10 Danau Terbesar di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Danau Matano
Share ke teman kamu

Sebagai sumber air dan irigasi, keberadaan danau telah memberi manfaat yang besar bagi masyarakat yang tinggal di daerah sekitarnya. Sementara dalam bidang pariwisata, keberadaan danau-danau tersebut telah berhasil menjadi obyek wisata yang menarik bagi para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tahukah kamu ada berapa banyak danau alami di Indonesia? Indonesia ternyata memiliki sekitar 500 danau alami lho. Wow, sangat banyak ya? Nah, dari ratusan danau tersebut, danau mana sih yang paling besar? Berikut daftar 10 danau terbesar di Indonesia yang harus kamu ketahui.

1. Danau Toba

Danau Toba

Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus danau asal Indonesia yang paling terkenal hingga ke seluruh dunia. Terletak di Sumatra Utara, danau indah ini memiliki luas sekitar 1.130 km persegi sehingga dinobatkan sebagai danau terbesar di Indonesia.

Selain terkenal dengan ukurannya, danau ini juga terkenal dengan keindahannya sehingga berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang paling populer. Danau vulkanik yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi ini memiliki kedalaman maksimal 529 meter dan di tengahnya terdapat pulau yang terkenal dengan kesuburannya yaitu Pulau Samosir.

2. Danau Towuti

Danau Towuti

Danau Towuti

Berlokasi di Sulawesi Selatan, Danau Towuti merupakan danau tektonik yang terbentuk karena pergeseran lempeng permukaan bumi. Danau ini dikenal dengan nama Danau Towuti karena berada di daerah Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Dengan luas 561 km persegi dan kedalaman air 203 meter, Danau Towuti menjadi bagian dari Taman Wisata Alam Danau Towuti yang berada di bawah naungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, Departemen Kehutanan Republik Indonesia.

Kawasan Danau Towuti memiliki daya tarik tersendiri sebagai daerah tujuan wisata kebanggaan Sulawesi Selatan dengan ekosistem alami yang indah berupa air tawar yang masih jernih, dan vegetasi yang menarik berupa berbagai jenis anggrek yang menambah keindahan Danau Towuti. Kamu dapat mengelilingi dan menyaksikan keindahan panorama Danau Towuti dengan menggunakan perahu atau speed boat.

3. Danau Poso

Danau Poso

Danau Poso

Danau terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Danau Poso yang terletak di Sulawesi Tengah. Dengan luas 323 km persegi dan kedalaman 450 meter, danau ini berada pada peringkat ketiga danau terbesar di Indonesia.

Danau Poso yang merupakan sebuah danau tektonik juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang sangat diminati para wisatawan sehingga terdapat banyak hotel dan penginapan di sekitar danau tersebut sebagai pendukung kegiatan pariwisata. Danau Poso menawarkan pemandangan danau yang indah dengan dikelilingi bukit dan hutan, sehingga kegiatan yang paling cocok dilakukan di sini adalah menyaksikan pemandangan alam sambil menikmati udara yang dingin dan sejuk.

4. Danau Sentarum

Danau Sentarum

Danau Sentarum

Danau Sentarum yang memiliki luas 275 km persegi dan kedalaman sekitar 8 meter terletak di Kalimantan Barat. Berada di jantung Borneo, kawasan Danau Sentarum telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) sejak tahun 1999. Berlokasi sekitar 700 km arah timur laut Kota Potianak, TNDS terdiri dari 43.000 hektar daratan dan 89.000 hektar hutan rawa tergenang.

Berbeda dengan danau lainnya, Danau Sentarum merupakan daerah rawan banjir yang berlokasi di tengah-tengah jajaran pegunungan. Saat musim hujan tiba, kawasan Danau Sentarum akan terendam akibat derasnya hujan yang turun dan luapan aliran Sungai Kapuas. Uniknya, saat musim kemarau panjang tiba, sebagian besar Danau Sentarum akan menjadi kering.

5. Danau Matano

Danau Matano

Danau Matano

Danau Matano adalah sebuah danau alami yang berlokasi di Sulawesi Selatan. Berada di ujung selatan pulau Sulawesi, Kabupaten Luwu Timur, Danau Matano memiliki luas sekitar 164 km persegi. Selain mendapatkan gelar sebagai salah satu danau terbesar di Indonesia, Danau Matano juga dikenal sebagai danau terdalam di Indonesia karena memiliki kedalaman 590 meter. Selain itu, ternyata danau ini juga masuk dalam daftar danau terdalam di dunia urutan ke 10 lho! Danau Matano merupakan sebuah danau tektonik yang proses pembentukannya bukan dari gabungan beberapa sungai tetapi terjadi dari pembentukan banyak mata air sehingga kondisi airnya sangat jernih dan tidak akan mengalami kekeringan.

6. Danau Jempang

Danau Jempang

Danau Jempang

Terletak di provinsi Kalimantan Timur, Danau Jempang juga termasuk salah satu danau terbesar di Indonesia dengan luas 150 km persegi dan kedalaman antara 7 hingga 8 meter.

Danau Jempang bukan merupakan danau tektonik namun termasuk danau dataran banjir. Danau yang berada di daerah aliran Sungai Mahakam ini memiliki keindahan panorama alam dan kaya akan flora dan fauna. Hal tersebut berhasil menjadikan Danau Jempang sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan Kalimantan Timur.

7. Danau Paniai

Danau Paniai

Danau Paniai

Danau Paniai yang terletak di Papua Barat, Kabupaten Paniai memiliki luas 145 km persegi dan kedalaman 50 meter sehingga menjadikannya sebagai salah satu danau yang paling besar di Indonesia. Adanya pasir dan bebatuan di tepi danau serta tebing-tebing yang mengelilingi danau menambah keindahan dan daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Danau Paniai. Karena memiliki potensi besar sebagai daerah tujuan wisata unggulan di Kabupaten Paniai, Danau Paniai diharapkan dapat meningkatkan kunjungan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

8. Danau Rombebai

Danau Rombebai

Danau Rombebai

Sama seperti Danau Paniai, Danau Rombebai juga berlokasi di Papua. Danau yang memiliki luas 137 km persegi ini terbentuk dari aliran sungai yang banjir dan menutupi permukaan tanah. Danau yang terletak di sebelah timur aliran Sungai Mamberamo ini juga memiliki potensi kekayaan alam yang cukup melimpah dengan adanya gas alam di sekitar Sungai Mamberamo. Blok gas alam ini dikelola oleh sebuah perusahan bidang eksplorasi gas dan minyak yang berpusat di Australia.

9. Danau Tempe

Danau Tempe

Danau Tempe

Dengan nama unik yang merupakan nama salah satu makanan khas Indonesia yang kaya protein dan terbuat dari kedelai, Danau Tempe berada di Sulawesi Selatan. Berlokasi di Kecamatan Tempe, Danau Tempe memiliki beragam jenis spesies ikan air tawar yang jarang bisa ditemui di tempat lain karena terletak di lempengan Benua Asia dan Australia.

Danau yang merupakan danau tektonik dengan kedalaman 5 meter dan luas 130 km persegi ini sangat unik karena ada banyak penduduk setempat yang tinggal di permukaan danau dengan menggunakan rumah panggung terapung. Selain karena keindahannya, pemukiman penduduk tersebut juga merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Danau Tempe.

10. Danau Semayang

Danau Semayang

Danau Semayang

Danau Semayang merupakan danau yang terletak di daerah rawan banjir dan memiliki luas 130 km persegi. Berlokasi di Kalimantan Timur, danau ini memiliki keunikan tersendiri karena adanya desa terapung seperti halnya Danau Tempe.

Penduduk Danau Semayang menggunakan perahu sebagai alat transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Mereka tidak mengenal kendaraan roda dua maupun mobil sebagai alat transportasi. Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke danau ini.

Nah, itulah daftar danau terbesar di Indonesia dari AnekaTop10.com. Apakah kamu pernah datang berkunjung ke salah satu danau tersebut? Atau kamu ingin berlibur di pinggir danau tersebut? Share yuk!

Baca juga: 10 Danau Terbesar di Dunia Ini Cocok Untuk Tempat Berlibur Kamu Selanjutnya





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Danau Terbesar di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *