Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat dan Alami

Bagikan

Punya badan yang tinggi dan kaki yang panjang adalah anugerah terindah yang wajib disyukuri perempuan. Sayangnya tak semua perempuan di Indonesia bisa menerima anugerah terindah ini. Pasalnya tinggi rata-rata orang Indonesia sendiri hanya sekitar 158 cm, jadi rasanya bakal susah punya tubuh tinggi bak model catwalk.

Jadi, bagaimana dong cara meninggikan badan? Memang hanya sebagian orang yang bisa memiliki tinggi jauh di atas rata-rata, studi juga menyebutkan bahwa sebagian besar orang akan berhenti tumbuh pada usia dua puluh tahunan. Kalau kamu sekarang belum mencapai usia 20an, masih ada harapan dengan 10 cara meninggikan badan berikut ini.

1. Tidur cukup

Tidur cukup
Tidur cukup

Normalnya, dalam sehari kita harus tidur selama delapan jam, malah lebih bagus lagi kalau kamu bisa tidur sampai 11 jam. Tidur yang cukup adalah faktor penting bagi pertumbuhan tubuh yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa remaja yang tidur 8 sampai 11 jam setiap harinya memiliki pertumbuhan yang jauh lebih efektif. Tidur yang cukup sangat penting karena tubuh tumbuh dan meregenerasikan jaringan selama kita tidur.

Iklan

Otak kita melepaskan Human Growth Hormone (hormon pertumbuhan manusia) saat kita berada dalam siklus tidur nyenyak. Kalau kamu tak cukup tidur, maka jumlah produksi HGH akan menjadi rendah, sehingga pertambahan tinggi badanmu tak bisa maksimal.

2. Mengkonsumsi makanan seimbang

Mengkonsumsi makanan seimbang
Mengkonsumsi makanan seimbang

Cara meninggikan badan lainnya adalah dengan makan. Makanan sehat dan seimbang adalah syarat mutlak pertumbuhan yang baik. Oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa kamu memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang sepenuhnya.

Kunci makan sehat adalah dengan diet seimbang dan menghindari junk food. Makanan yang baik untuk membantu pertumbuhan tinggi badan antara lain makanan dengan kandungan vitamin D, makanan dengan kandungan zinc, kalsium, dan protein.

3. Olahraga secara rutin

Iklan
Olahraga secara rutin
Olahraga secara rutin

Pada umumnya, anak-anak dan remaja sering didorong untuk aktif dalam kegiatan fisik seperti olahraga. Ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan mereka. Jika tubuh aktif secara fisik, maka secara alami ia kan menuntut banyak nutrisi sehingga proses pertumbuhan akan semakin maksimal. Bahkan saat kamu melewati usia 18 tahun, kamu masih bisa bertambah tinggi beberapa cm.

Berenang adalah salah satu olahraga dan cara meninggikan badan terbaik untuk kamu. Tinggi maksimal bisa kamu dapat dengan cara berenang selama dua jam, sebanyak empat atau lima kali dalam seminggu. Selain renang, Hanging Exercises, Toe Touching Exercises, Super Stretch, yoga, dan skipping juga bisa membantu menambah tinggi badan.

4. Melatih postur yang baik

Melatih postur yang baik
Melatih postur yang baik

Banyak orang memiliki postur tubuh yang buruk karena pembentukan kebiasaan yang juga buruk, entah itu ketika duduk, bekerja di depan komputer, menggunakan gadget, berjalan atau saat tidur. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan sumsum tulang belakang kamu melengkung. Postur tubuh membungkuk bisa menekan ketinggian normal kamu dan membuat kamu terlihat lebih pendek.

Iklan

Ada banyak latihan peregangan yang dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh kebiasaan duduk yang buruk. Untuk mencegah kerusakan tulang belakang kamu, pastikan untuk berlatih kebiasaan postur yang baik, terutama posisi bahu, dan dagu. Hindari menggunakan gadget terlalu lama. Postur tubuh yang baik bisa membuat kamu terlihat lebih tinggi dan merupakan salah satu cara meninggikan badan yang efektif.

5. Menjaga kekebalan tubuh

Menjaga kekebalan tubuh
Menjaga kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan kunci dalam pertumbuhan tinggi badan. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat mengurangi penyakit, karena beberapa penyakit dapat menghambat perkembangan tubuh kamu saat masih remaja. Hindari makan makanan olahan terlalu sering, sebaiknya kamu banyak mengkonsumsi buah, sayur, susu rendah lemak, dan biji-bijian karena makanan sehat adalah cara meninggikan badan yang alami.

6. Minum banyak air

Minum banyak air
Minum banyak air
Iklan

Minum air segalon memang tak bisa bikin kamu jadi lebih tinggi, tapi tubuh tetap butuh asupan banyak air untuk mencapai potensi pertumbuhan penuh. Kita sering mengabaikan minum air putih, padahal ini adalah salah satu cara meninggikan badan. Air mampu meningkatkan kualitas pencernaan, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan berdampak langsung dalam proses penambahan tinggi badan kamu dalam jangka panjang.

7. Menghindari rokok dan alkohol

Menghindari rokok dan alkohol
Menghindari rokok dan alkohol

Ingin punya badan lebih tinggi? Hindari hal-hal yang dapat menghambat pertumbuhan tinggi kamu seperti merokok, alkohol, atau obat-obatan. Steroid adalah obat yang dapat menghambat proses pertumbuhan saat usia muda. Obat ini memiliki kandungkan yang dapat menghambat perkembangan tulang. Penelitian juga menunjukkan bahwa obat asam dengan kandungan budesonide (sejenis steroid) dapat menghambat pertumbuhan tubuh anak-anak sebanyak 1 inci.

8. Minum suplemen peninggi badan

Minum suplemen peninggi badan
Minum suplemen peninggi badan
Iklan

Pada umumnya, suplemen mengandung kombinasi mineral, vitamin, dan nutrisi lain yang bisa mendorong pertumbuhan. Jadi, sangat dianjurkan sebelum kamu tergiur oleh iklan suplemen peninggi badan, lakukan riset terlebih dulu tentang kandungan dalam suplemen tersebut.

Beberapa jenis suplemen juga dapat memberikan efek samping yang serius dan pada beberapa orang suplemen ini tidak dapat berkerja secara maksimal. Lebih amannya, pilih suplemen peninggi badan yang mengandung 100% bahan alami. Salah satu contoh terbaik suplemen ini adalah Ashwagandha. Produk ini mengandung gingseng India yang memiliki khasiat memperluas kerangka dan kepadatan tulang. Minum suplemen bila dilakukan secara rutin dan tepat bisa menjadi cara meninggikan badan yang paling efisien lho.

9. Memahami gen tinggi badan

Memahami gen tinggi badan
Memahami gen tinggi badan

Memang mayoritas tinggi badan seseorang ditentukan oleh genetika. Para ilmuan menghitung bahwa 60% sampai 80% tinggi badan kamu ditentukan oleh gen. Gen hanya menunjukkan sebuah kemungkinan, kalau kamu punya orang tua pendek berarti kemungkinan besar kamu juga akan memiliki tubuh pendek. Meskipun peranan gen cukup besar terhadap tinggi badan kamu, bukan berarti kamu tak bisa bertambah tinggi lho.

10. Operasi

Operasi
Operasi

Opsi terakhir kalau kamu ingin menambah tinggi badan adalah dengan melakukan operasi peninggi badan. Ini adalah opsi medis dan cara meninggikan badan secara modern yang banyak dipilih oleh orang di Korea Selatan atau luar negeri. Prosedur operasi ini adalah dengan menembus tibia dan fibula (tulang-tulang di kaki yang lebih rendah) kemudian memasukkan teleskopik di antaranya. Batang teleskopik ini mampu menarik tulang sekitar 1mm dalam sehari. Seluruh proses ini bisa berlangsung selama 6 bulan, diikuti dengan 3 sampai 6 bulan terapi fisik.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan