10 Gejala Ginjal Bermasalah Ini Harus Kamu Waspadai

Kehilangan nafsu makan
Share ke teman kamu

Di tengah padatnya gaya hidup masyarakat modern, tersimpan bahaya yang cukup mengkhawatirkan. Ritme kerja yang cepat menyebabkan kebanyakan orang seringkali tidak mendapatkan waktu istirahat dan asupan nutrisi yang cukup. Hal tersebut bisa memicu timbulnya penyakit berbahaya.

Ginjal merupakan salah satu organ yang paling sering terkena imbas dari gaya hidup serba cepat di zaman modern ini. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengatakan bahwa tak kurang dari 26 juta penduduk dewasa di negara adidaya tersebut mengalami penyakit ginjal. Namun yang mengejutkan, 90 persen di antaranya tak menyadari mereka sedang mengalami penyakit tersebut.

Apakah kamu termasuk salah satu di antaranya? Berikut 10 gejala ginjal bermasalah tahap awal yang bisa jadi referensimu.

1. Cepat lelah

Cepat lelah

Cepat lelah

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk mempercepat pembuangan kotoran dan racun dalam tubuh. Jika organ satu ini mengalami penurunan fungsi, maka dipastikan akan ada semakin banyak zat-zat berbahaya mengalir dalam darah. Sebagai akibatnya, tubuh bakal terasa cepat lelah, tidak bertenaga, dan amat sulit fokus. Gangguan fungsi ginjal juga berpotensi memunculkan penyakit anemia, yang memang kerap membuat penderitanya merasa lemah dan lelah.

2. Susah tidur

Susah tidur

Susah tidur

Sering merasa susah tidur meski sudah banyak melakukan aktivitas berat seharian? Hal tersebut mungkin merupakan salah satu tanda kamu terkena penyakit ginjal. Ginjal yang tidak bekerja dengan baik akan membuat tubuh dipenuhi dengan kandungan racun, yang pada gilirannya membuat kita lebih sulit beristirahat. Penelitian menunjukkan bahwa obesitas memiliki hubungan erat dengan penyakit ginjal parah. Mereka yang mengalami penurunan fungsi ginjal dipastikan bakal lebih sulit tidur di malam hari.

3. Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal

Ginjal yang sehat memiliki banyak fungsi penting. Organ tersebut akan membersihkan kotoran dan cairan berlebih dari dalam tubuh, membantu produksi sel darah merah, membuat tulang tetap kuat, dan menjaga kestabilan mineral di dalam tubuh. Kulit yang kering dan terasa gatal bisa jadi merupakan tanda penyakit berhubungan dengan mineral dan tulang, yang seringkali ada kaitannya dengan ginjal, ketika ginjal tidak bisa lagi menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi di dalam darah.

4. Lebih sering merasa ingin buang air kecil

Lebih sering merasa ingin buang air kecil

Lebih sering merasa ingin buang air kecil

Kamu merasa lebih sering ingin buang air kecil. Jika anda merasa demikian, terutama di malam hari, ini bisa menjadi pertanda penyakit ginjal. Ketika fungsi penyaringan yang ada di dalam ginjal rusak, hal tersebut bisa memancing tubuh untuk memberikan sinyal yang membuat kita merasa ingin terus buang air kecil. Buang air kecil terlalu sering juga bisa menjadi pertanda gangguan saluran kemih atau prostat pada pria.



5. Darah dalam urin

Darah dalam urin

Darah dalam urin

Kamu melihat darah dalam urin. Ginjal yang sehat pada umumnya akan mencoba menahan sel darah tetap berada dalam tubuh, sembari menyaring kotoran dari darah untuk menciptakan urin. Namun ketika ginjal rusak, sel darah tersebut mulai bocor dan masuk ke dalam urin. Sebagai tambahan, darah yang ikut keluar bersama urin juga bisa menandakan adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi.

6. Urin berbusa

Urin berbusa

Urin berbusa

Urin yang keluar dari tubuh banyak mengandung busa. Busa yang berlebih di dalam urin, terutama yang memaksa anda menyiram beberapa kali sebelum urin tersebut benar-benar hilang dari toilet mengindikasikan adanya protein di dalam urin. Busa tersebut mungkin terlihat seperti busa yang kamu lihat dalam telur yang sudah dikocok, mengingat protein yang ada di dalam urin, albumin, merupakan jenis protein yang sama seperti yang ada di telur.

7. Mata bengkak

Mata bengkak

Mata bengkak

Daerah di sekitar bola mata mengalami pembengkakan. Protein yang ada di dalam urin merupakan pertanda awal bahwa ginjalmu sudah mengalami kerusakan, hingga membuat protein ikut keluar bersama urin. Bengkak yang ada di sekitar bola mata bisa disebabkan fakta bahwa ginjal yang ada di dalam tubuh melepas terlalu banyak protein bersama urin, alih-alih menyimpannya di dalam tubuh.

8. Kaki bengkak

Kaki bengkak

Kaki bengkak

Engkel dan kaki terlihat bengkak. Menurunnya fungsi ginjal bisa menyebabkan retensi sodium, yang pada akhirnya bisa membuat kaki dan engkel terlihat bengkak. Gejala ini juga bisa menandakan munculnya penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, liver, atau masalah dalam pembuluh darah.

9. Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan

Kamu tidak lagi punya nafsu makan yang besar. Ini merupakan gejala yang amat umum, namun penumpukan racun yang terjadi dalam tubuh sebagai akibat dari kerusakan fungsi ginjal bisa menjadi salah satu penyebabnya.

10. Kram otot

Kram otot

Kram otot

Otot dalam tubuh mengalami kram. Kekurangan elektrolit dan kram bisa disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Sebagai contohnya, level kalsium yang lebih rendah dan kendali yang buruk atas kandungan fosfor di dalam tubuh pada gilirannya nanti akan mengakibatkan otot mengalami kram.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *