10 Game PlayStation 1 Ini Bakal Bikin Kamu Kangen Masa Kecilmu

Harvest Moon Back To Nature
Share ke teman kamu

Apakah kamu generasi tahun 90an yang dulunya gemar bermain konsol game PlayStation 1? Masih ingat game apa saja yang dulu terkenal dan asik untuk dimainkan?

Konsol permainan PlayStation 1 atau sering kali disingkat PS1 adalah konsol game legendaris pada masa lalu yang telah mengisi masa muda sebagian besar orang yang saat ini sudah mulai beralih ke permainan game online. Karena sifatnya yang hanya bisa dimainkan secara offline dengan menyambungkan konsol ke TV, untuk memainkan konsol ini dengan asik kamu harus berkumpul ramai-ramai bersama teman kamu. Kalau kamu pernah merasakan kebersamaan melalui PS1, berarti masa kecilmu benar-benar masa yang bahagia!

Hingga kini, masih banyak orang yang ingin kembali ke masa kanak-kanak dengan cara mengulang kembali permainan yang pernah mereka mainkan sekian tahun lalu dengan menggunakan teknologi emulator pada komputer. Cara kerjanya cukup simpel, kamu hanya perlu mendownload software emulator, kemudian memasukan CD game PS1 kamu ke dalam komputer kamu. Alternatif lainnya adalah dengan mendownload file game PS1 versi digital.

Kalau kamu bisa main PS1 lagi, game apa yang akan kamu mainkan? Untuk mengingatkan kamu akan masa mudamu, kali ini kami akan membahas tentang 10 game PS1 yang pasti bakal bikin kamu kangen dan pengen kembali ke masa lalu.

1. Harvest Moon

Harvest Moon Back To Nature

Harvest Moon Back To Nature

Tidak diragukan lagi, game ini adalah game PS1 yang sangat membekas di hati pemainnya. Dengan konsep yang unik dimana kamu akan menjadi seorang pengurus peternakan, game ini mampu membuat orang dari semua kalangan ketagihan, termasuk para wanita!

Dalam game ini, kamu akan menjalani kehidupan sehari-hari seorang petani yaitu mengurus ladang yang bisa kamu tanami berbagai jenis sayuran sesuai dengan musim, menyirami tanamanmu setiap hari agar tidak layu, mengurus kuda, beternak sapi, memelihara ayam, menggunting bulu domba, hingga mencari rejeki di gunung dan tambang, memancing ikan di pantai, mengikuti festival menarik di desa, dan bahkan mengejar wanita idaman kamu.

Masih ingatkah kamu dengan wanita-wanita yang bisa kamu dapatkan hatinya di Harvest Moon Back to Nature? Siapa yang paling kamu suka? Apakah Ann yang tomboy tapi periang, Elli yang pemalu tapi manis, Karen yang cantik tapi tidak bisa memasak, Mary yang pendiam dan misterius, atau Popuri yang lucu dan polos?

2. Final Fantasy

Final Fantasy IX

Final Fantasy IX

Siapa sih yang enggak pernah coba main Final Fantasy di PS1? Game ini dulunya adalah game yang paling dinantikan oleh seluruh gamer PS1, terutama penggemar game dengan kategori RPG.

Final Fantasy pada jamannya adalah game dengan kualitas grafik 3D terbaik. Kalau dibandingkan dengan 3D jaman sekarang memang tidak ada apa-apanya, namun dulu game ini adalah game dengan grafik terindah di dunia. Masih ingatkah kamu betapa terpananya kamu ketika kamu menonton potongan jalan cerita dalam bentuk short movie di Final Fantasy IX?

Kisah cerita game Final Fantasy IX dengan tokoh utama Zidane Tribal, seorang bandit, dimulai dengan perjalanan Zidane yang berusaha menculik Princess Garnet. Sayangnya saat akan kabur, pesawat yang ditumpanginya terkena masalah dan kamu akan mendarat di Evil Forest. Cerita kemudian akan berkembang sampai kamu bertemu dengan berbagai karakter dan pada akhirnya harus menyelamatkan dunia.

Buat kamu yang suka dengan game taktik, Final Fantasy juga mempunyai seri Final Fantasy Tactics. Di game ini kamu dapat menggerakan beberapa karakter di sebuah medan tempur dengan sistem yang berbeda dengan sistem pertarungan Final Fantasy pada umumnya karena lebih memfokuskan pada strategi bertarung kamu.

3. Monster Rancher

Monster Rancher 2

Monster Rancher 2

Game simulasi ini akan menugaskan kamu untuk memelihara seekor monster. Dalam perjalananmu memelihara monster tersebut, kamu akan membesarkan dia dari lahir sampai tua, menjelajah dunia dengan monster kamu, dan juga bertarung dengan monster lain di arena.

Tidak seperti game lain pada umumnya, di game Monster Rancher 2 kamu akan mempunyai berbagai jenis tujuan memainkan game ini. Misalnya tujuan yang paling utama yaitu menamatkan cerita utama game dimana kamu harus memenangkan liga-liga tersulit dan kemudian melawan monster legendaris yang paling kuat. Tujuan lain yang menarik adalah untuk mengumpulkan semua jenis monster yang ada, bisa dengan cara menggabungkan monster yang kamu punya, atau dengan mengambilnya dari CD game / CD musik lain.

4. Suikoden

Suikoden 2

Suikoden 2

Game RPG yang satu ini adalah game RPG yang paling unik. Kenapa disebut paling unik? Hal ini dikarenakan fakta bahwa game RPG ini memiliki jumlah karakter yang bisa direkrut terbanyak, yaitu sebanyak 108 karakter berbeda. Dalam tim kamu sendiri, kamu bisa memilih 6 di antaranya untuk kamu bawa bertarung melawan musuh kamu.

Dalam game Suikoden 2, kamu akan bermain sebagai seorang anak muda yang merupakan bagian dari sebuah grup pasukan perang muda. Pada malam hari markas kamu akan diserang dan kamu harus melarikan diri. Pada proses melarikan diri ini, kamu akan terpisah dari teman kamu dan kamu akan memulai petualangan kamu sendiri.

Petualangan kamu akan dimulai sebagai manusia lemah yang disuruh membersihkan gudang, membersihkan lantai, dan lain-lain. Kemudian seiring berjalannya cerita, kamu akan mendapatkan sebuah kekuatan spesial dan lama kelamaan dipercaya untuk menjadi pemimpin pasukan pemberontak.

Menurut sebagian besar pemain Suikoden 2, bagian yang paling menarik adalah mengumpulkan seluruh karakter yang ada, dan juga menikmati cerita rahasia dan cerita tambahan, seperti misalnya cerita tentang Clive yang mengejar Elza, dan Hai Yo yang berusaha mempertahankan resep rahasia dengan cara memenangkan lomba memasak.

5. Tony Hawk’s Pro Skater

Tony Hawk's Pro Skater 2

Tony Hawk’s Pro Skater 2

Game yang unik ini akan mengajak kamu bermain sebagai atlet olahraga ekstrim skateboard. Tujuan utama dari game ini adalah menjadi orang terjago dalam bermain skateboard. Cara untuk mencapai gelar ini adalah dengan cara mempelajari macam-macam kombinasi gerakan yang sulit dilakukan dalam permainan skateboard. Semakin rumit kombinasi yang dapat kamu lakukan tanpa terjatuh, semakin tinggi pula poin yang akan kamu kumpulkan.

6. Mega Man X

Mega Man X

Mega Man X

Game ini dikenal juga dengan judul Rockman X dan merupakan sebuah game yang dibangun oleh Capcom. Di game ini kamu akan bermain sebagai X dan kamu harus berlari melewati sejumlah rintangan. Untuk dapat melewati rintangan dan mendapatkan berbagai jenis barang rahasia, kamu harus menembak, melompat, dan berlari dengan tepat. Nantinya pada ujung rintangan, kamu akan bertemu boss musuh yang mempunyai kemampuan berbeda-beda sehingga kamu harus mencari cara untuk dapat menghindari pola serangannya dan mengalahkannya.

7. Gran Turismo

Gran Turismo 2

Gran Turismo 2

Siapa sih pecinta game balapan jaman PS1 yang enggak tahu Gran Turismo? Ya, game balapan ini adalah game balapan yang paling populer pada jaman PlayStation dulu. Keunggulan utama dari game ini adalah banyaknya jenis mobil yang dapat kamu kendarai, dengan kualitas grafik yang sangat baik pada jamannya sehingga dapat memberikan pengalaman balapan yang seru.

Hal paling menarik dalam game ini adalah kamu akan mendapatkan sejumlah uang untuk kamu belikan mobil, bisa mobil baru ataupun mobil bekas, yang kemudian dapat kamu modifikasi sesuai keinginan dengan sisa uang kamu. Setelah itu kamu dapat ikut berbagai balapan dan mendapatkan uang lebih banyak ketika kamu memenanginya, dan kemudian menggunakannya untuk memperbaiki mobil lama kamu atau bahkan untuk membeli mobil baru yang lebih keren.

8. Crash Team Racing

Crash Team Racing

Crash Team Racing

Sesuai dengan namanya, Crash Team Racing adalah sebuah game balapan. Apa sih bedanya Crash Team Racing dengan game balapan lainnya? Kalau di Gran Turismo kamu bisa merasakan balapan yang sesuai dengan kenyataan, di Crash Team Racing kamu akan merasakan balapan yang tidak sesungguhnya. Kok bisa? Karena kamu akan mempunyai senjata dan kekuatan untuk menyerang musuhmu sambil balapan.

9. Bishi Bashi Special

Bishi Bashi Special

Bishi Bashi Special

Bishi Bashi Special adalah game PS1 yang paling asik dimainin rame-rame bareng temen kamu. Di game ini kamu bisa memilih berbagai jenis permainan seru dan lucu untuk kamu mainkan melawan teman kamu. Contoh permainan seru yang bisa kamu adu dengan teman kamu di antaranya: disco afro, adu makan, dance, tinju, menangkap hamburger jatuh, melawan mafia dengan karate, adu sulap, lempar-lemparan botol, melempar kue pengantin terjauh, adu cepat lari ke toilet, adu memancing di pulau tak berpenghuni, balapan mobil, lomba main gitar, dan masih banyak lainnya. Hati-hati saat bermain game ini karena kalau kamu terlalu nafsu untuk mengalahkan teman kamu, controller PS1 kamu bisa rusak!

10. Digimon World

Digimon World

Digimon World

Digimon adalah singkatan dari digital monster. Sesuai namanya, seri Digimon adalah tentang monster digital yang dapat mempunyai pelatih untuk terus berkembang menjadi lebih kuat. Game Digimon World di PS1 dikembangkan oleh Bandai dan menceritakan tentang seorang anak yang dibawa masuk ke dunia Digimon untuk diminta bantuannya dalam menyelamatkan dunia digital.

Dalam cerita Digimon World, para Digimon yang tinggal di kota Digimon kehilangan ingatannya dan menjadi Digimon liar yang berbahaya bagi kota. Tujuan kamu dalam game ini adalah untuk mengembalikan ingatan para Digimon dan membujuk mereka kembali ke kota. Dalam perjalananmu mengumpulkan kembali semua Digimon di kota, kamu harus melatih dan mengajak Digimon peliharaan kamu untuk berkeliling dunia digital. Jangan lupa membawa makanan dan pispot karena kamu akan membutuhkannya dalam perjalananmu!





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Game PlayStation 1 Ini Bakal Bikin Kamu Kangen Masa Kecilmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *