10 Danau Terindah di Dunia yang Harus Kamu Kunjungi

Danau Tekapo
Share ke teman kamu

Kamu suka menikmati ketenangan wisata alam tapi bosan pergi ke pantai atau gunung terus menerus? Bila iya, kamu bisa mencoba pergi berwisata ke danau alami. Seperti halnya pantai dan gunung, dengan berkunjung ke danau alami, kamu bisa menikmati pemandangan indah yang sulit dijumpai di kota-kota besar.

Tak hanya indah dan menenangkan hati, biasanya di kawasan danau yang telah dikelola menjadi sebuah tempat wisata ditawarkan berbagai kegiatan menarik seperti misalnya sepeda air, memancing, speed boat, hingga parasailing dan kegiatan wisata air lainnya. Bila kamu ingin lebih tenang, kamu bisa juga piknik atau berkemah sambil menikmati keindahan alam di pinggir danau indah yang kamu kunjungi.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah apa aja sih danau terindah di dunia yang wajib dikunjungi wisatawan? Berikut rekomendasi 10 danau alami terindah di dunia yang harus kamu kunjungi.

1. Danau Tahoe, Amerika Serikat

Danau Tahoe

Danau Tahoe

Jika kamu menargetkan Amerika Serikat sebagai negara tujuan perjalanan kamu, jangan hanya terpaku pada modernitas yang ditawarkan berbagai kota besar di sana. Rencanakan juga untuk melihat keindahan alam yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Salah satu keindahan alam yang dimiliki Amerika Serikat adalah Danau Tahoe yang berada di wilayah Nevada, tepatnya di Sierra. Bersama Danau Baikal yang ada di Rusia, danau ini juga terkenal sebagai danau air tawar paling besar di dunia.

Sebagai danau tawar paling besar di dunia, sejarah Danau Tahoe seringkali dipertanyakan. Banyak yang menyatakan bahwa danau terindah di dunia ini sudah terbentuk sejak zaman es. Namun seakan tidak peduli dengan sejarahnya, danau terindah di dunia ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Semua sisi Danau Tahoe dikelilingi oleh pegunungan tinggi sehingga terlihat cantik dan asri. Kamu juga bisa menikmati serunya bermain ski di zona ski yang disediakan pengelola.

2. Danau Tekapo, New Zealand

Danau Tekapo

Danau Tekapo

Keindahan alam New Zealand tidak perlu diragukan lagi. Selain terkenal sebagai negara penghasil hewan ternak dan susu yang sangat besar, New Zealand menyimpan banyak potensi keindahan alam yang seringkali menjadi destinasi wisata para traveler dunia. Salah satu keindahan alam yang disimpan oleh New Zealand adalah Danau Tekapo. Keindahan Danau Tekapo yang telah dinobatkan sebagai salah satu danau terindah di dunia tidak hanya membuat takjub penduduk New Zealand saja, namun juga seluruh penduduk dunia.

Luas Danau Tekapo mencapai 32 mil persegi. Dengan luas sebesar ini, Danau Tekapo tidak hanya berhasil menjadi salah satu danau terindah, namun juga berhasil menjadi salah satu danau yang berukuran paling besar di New Zealand.

Gelar danau terbesar di New Zealand membuat Danau Tekapo banyak dikunjungi wisatawan lokal dan juga wisatawan mancanegara. Letaknya yang berada pada ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut membuat pemandangan alam di sekitar Danau Tekapo sangat luar biasa. Selain pemandangan alam yang indah, danau terindah di dunia ini juga dipenuhi hotel dan resor yang akan memanjakan setiap pengunjung yang datang.

3. Danau Melissani, Yunani

Danau Melissani

Danau Melissani

Yunani menjadi salah satu negara yang tidak boleh kamu lewatkan selama melakukan kunjungan ke Eropa. Negara ini menyimpan banyak peninggalan Yunani kuno yang dapat dilihat pada bangunan-bangunan dan tempat wisata bersejarah yang memenuhi kota. Selain itu, Yunani juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa indah sehingga menjadikannya sebagai negara utama untuk destinasi liburan murah para pasangan muda yang tengah menjalani bulan madu.

Tidak hanya memiliki Pantai Kristal, negara Yunani juga memiliki Danau Melissani yang sangat populer dikalangan traveler pecinta wisata alam. Lokasi Danau Melissani berada di Kefalonia, berdekatan dengan desa Karavomilos. Keunikan danau terindah di dunia ini terletak pada goa-goa yang mengelilinginya. Gempa besar yang pernah terjadi menyebabkan atap goa runtuh. Akibat runtuhnya atap goa ini, sinar matahari yang memancar ke arah dinding goa menjadi terpantul lebih cantik dan indah.

4. Danau Malawi, Afrika

Danau Malawi

Danau Malawi

Afrika adalah sebuah destinasi wisata yang bisa dibilang jarang sekali dikunjungi para turis. Padahal, Afrika menyimpan tempat wisata dengan keindahan alam yang luar biasa mempesona. Salah satunya adalah Danau Malawi yang terletak di bagian paling selatan dari Great Rift Valley, Afrika Timur, tepatnya di antara Malawi, serta Mozambik dan juga Tanzania. Danau indah ini terkenal sebagai danau terbesar ketiga sekaligus terdalam di Afrika dengan arus airnya yang sangat tenang.

Sejauh mata memandang, kamu akan melihat pemandangan danau yang sangat indah. Dengan air yang tenang, kamu dapat menikmati indahnya keanekaragaman vegetasi yang dimiliki Danau Malawi. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa danau terindah di dunia ini terbentuk sejak satu juta tahun yang lalu. Hal ini tidak hanya membuat Danau Malawi memiliki vegetasi yang sangat beragam, namun juga dipenuhi dengan beragam spesies ikan berbeda yang siap kamu selami keindahannya.

5. Danau Pink, Australia

Danau Pink

Danau Pink

Benua Australia yang sangat luas menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Tidak hanya memiliki padang rumput nan hijau, Australia juga memiliki danau yang sangat mempesona seperti Danau Pink. Letak Danau Pink berada di Australia Berat, tepatnya di wilayah Hillier. Sesuai dengan namanya, danau terindah di dunia ini memiliki air yang berwarna pink atau merah muda yang membuatnya sangat unik dibandingkan dengan danau lainnya di Australia atau bahkan di dunia.



Warna air danau pink yang merah muda membuat tampilan danau ini dari atas terlihat mirip dengan es krim atau susu strawberry yang berada di dalam wadah cantik berwarna hijau. Hal ini karena pemandangan di sekitar danau dipenuhi dengan pohon-pohon besar berwarna hijau yang tumbuh lebat di hutan sekeliling danau. Berdasarkan penelitian, warna pink ini berasal dari ganggang Dunaliella Salina dan juga Halobacteria yang memiliki warna merah.

6. Danau Peyto, Kanada

Danau Peyto

Danau Peyto

Keberadaan Danau Peyto tidak hanya populer di kalangan turis, namun juga terkenal di kalangan fotografer profesional. Hal ini karena Danau Peyto menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa sebagai obyek foto mereka. Tidak hanya akan bertemu dengan para pelancong, namun saat mengunjungi danau terindah di dunia ini kamu juga berkesempatan bertemu dengan banyak fotografer kelas dunia.

Danau Peyto terletak di Kanada, tepatnya berada di Alberta. Keindahan alam yang ditawarkan danau terindah di dunia ini tidak hanya terletak pada pemandangan alam di sekitar danau saja, melainkan termasuk dengan perubahan warna air yang dialami Danau Peyto. Perubahan warna ini terjadi secara bertahap bersamaan dengan perubahan musim, sehingga saat kamu berkunjung ke Danau Peyto pada musim dingin, airnya akan berbeda warna dengan saat musim panas.

7. Danau Reed Flute, China

Danau Reed Flute

Danau Reed Flute

Danau Reed Flute menjadi sangat istimewa karena letaknya yang berada di dalam goa. Bukan goa biasa, melainkan goa kapur yang berusia lebih dari 180 juta tahun. Sebelum menjadi sangat populer sebagai tempat wisata alam dunia, danau terindah di dunia ini tersembunyi tanpa banyak diketahui orang. Pada tahun 1940an pemerintah China menemukan goa kapur yang kemudian memperlihatkan Danau Reed Flute yang tersembunyi dengan indah.

Lokasi danau terindah di dunia ini berada di Guilin, kawasan Guangxi, China. Sejak ditemukan pertama kali, danau indah ini langsung menjadi sangat populer di kalangan penduduk lokal hingga mancanegara. Airnya yang jernih seperti cermin membuat danau ini tidak pernah sepi pengunjung. Dengan airnya yang jernih, danau terindah di dunia ini mampu menyuguhkan gambar atap goa kapur yang sangat unik. Bahkan gambar atap goa ini mampu memancarkan cahaya penuh warna mulai dari merah, hijau, ungu hingga kuning.

8. Danau Baikal, Rusia

Danau Baikal

Danau Baikal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Danau Baikal bersama dengan Danau Tahoe yang berada di Amerika Serikat merupakan danau air tawar terbesar di dunia. Menariknya lagi, Danau Baikal tidak hanya menjadi danau air tawar yang terbesar namun juga merupakan danau yang keberadaannya paling tua di dunia. Mereka yang pernah melihat langsung keindahan Danau Baikal menyatakan bahwa tidak satupun danau di dunia yang mampu menandingi keindahan Danau Baikal.

Keindahan Danau Baikal tidak bisa dilepaskan dari pemandangan alam di sekitarnya yang sangat luar biasa. Namun juga pada fenomena berubahnya air danau saat musim dingin dan musim panas. Pada saat musim dingin, air danau akan membeku sehingga terbentuk es tebal. Namun saat musim panas datang, air danau yang membeku menjadi es perlahan-lahan mencair. Pastikan datang dan melihat langsung keindahan danau terindah di dunia ini saat kamu jalan-jalan ke Rusia.

9. Danau Yucatan, Meksiko

Danau Yucatan

Danau Yucatan

Bisa jadi kamu sudah bosan melihat air yang menggenang di dalam goa. Namun saat melihat Danau Yucatan, kebosananmu akan segera sirna. Danau Yucatan tidak hanya sekedar genangan air di dalam goa, melainkan sebuah danau yang memiliki keunikan yang berbeda dari danau lainnya yang ada di dunia. Salah satu keunikannya adalah goa kapur yang mengelilinginya. Goa kapur ini merupakan goa yang berusia sangat tua dan telah terbentuk sejak puluhan juta tahun lalu.

Tidak jauh dari danau indah ini, terdapat tangga yang dapat digunakan untuk menyusuri keindahan danau. Danau terindah di dunia ini juga memiliki air yang sangat jernih tanpa tercemar apapun, sehingga pemandangan dasar danau yang indah bisa kamu lihat dengan mata telanjang. Selain itu, terdapat bagian terbuka pada atap dari goa kapur sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam dan menyinari air danau, sehingga warna air danau yang hijau kebiruan menjadi lebih bersinar.

10. Danau Plitvice, Kroasia

Danau Plitvice

Danau Plitvice

Dulunya Kroasia merupakan negara berkonflik yang hampir tidak pernah menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi para traveler. Namun sejak Kroasia lepas dari masa-masa terpuruknya, negara ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup diperhitungkan. Hal ini tidak lain karena keberadaan Danau Plitvice. Selain menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer di Kroasia, danau ini juga mampu menarik banyak turis mancanegara.

Keindahan danau ini tidak perlu diragukan lagi, terutama saat musim dingin. Salju-salju beku di sekelilingnya bisa membuat kamu kedinginan namun juga takjub. Sejauh mata memandang, kamu hanya akan melihat salju. Pepohonan di sekitar danau juga dipenuhi salju yang kemudian membentuk bayangan di permukaan air danau yang sangat mempesona. Pesona keindahan danau paling indah di dunia ini bahkan tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Nah, itulah tadi 10 danau terindah di dunia versi AnekaTop10.com. Danau mana yang menurut kamu paling indah? Atau kamu punya pilihan danau favorit lainnya? Share yuk!







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *