10 Gejala Penyakit Asam Urat yang Harus Kamu Ketahui

Munculnya tophi
Share ke teman kamu

Asam urat umumnya adalah penyakit yang diderita oleh orang lanjut usia, tetapi dengan gaya hidup saat ini yang cenderung tidak sehat, asam urat dapat menyerang siapa saja. Munculnya penyakit asam urat sendiri sebenarnya disebabkan karena mengkonsumsi zat purin dalam jumlah terlalu banyak. Zat purin adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup.

Jadi secara kronologis, setiap makhluk hidup memiliki kandungan zat purin dalam tubuhnya, nah, ketika kita mengkonsumsi makhluk hidup, zat purin ini berpindah dari tubuh makhluk hidup tersebut ke dalam tubuh kita. Sebenarnya beberapa sayur dan buah juga ada yang mengandung purin tetapi tidak sebanyak pada makhluk hidup.

Lantas seperti apa saja sih gejala penyakit asam urat itu? Simak 10 gejala asam urat di bawah ini.

1. Nyeri jempol kaki

Nyeri jempol kaki

Nyeri jempol kaki

Nyeri di jempol kaki adalah salah satu gejala asam urat yang paling menonjol. Dalam dunia medis, gejala asam urat ini disebut sebagai podagra, yang sering didiagnosis sebagai gout. Gout adalah jenis radang sendi atau arthritis yang penyebabnya adalah karena penumpukan kristal asam urat pada sendi.

Pada orang sehat, asam urat larut dalam darah menuju ginjal dan kemudian dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Tetapi untuk orang yang menderita gout, mereka menghasilkan terlalu banyak asam urat dan tidak dapat membuangnya keluar dari tubuh, sehingga bisa menumpuk di sendi jempol yang menyebabkan rasa sakit dan tubuh menjadi lemah.

2. Sensitif terhadap rasa nyeri

Sensitif terhadap rasa nyeri

Sensitif terhadap rasa nyeri

Setelah mengalami serangan gout, kamu mungkin akan mengalami nyeri sendi dalam jangka panjang pada jempol kaki karena penumpukan asam urat. Hal ini bisa terjadi pada satu titik sendi atau malah memancar ke ujung kaki, lutut, dan seluruh kaki.

Jika salah satu jari kaki yang mengalami gout, biasanya kamu akan mengalami nyeri di seluruh kaki. Rasa sensitif terhadap nyeri ini bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Nantinya kamu akan mengalami kesulitan untuk berdiri bahkan kesulitan untuk berjalan.

3. Pembengkakan

Pembengkakan

Pembengkakan

Jempol kaki adalah area serangan gout dan daerah menumpuknya asam urat, nantinya tubuh kamu akan mengalami peradangan masif sehingga menyebabkan area jempol kaki menjadi sangat bengkak. Sama halnya asam urat yang dapat menyebabkan nyeri menjalar mulai dari jempol kaki, betis, hingga tulang lutut, pembengkakkan ini juga akan menjalar mulai dari jempol kaki hingga tulang lutut. Jika salah satu kaki dan anggota tubuh bagian bawah sudah dipengaruhi oleh grout, maka seluruh kaki akan meradang, merah, dan terasa sangat menyakitkan.

4. Serangan nyeri secara tiba-tiba

Serangan nyeri secara tiba-tibaSerangan nyeri secara tiba-tiba

Serangan nyeri secara tiba-tiba

Kalau kamu menderita asam urat, maka kamu akan mengalami serangan nyeri secara tiba-tiba di jari-jari kaki, dan seluruh kaki, tetapi rasa sakit ini kemudian akan bergema ke seluruh tubuh. Berdiri atau berjalan dalam beberapa waktu udah nggak memungkinkan untuk kamu. Saat kamu mengalami serangan nyeri ini, bahkan saat ada orang berjalan di dekat kamu yang menyebabkan getaran di lantai, kamu akan merasakan sakit yang sangat luar biasa akibat getaran tersebut.

5. Nyeri saat malam hari

Nyeri saat malam hari

Nyeri saat malam hari

Waktu umum rasa nyeri akibat gout adalah saat malam hari. Serangan gout yang datang pada malam hari sering membuat tidur jadi nggak nyenyak. Saat nyeri ini melanda pada malam hari, bahkan untuk menggerakkan kaki kamu ke posisi tidur yang lebih baik aja susah banget. Untuk kamu yang biasa tidur dengan orang lain atau hewan peliharaan, kontak sedikit aja dengan mereka akan menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan.

6. Kulit menjadi kemerahan

Kulit menjadi kemerahan

Kulit menjadi kemerahan

Saat kamu mengalami peradangan dan pembengkakakn di sendi maka akan muncul garis-garis merah menyerupai infeksi di bawah kulit. Di daerah yang mengalami nyeri gout, kulit di sekitarnya akan berubah kemerahan, bahkan bisa menjadi ungu jika sudah parah. Untuk meredakan gejala asam urat ini, kamu bisa menggunakan metode RICE, dengan mengompres daerah yang kemerahan dan bengkak dengan menggunakan es batu.

7. Batu ginjal

Batu ginjal

Batu ginjal

Gout dapat menjadi kondisi yang luar biasa menyakitkan, tetapi kondisi ini dapat memicu gejala yang lebih menyakitkan yaitu batu ginjal. Penumpukan asam urat berlebih dalam tubuh mungkin nggak cuma menumpuk di bagian sendi tetapi juga di daerah saluran kemih. Penumpukan asam urat ini dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Gejala batu ginjal sendiri meliputi nyeri perut yang parah, keluar darah saat buang air kecil, dan juga sakit punggung.

8. Demam

Demam

Demam

Gejala awal gout dapat menyerang hanya satu sendi, tetapi selang beberapa waktu akan berpindah ke daerah lain di seluruh tubuh. Ketika gout menyebar ke beberapa area tubuh, maka tubuh kita akan mengalami demam. Penyebaran gout ke seluruh tubuh ini juga dikenal sebagai gout polyarticular dalam dunia medis. Demam yang kamu rasakan bukanlah demam tinggi, tetapi demam ringan yang diikuti oleh rasa lelah di seluruh badan, atau orang Jawa biasa menyebutnya meriang.

9. Kulit mengelupas

Kulit mengelupas

Kulit mengelupas

Salah satu efek samping dari adanya pembengkakan akibat serangan gout adalah kerusakan jaringan kulit. Tentunya ini sangat merugikan bagi wanita. Jaringan kulit yang rusak ini akan berada di daerah sekitar lokasi serangan gout.

Peradangan dan pembengkakan akumulasi dari asam urat sering menyebabkan kulit gatal, kering, terkelupas, atau bahkan iritasi. Dalam kasus yang ekstrem, daerah pembengkakan tersebut dapat menyebabkan kulit mengelupas, pecah-pecah, mengeluarkan cairan, sampai pendarahan.

10. Munculnya tophi

Munculnya tophi

Munculnya tophi

Asam urat bisa muncul di lebih dari satu area. Paling umum muncul di daerah persendian, seperti jempol atau jari. Tetapi bisa juga muncul di jaringan saraf lembut yang menyebabkan bengkak atau bintil di telinga, lengan, tangan, dan pergelangan kaki. Penumpukan di saraf lembut dalam dunia medis disebut tophi. Untuk mengidentifikasi tophi ini, biasa dilakukan dengan teknik biopsi. Caranya dengan mengambil sampel kristal dari bintil di badan.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *