10 Cara Mengobati Gejala Tipes Secara Alami dan Cepat

Kompres dingin
Share ke teman kamu

Tipes adalah infeksi bakteri dari aliran darah dan saluran usus. Tipes bukan termasuk penyakit yang menular, tetapi penyakit ini bisa menyebar dengan cepat bila lingkungan perkembangan bakteri salmonella typhi mendukung. Apabila bakteri salmonella typhi sudah masuk ke dalam usus, maka ia akan berkembang biak dengan baik, dan menyebar melalui peredaran darah.

Beberapa gejala penyakit tipes yang sering muncul adalah sebagai berikut:

  • Demam tinggi: penderita penyakit tipes biasanya akan mengalami demam hingga suhu tubuh mencapai 40 derajat Celsius disertai dengan sakit kepala dan badan lemas.
  • Sakit perut: umumnya orang yang menderita penyakit tipes merasakan sakit di bagian perut sebelah kiri yang merupakan letak dari usus 12 jari.
  • Lidah berwarna putih: lidah orang normal biasanya berwarna merah, sedangkan lidah orang penderita tipes berwarna putih di bagian tengahnya dan berwarna merah di bagian tepi.
  • Denyut nadi melambat: biasanya pada kasus orang yang demam, denyut jantung akan meningkat 10% setiap kenaikan suhu 1 derajat. Penderita tipes akan mengalami hal sebaliknya, denyut nadi menjadi melambat.
  • Perubahan pola buang air besar: selain sakit perut, penderita tipes akan mengalami perubahan pola buang air besar seperti diare atau susah buang air besar.

Kamu mau mengobati gejala tipes tersebut? Kali ini kami akan berbagi 10 cara mengobati gejala tipes secara alami dan cepat.

1. Kompres dingin

Kompres dingin

Kompres dingin

Salah satu pengobatan sederhana untuk demam penyakit tipes adalah kompres air dingin. Ini akan membantu suhu tubuh kamu turun secara efektif. Caranya dengan merendam kain pengompres di air es, kemudian meletakannya di dahi. Selain itu, gunakan juga untuk mengelap daerah ketiak, tangan, kaki, dan pangkal paha untuk membantu mengurangi suhu tubuh secara berkala.

2. Meningkatkan jumlah cairan tubuh

Meningkatkan jumlah cairan tubuh

Meningkatkan jumlah cairan tubuh

Salah satu cara meredakan gejala tipes adalah dengan meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh. Diare dan demam tinggi akibat tipes biasanya akan membuat kamu mengalami dehidrasi. Meningkatkan asupan cairan dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi dan membantu membuang kotoran dan racun yang ada dalam tubuh. Kamu bisa minum air 10 gelas per hari untuk meningkatkan cairan dalam tubuh. Atau dengan mencoba mengkonsumsi teh herbal, air kelapa, dan jus buah segar.

3. ORS Home made

ORS Homemade

ORS Homemade

Resusitasi cairan atau penggantian cairan sangat penting untuk mencegah dehidrasi serta mengisi cairan yang hilang karena diare. Solusi mudah mengatasi dehidrasi adalah dengan oral rehydration solution (ORS). ORS juga akan membantu mengurangi intensitas peningkatkan gejala tipes.

Kamu bisa memebeli oralit di toko kesehatan, atau membuat oralit sendiri di rumah dengan mencampurkan 1/2 sendok teh garam, 6 sendok teh gula, dan 4 cangkir air mineral. Konsumsi oralit alami ini setiap hari sampai kondisimu membaik.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel

Cuka sari apel

Cuka sari apel juga merupakan salah satu cara mengobati gejala tipes yang baik. Properti asam pada cuka apel dapat membantu menarik panas dalam kulitmu. Selain itu, mineral dalam cuka ini juga dapat membantu mengisi mineral yang hilang dalam tubuh.

Campur 1/2 sendok teh cuka apel dan sedikit madu dalam satu gelas air, kemudian minum sebelum makan. Jalankan pengobatan ini selama 5 sampai 7 hari.



5. Bawang putih

Bawang putih

Bawang putih

Sifat antimikroba pada bawang putih dapat membantu memerangi gejala tipes. Bawang putih juga akan membantu mempercepat peningkatan kekebalan tubuh kamu, membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh, dan mempercepat pemulihan.

Yang perlu kamu lakukan adalah makan dua siung bawang putih sebelum makan, atau kamu bisa mencampur 1/2 sendok teh bawang putih, satu gelas susu,empat gelas air. Rebus ramuan ini hingga tersisa 1/4 gelas dan minum tiga kali sehari.

6. Daun basil

Daun basil

Daun basil

Daun basil adalah salah cara mengobati gejala tipes rumahan yang juga dapat membantu meredakan gejala tipes. Tanaman ini mengandung sifat antibakteri dan antibiotik yang dapat membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan gejala tipes. Selain itu, daun basil membantu menenangkan perut, menurunkan demam dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu juga.

Kamu dapat membuat ramuan dari 20 lembar daun basil dan jahe yang dihancurkan. Kemudian rebus dengan air hingga menyisakan setengah gelas saja. Minum ramuan ini dua sampai tiga kali sehari.

7. Cengkeh

Cengkeh

Cengkeh

Salah satu bumbu dapur yang dapat membantu meredakan gejala tipes adalah cengkeh. Minyak esensial dalam cengkeh mengandung zat antibakteri, sehingga cengkeh dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan penyakit tipes. Cengkeh juga dapat membantu meringankan diare dan muntah.

Kamu cukup merebus 5-7 tunas cengkeh dengan 8 gelas air. Rebus hingga ramuan ini tersisa 4 gelas. Biarkan dingin sebelum kamu minum.

8. Pisang

Pisang

Pisang

Pisang dapat mengobati diare dan menurunkan demam pada orang yang berusaha mengobati gejala tipes. Ini karena pektin dalam pisang adalah serat larut yang membantu menyerap cairan dalam usus, sehingga mampu mengurangi gejala sakit perut atau diare. Kalium yang terkandung dalam pisang dapat menggantikan elektrolit yang hilang akibat demam. Kamu bisa mengkonsumsi pisang dua sampai tiga buah dalam sehari.

9. Buttermilk

Buttermilk

Buttermilk

Buttermilk adalah makanan yang baik untuk membantu mengobati gejala tipes, terutama pada masa-masa pemulihan. Buttermilk juga membantu mencegah dehidrasi. Kamu bisa mengkonsumsi buttermilk setiap hari sampai benar-benar merasa pulih.

10. Mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi

Mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi

Mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi

Selama kamu menderita tipes, sangat penting untuk melakukan diet khusus. Diet khusus ini bisa kamu lakukan dengan mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi yang tepat untuk tubuh kamu. Diet sehat yang baik dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, keseimbangan elektrolit, dan menjaga cairan tubuh kamu.







Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *