10 Danau Terindah di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

Danau Kelimutu
Share ke teman kamu

Berlokasi di kawasan khatulistiwa, Indonesia dikaruniai keindahan alam yang luar biasa. Tidak hanya keindahan gunung dan pantai saja yang membuat banyak orang terpesona, namun juga danau-danau yang menawarkan keindahan sekaligus berbagai macam fasilitas liburan yang menarik. Bagi kamu pecinta traveling, berikut adalah rekomendasi 10 danau terindah di Indonesia yang wajib menjadi destinasi liburan kamu selanjutnya:

1. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Meski nama danau yang berada di Pulau Kalimantan ini belum terlalu populer, namun keindahannya tentu tidak asing lagi dikalangan traveler pecinta wisata alam. Danau Labuan Cermin berada di Kalimantan Timur, tepatnya berada di Desa Labuan Kelambu. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, Danau Labuan Cermin memiliki air yang jernihnya seperti cermin. Dengan kedalaman air hanya sekitar 3 meter, kamu bisa menikmati keindahan yang tersimpan di bawah danau dengan mata telanjang.

Air yang jernih membuat danau ini memancarkan gradasi warna mulai dari biru muda, biru tua, hingga hijau toska dan putih. Gradasi warna ini pastinya akan membuat siapa saja terpesona hingga tertantang untuk melakukan snorkeling atau menyelam lebih dalam untuk menikmati dan membuktikan keindahan dasar danau terindah di Indonesia ini. Tidak hanya indah, Labuan Cermin juga menyimpan keunikan pada airnya. Bagian permukaan merupakan air asin sementara bagian dasar danau merupakan air tawar.

2. Danau Toba

Danau Toba

Danau Toba

Danau Toba telah menjadi ikon pariwisata daerah Sumatera Utara. Tidak hanya di kalangan traveler saja, namun nama Danau Toba telah populer di seluruh lapisan masyarakat Indonesia sebagai kawasan wisata yang indahnya luar biasa. Tidak hanya populer karena keindahan alamnya yang membuat danau ini dinobatkan sebagai salah satu danau terindah di Indonesia, namun Danau Toba juga dinobatkan sebagai danau terbesar di Indonesia yang sangat unik karena sejarahnya yang berkaitan dengan letusan gunung api.

Danau terindah di Indonesia ini merupakan kaldera yang terbentuk karena terjadinya letusan gunung api besar. Kaldera yang terbentuk ini berukuran luar biasa besar dengan panjang mencapai 100 km dan lebar hingga 30 km. Selama ini, kaldera tersebut selalu terisi air hingga mencapai kedalaman 450 meter. Pada bagian tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir yang sudah mulai sering dikunjungi wisatawan. Pulau ini masih sangat alami, hijau, dan memiliki kebudayaan asli suku batak kuno.

3. Danau Sentani

Danau Sentani

Danau Sentani

Eksotisme Papua tidak hanya terletak pada suku asli asmat yang masih terjaga budayanya, namun juga ditunjukkan oleh keindahan alam yang dimilikinya. Salah satu keindahan alam yang menjadi target favorit para traveler adalah Danau Sentani. Untuk sampai Danau Sentani, kamu harus menempuh jarak 50 km perjalanan dari Jayapura. Meski cukup jauh dari pusat kota, namun lamanya perjalanan sangat sebanding dengan keindahan dan pengalaman yang akan ditawarkan danau terindah di Indonesia ini.

Lokasi danau terindah di Indonesia ini berada di kawasan cagar alam Cycloop. Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa, Danau Sentani juga terkenal dengan keanekaragaman fauna air yang sangat khas. Mulai dari ikan gabus, hiu gergaji, hingga hiu sentani. Jika kamu ingin berkunjung ke salah satu danau terindah di Indonesia ini, disarankan untuk berkunjung pada pertengahan tahun karena biasanya pada waktu ini akan diselenggarakan Festival Sentani yang menyuguhkan atraksi budaya khas Suku Sentani.

4. Danau Paniai

Danau Paniai

Danau Paniai

Tidak cukup memiliki Danau Sentani, Papua masih menyimpan potensi keindahan alam lainnya. Jika kamu melakukan perjalanan ke Papua, pastikan untuk mengunjungi Danau Paniai setelah melihat langsung keindahan Sentani. Keindahan alam di Danau Paniai masih asli dan sangat terawat. Kamu bisa menikmati hijaunya pemandangan di sekitar danau, bersama tebing-tebing yang berdiri di sekeliling danau dengan kokoh, sembari melihat ke dalam air danau yang jernih.

Tidak hanya bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa, kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan air selama berada di Danau Paniai. Salah satu kegiatan air yang dapat kamu coba adalah memancing dengan memanfaatkan sewa perahu yang ada di sekitar danau. Cuaca dingin dan segar di sekitar danau akan membuat kamu betah memancing lama-lama. Bahkan, di sekitar danau juga terdapat fasilitas penginapan dengan variasi harga yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan dan budget.

5. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau yang terletak di Sumatera Barat dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Lokasi tepatnya di Tanjung Raya Kabupaten Agam, kurang lebih berjarak 140 km di sebelah utara Kota Padang. Danau ini sangat terkenal sebagai danau vulkanik yang terbentuk dari letusan Gunung Sitinjau. Bersama dengan keindahan Danau Maninjau, kamu juga dapat menikmati eloknya Puncak Lawang sebagai perbukitan tertinggi di sekitar danau terindah di Indonesia ini.

Letak Danau Meninjau berada pada ketinggian 460 meter di atas permukaan laut. Hal ini menjadikan perjalanan menuju Danau Maninjau tidaklah mudah. Untuk sampai ke danau terindah di Indonesia ini, kamu harus melewati kelok 44 yang merupakan jalan penuh kelokan tajam khas pegunungan. Meski penuh kelokan, namun kamu akan dibuat terpesona dengan pemandangan hutan hijau membentang indah di sepanjang perjalanan. Sampai di danau, kamu akan dipertemukan dengan keindahan alam sekitar danau yang luar biasa indah.



6. Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo

Biasanya para traveler akan sengaja singgah di Ranu Kumbolo dalam perjalanannya mendaki Gunung Semeru atau Gunung Bromo. Hal ini dikarenakan lokasi Ranu Kumbolo berada di kaki Gunung Semeru, lebih tepatnya berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang terletak di antara dua kabupaten yakni Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Tempat Ranu Kumbolo yang tersembunyi dan cukup sulit dijangkau membuatnya terkenal dengan sebutan Surga Tersembunyi.

Sebagai Surga Tersembunyi yang dinobatkan sebagai salah satu danau terindah di Indonesia, Ranu Kumbolo memiliki jalur trekking yang cukup menyulitkan. Namun perjalanan menyulitkan yang kamu tempuh akan terbayar lunas setelah melihat keindahan tersembunyi yang akan diberikan Danau Ranu Kumbolo. Sepanjang perjalanan kamu menuju Ranu Kumbolo, terdapat banyak pohon pinus dan cemara yang berjajar rapi seperti membentuk pagar. Pemandangan matahari terbit yang pelan-pelan muncul dari balik bukit akan membuat kamu lupa telah menempuh perjalanan sulit menuju Ranu Kumbolo.

7. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Pulau Lombok telah menjadi salah satu destinasi wisata wajib bagi mereka yang hobi traveling. Selain memiliki banyak pantai indah yang harus dikunjungi, Pulau Lombok juga memiliki Danau Segara Anak yang luar biasa mempesona. Danau Segara Anak berada di kawah Gunung Rinjani. Lokasi tepatnya berada di Desa Sembalun Lawang, Nusa Tenggara Barat. Danau yang berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut ini memiliki air yang berwarna biru mirip dengan air laut.

Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat Danau Segara Anak hanya dapat dicapai dengan perjalanan trekking yang sedikit melelahkan. Mereka yang hobi mendaki Rinjani, selalu menjadikan Segara Anak sebagai tempat istirahat beberapa saat sebelum melanjutkan pendakian. Selain pemandangan alamnya yang luar biasa, Segara Anak memiliki sumber air panas yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Selain itu, juga terdapat pohon keramat pengabul permohonan.

8. Danau Poso

Danau Poso

Danau Poso

Danau Poso telah berhasil menjadi salah satu danau terindah di Indonesia yang namanya dikenal hingga seluruh penjuru dunia bersama dengan Danau Toba. Danau indah ini telah menjadi kebanggaan masyarakat Poso karena keindahan yang tiada duanya dan besarnya yang berada di urutan ketiga danau terbesar di Indonesia. Lokasi tepat dari Danau Poso yang mempunyai kedalaman hingga 195 meter ini adalah berada di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa, Danau Poso juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki danau lainnya di Indonesia. Keunikan tersebut adalah hamparan pasir putih di tepian danau. Hal ini menjadikan Danau Poso mirip dengan pantai yang membuat setiap pengunjung rela bertelanjang kaki menikmati halusnya pasir Danau Poso. Di dekat danau juga terdapat wisata alam Bancea sebagai tempat konservasi anggrek paling besar di Indonesia.

9. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu

Keunikan Danau Kelimutu terletak pada tiga deretan danau yang ketiganya berada di puncak Gunung Kelimutu. Ketiga danau ini boleh saja terletak berdampingan, namun ketiganya justru memiliki warna air yang berbeda-beda. Masing-masing warna air Danau Kelimutu memiliki arti yang berlainan dan dipercaya memiliki kekuatan magis oleh penduduk lokal. Hal ini menjadikan semua wisatawan yang datang dibuat takjub sekaligus terpesona melihat danau terindah di Indonesia ini.

Selain memiliki kekuatan magis yang berbeda, ketiga danau tersebut juga dinamai berbeda. Danau paling timur bernama Tiwu Ata Polo. Sementara danau paling Barat dinamai Tiwu Ata Mbupu. Sedangkan danau bagian tengah dinamai Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Kawasan Danau Kelimutu seringkali berkabut sehingga dini hari adalah waktu paling tepat untuk melihat keindahan Kelimutu sembari menanti datangnya matahari terbit yang akan membuat air danau berkilauan.

10. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau Singkarak

Setelah Toba sebagai danau terluas di Indonesia, urutan kedua setelahnya diberikan kepada Danau Singkarak sebagai danau yang paling luas di Indonesia. Sebelum menjadi danau seperti sekarang, Danau Singkarak dulunya merupakan sebuah lautan luas yang membentang di Sumatera Barat. Lautan lepas ini menjadi hulu dari Sungai Batang Ombilin. Lokasi tepatnya Danau Singkarak berada di Kabupaten Solok Provinsi Sumetara Barat.

Lokasi yang berdekatan dengan jalan raya membuat Danau Singkarak mudah diakses. Kawasan ini juga ramai dengan pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar danau sekaligus melakukan beberapa kegiatan air yang seru. Kamu bisa berenang hingga memancing dan berkeliling danau dengan perahu kecil untuk menikmati setiap sudut keindahan Danau Singkarak. Jika beruntung, kamu bisa menangkap ikan Bilih sebagai spesies ikan khas yang hidup di Danau Singkarak.

Nah, itulah daftar 10 danau terindah di Indonesia versi AnekaTop10.com. Danau mana yang paling kamu suka? Atau kamu punya rekomendasi danau indah lain yang harus dikunjungi? Share yuk!







Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Danau Terindah di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *