mati, cuka juga akan mencegah tumbuhnya jamur pada kulit kepala karena fungsinya sebagai fungisida.

Untuk menggunakan cuka sebagai pembersih ketombe, kamu perlu setengah cangkir air hangat dan setengah cangkir cuka apel. Caranya adalah campur dua jenis cairan tersebut lalu siramkan ke kepala dan gosok lembut. Setelah beberapa menit, bilas dengan air bersih. Lakukan setiap satu atau dua minggu sekali.

2. Baking soda

Baking soda

Baking soda

Baking soda yang digunakan untuk membersihkan ketombe ini adalah baking soda yang aman. Salah satu merek yang disarankan adalah Arm & Hammer. Gunanya tidak jauh berbeda dengan cuka apel, membersihkan kulit mati dan mencegah jamur.

Untuk menggunakannya, siapkan satu sendok makan baking soda dan satu cangkir air hangat. Campur dan kemudian gunakan sebagai pengganti shampoo. Kamu boleh menggunakan larutan baking soda ini setiap hari untuk hasil maksimal.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa

Minyak kelapa

Minyak kelapa memang bukan salah satu bahan yang mudah ditemukan di supermarket, namun siapa sangka kalau minyak jenis ini adalah salah satu solusi dan cara menghilangkan ketombe. Jika kamu menggunakan minyak kelapa pada rambut, rasa gatal di rambut akan segera hilang. Selain itu, minyak ini akan membuat kulit kepala lembab dan terhindar dari kekeringan yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa mudah sekali, kamu cukup melakukan keramas seperti biasa, lalu oleskan beberapa tetes minyak kelapa di kulit kepala kamu. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan cuci dengan shampoo. Saat sudah menggunakan minyak kelapa, biasanya rambut kamu akan bau. Tenang, kamu bisa membilasnya dengan shampoo bila kamu merasa bau rambut kamu kurang sedap. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu.

4. Pisang

Pisang

Pisang

Siapa sangka kalau ternyata pisang juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan alami? Pisang yang bersifat lembab bisa membuat kulit kepala terhindar dari kekeringan sehingga ketombe akan berkurang secara alami.

Untuk membuat pisang jadi obat anti ketombe, kamu perlu dua buah pisang yang ditumbuk kemudian campur dengan alpukat. Oleskan sambil dipijat ke kulit kepala. Diamkan 30 menit dan bilas sampai bersih.

5. Minyak wijen

Minyak wijen

Minyak wijen

Minyak jenis ini dikenal memberi rasa yang khas untuk sebuah masakan. Tapi ternyata tidak hanya itu, minyak wijen juga bisa mengobati gatal karena ketombe, lho. Caranya, cukup panaskan minyak sampai hangat, lalu pijat kepala dengan minyak tersebut saat malam hari sebelum tidur minimal selama 10 menit. Kemudian, bungkus dengan handuk panas dan diamkan lagi selama 10 menit. Lepas handuk dan baru bilas keesokan harinya.

6. Mouthwash

Mouthwash

Mouthwash

Ya, cairan pencuci mulut ternyata juga bisa digunakan untuk membasmi ketombe yang membandel. Ini karena tujuan pencuci mulut yang tidak lain adalah membasmi jamur. Seperti yang umum diketahui, jamur adalah salah satu penyebab munculnya ketombe pada rambut. Boleh juga nih dicoba, caranya adalah dengan mencampurkan cairan pencuci mulut dengan air, perbandingan 2:1. Setelah kamu campur dengan air bersih, masukkan ke botol semprot dan semprot ke kepala. Pijat dan diamkan 20 menit, bilas.

7. Makanan sehat

Makanan sehat

Makanan sehat

Tidak dipungkiri, semua yang terjadi pada tubuh juga bisa disebabkan karena apa yang kita makan. Nah, untuk mencegah munculnya ketombe bisa juga kamu lakukan dengan memulai makan makanan sehat. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran, minyak ikan dan makanan berprotein untuk mengurangi munculnya ketombe pada rambut.

8. Lemon

Lemon

Lemon

Asam pada lemon dipercaya bisa membantu memecahkan jamur yang ada di kulit kepala, sehingga menjadikannya salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. Seperti yang sudah sering dituliskan di atas bahwa salah satu penyebab umum munculnya ketombe adalah karena jamur. Selain itu, dengan memanfaatkan lemon berarti kamu sudah meminimalisir penggunakan bahan kimia dan bahan lain yang bisa membahayakan rambut dan kulit kepalamu.

Nah, untuk menggunakannya kamu bisa mencampur dua sendok makan jus lemon dan diamkan satu menit. Kemudian, campur satu sendok makan jus lemon dan satu cangkir air, bilas rambut dengan campuran air tersebut.

9. Tea tree oil

Tea tree oil

Tea tree oil

Bahan ini sedang ngetrend di kalangan produk kecantikan. Bagaimana tidak, minyak esensial yang berasal dari tanaman khas Australia ini memang memiliki sifat fungisida dan bisa membuat kulit jadi rileks sehingga tidak sakit atau pun gatal. Membuatnya juga mudah, cukup campurkan satu sendok minyak dengan satu cangkir air hangat di botol semprot. Kocok dan kemudian gunakan setelah keramas.

10. Garam

Garam

Garam

Ini adalah bahan paling mudah dicari dan pasti selalu tersedia di rumah. Garam memiliki sifat sebagai eksfoliator alami. Karena sifatnya itu, salah satu cara menghilangkan ketombe adalah dengan garam karena bisa membersihkan kulit kepala yang mengelupas. Kamu bisa menggunakan garam dengan shampoo saat keramas. Atau kamu juga bisa menggosok-gosokkan garam ke kulit kepala yang gatal, lalu bilas dengan air hingga bersih.





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat dan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *