10 Danau Terbesar di Dunia Ini Cocok Untuk Tempat Berlibur Kamu Selanjutnya

Danau Huron
Share ke teman kamu

Danau merupakan salah satu objek wisata yang kerap dijadikan destinasi favorit untuk liburan. Sama halnya dengan tempat-tempat wisata alam lain, danau menawarkan keindahan dan kenyamanan tersendiri bagi pengunjungnya. Tidak hanya pemandangan alam yang menenangkan, tetapi beragam biota bawah airnya juga sangat menarik untuk diamati.

Di Indonesia, danau yang mungkin sudah sering kamu dengar namanya adalah Danau Toba. Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia. Selain Indonesia tentunya di luar negeri pasti masih banyak danau-danau besar yang tak kalah indah dan menakjubkan.

Tidak hanya indah, danau-danau ini juga memiliki ukuran yang menakjubkan. Danau -danau yang dinobatkan sebagai danau-danau terbesar di dunia ini juga sangat tepat untuk dijadikan tempat melakukan aktivitas-aktivitas outdoor yang bisa digunakan sebagai sarana refreshing dari kejenunah rutinitas. Danau apa saja yang tercatat dalam 10 danau terbesar di dunia? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

10. Great Slave Lake, Kanada

Great Slave Lake

Great Slave Lake

Diketahui bahwa danau yang satu ini merupakan danau yang paling dalam di Amerika. Danau ini terletak di daerah barat laut Kanada. Usut punya usut, nama unik dari danau ini ternyata didapatkan dari nama suku yang pertama kali tinggal di daerah sekitar danau ini.

Danau ini menjadi salah satu anggota danau terbesar di dunia, karena panjangnya yang mencapai 480 km. Sedangkan lebarnya berkisar antara 19 hingga 109 km. untuk kedalamannya sendiri rata-rata 614 m.

9. Danau Malawi, Malawi – Mozambique – Tanzania

Danau Malawi

Danau Malawi

Danau Malawi juga memiliki nama lain “Danau Nyasa”. Danau ini terletak di Tanzania dan Lago Niassa di Mozambique. Danau yang terletak di Afrika ini tercatat sebagai salah satu danau terbesar dan terdalam di sana. Salah satu keunikannya adalah, Danau Malawi memiliki layer pada airnya, serta jenis ikan yang lebih beragam dari danau lainnya. Di dalamnya terdapat kurang lebih 1.000 spesies ikan yang berbeda.

Panjang dari danau ini mencapai 579 km, sedangkan kedalamannya 706 km yang telah membuatnya menerima predikat sebagai salah satu danau terbesar di dunia. Jika kamu berlibur ke Danau Malawi, di sana terdapat resorts yang menawarkan beberapa aktivitas yang menarik seperti snorkeling, berlayar, sepak bola pantai dan lainnya.

8. Danau Great Bear, Kanada

Danau Great Bear

Danau Great Bear

Danau yang satu ini terletak 200 km ke arah selatan dari Arctic circle di Kanada dan merupakan danau terbesar di sana. Tidak hanya itu, danau ini juga diakui sebagai danau terbesar ke empat di Amerika Utara dan kedelapan di dunia.

Panjang danau ini mencapai 320 km dan lebarnya 175 km, sedangkan kedalamannya yaitu 413 m. Pada danau ini ditemukan kandungan berupa uranium dan radium yang saat Perang Dunia II dikumpulkan oleh Amerika untuk membuat bom atom. Namun karena jumlahnya yang semakin menipis, penambangan bahan-bahan tersebut kemudian dilarang.

7. Danau Baikal, Russia

Danau Baikal

Danau Baikal

Tidak hanya menyandang predikat sebagai salah satu danau terbesar di dunia, Danau Baikal juga merupakan danau tertua di dunia, dengan usia mencapai 25 juta tahun, dan kedalaman mencapai 700 m. Danau ini terletak di Siberia, berbatasan dengan Mongolia. Danau ini juga terkenal sebagai “Galapagos of Russia” karena lataknya yang terpencil dan usianya yang cukup tua membuatnya memiliki hewan-hewan yang langka. Salah satu hewan tersebut adalah golomyanka yang merupakan ikan transparan berwarna pink yang menjadi makanan favorit anjing laut.



6. Danau Tanganyika, Tanzania – Congo

Danau Tanganyika

Danau Tanganyika

Penjelajah asal Inggris bernama Richard Burton dan John Speke mengatakan bahwa danau ini merupakan sumber dari Sungai Nil pada pertengahan tahun 1800. Namun ternyata, sungai yang mereka maksud bukanlah Sungai Nil di Afrika, melainkan Sungai Ruzizi. Panjang danau ini mencapai 677 km dan lebar 50 km. Diketahui bahwa danau ini merupakan danau terdalam ke dua setelah Danau Baikal dengan kedalaman 1433 m atau 642 m di bawah permukaan laut.

5. Danau Michigan, U.S – Canada

Danau Michigan

Danau Michigan

Berdasarkan volumenya, Danau Michigan merupakan danau dengan volume terbesar ke dua dengan volume mencapai 4.918 kubik km. Panjang danau ini 494 km sedangkan lebarnya 190 km. Jika berkunjung ke danau ini, kamu bisa bergabung dengan tour yang akan membawamu ke 5 Great Lakes termasuk Danau Michigan.

4. Danau Huron, Kanada, Amerika Serikat

Danau Huron

Danau Huron

Batas sebelah barat dari Danau Huron adalah Michigan (Amerika Serikat) dan sebelah timur adalah Ontario. Danau ini merupakan danau terbesar ke empat di dunia dengan panjang 331 km, lebar 295 km dan kedalaman 229 m. Kegiatan ekonomi di daerah ini selain memancing adalah penjualan bijih besi, padi dan gamping yang diekspor ke daerah sekitar Ontario dan Michigan.

3. Danau Victoria, Tanzania – Uganda

Danau Victoria

Danau Victoria

Danau Victoria dinobatkan sebagai danau terbesar di Afrika, danau tropis terbesar di dunia dan danau air tawar terbesar kedua di dunia. Permukaan danau ini sangatlah besar yaitu 68.800 km persegi, namun danau ini terbilang dangkal dengan rata-rata kedalaman hanya 40 m. Meskipun merupakan salah satu danau terbesar di dunia, danau ini kurang begitu cocok untuk kamu yang ingin melakukan petulangan alam. Bagian tepi danau ini seperti rawa, dan di dalam airnya terdapat parasit yang berbahaya, sehingga berenang di sini sangat tidak dianjurkan.

2. Danau Superior, Kanada

Danau Superior

Danau Superior

Danau Superior merupakan danau air tawar terbesar selanjutnya yang memiliki luas permukaan 82.170 km persegi. Ukuran tersebut bahkan lebih besar dari Vermont, Massachusetts, Rhode Islands, Connecticut dan Hampshire jika di gabung jadi satu. Panjang danau ini yaitu 563 km, luasnya 257 km dan kedalamannya 400 m.

1. Caspian Sea

Caspian Sea

Caspian Sea

Nah, akhirnya kita sampai pada danau terbesar pertama di dunia, Caspian Sea. tapi mengapa danau ini dinamakan Caspian Sea, dan tidak memiliki embel-embel “lake” pada namanya? Ternyata hal ini disebabkan ciri-ciri Caspian Sea yang cukup membingungkan. Di satu sisi, ia memiliki ciri-ciri laut, yaitu air di danau ini adalah air asin seperti laut, ombaknya juga besar dan ukurannya juga sangat besar.

Namun di sisi lain, tidak ada sungai yang mengalir ke sana. Akhirnya, dipilihlah nama Caspian Sea tersebut. Caspian Sea terletak di Asia Barat dan di tepi Timur Eropa, tepatnya diantara negara-negara Azerbaijan, Russia, Kazakhstan, Turkmenistan dan Iran. Danau ini memiliki luas permukaan hingga 371,000 km persegi dengan volume mencapai 78,200 km kubik., dan kedalaman 1,025 m. Danau ini terkenal dengan sumber energinya yang kaya seperti minyak, gas, sturgeon, dan kaviar.







Baca Juga

Share ke teman kamu

2 thoughts on “10 Danau Terbesar di Dunia Ini Cocok Untuk Tempat Berlibur Kamu Selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *