10 Gejala Usus Buntu yang Harus Kamu Ketahui

Buang gas
Share ke teman kamu

Usus buntu terjadi ketika kantong cacing yang melekat pada usus besar mengalami peradangan. Menurut Michael Payne, yang merupakan ahli gastroenterologist dari Cambridge Health Alliance, usus buntu adalah penyakit yang sangat umum dan kebanyakan orang tidak merasa mengalami gejala usus buntu yang ekstrim, sehingga dokter harus benar-benar melakukan pemeriksaan yang detail untuk mendapat kepastian adanya penyakit ini.

Sesuai dengan yang dikatakan Michael, kali ini kami akan mengulas tentang 10 gejala usus buntu yang harus kamu waspadai:

1. Nyeri di perut

Nyeri di perut

Nyeri di perut

Rasa nyeri akibat penyakit usus buntu biasanya sering dialami di bagian kanan bawah perut. Tanda pertama kalau kamu terserang usus buntu adalah rasa nyeri di dekat area pusar yang kemudian menjalar ke perut bagian bawah. Rasa sakit ini akan semakin buruk ketika kamu menggerakkan kaki atau perut, sedang batuk, bersin, dan dalam kondisi tersentak saat mengendarai mobil yang bergelombang. Pada anak-anak atau wanita hamil, ada kemungkinan akan merasakan nyeri di bagian perut yang berbeda dari biasanya.

2. Rasa nyeri yang makin memburuk

Rasa nyeri yang makin memburuk

Rasa nyeri yang makin memburuk

Setelah kamu merasakan rasa sakit di bagian bawah perut, rasa nyeri ini akan semakin intens. Banyak pasien usus buntu mengaku kalau rasa nyeri berkepanjangan ini meninggalkan rasa sakit yang belum pernah mereka rasakan. Bukan seperti rasa sakit pada umumnya, saat kamu tidur nyeri ini masih akan terus berlanjut. Bahkan dalam waktu tertentu, rasa sakit ini dapat meningkat dengan cepat, dan jangan harap kamu bisa tidur nyenyak.

3. Demam ringan dan menggigil

Demam ringan dan menggigil

Demam ringan dan menggigil

Gejala usus buntu sering tidak terlihat karena memiliki tanda-tanda seperti sakit pada umumnya. Salah satu gejala sepele penyakit ini adalah demam ringan disertai dengan menggigil dan badan gemetar. Dr. Payne mengatakan bahwa, jika kamu merasakan sakit perut disertai dengan demam tetapi masih bisa berdiri tegak, kamu nggak perlu khawatir terserang usus buntu. Lain halnya kalau kamu mengalami demam disertai sakit perut yang parah sampai-sampai kamu nggak bisa berdiri tegak, bisa jadi kamu sedang mengalami gejala usus buntu. Saat kamu mulai merasakan tanda-tanda usus buntu, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter terdekat.

4. Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan

Saat kamu mengalami gejala usus buntu, dalam waktu beberapa hari nafsu makan kamu akan turun disertai dengan rasa mual dan ingin muntah, serupa dengan gejala orang yang sedang sakit perut atau maag. Jika kejadian ini semakin hari terus berulang bahkan keadaan makin buruk yaitu disertai dengan muntah dalam kurun waktu 12 jam dan diare selama beberapa hari, segeralah mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi yang kamu alami karena ada kemungkinan hal tersebut adalah ciri-ciri usus buntu.

5. Diare

Diare

Diare

Dalam banyak kasus penyakit usus buntu, sakit perut yang parah biasanya akan disertai dengan diare. Cairan yang dibuang oleh tubuh juga berbeda dengan diare pada umumnya, karena bersifat lebih kental seperti lendir yang intens. Kalau kamu mengalami kejadian ini sebaiknya segera mencari bantuan medis atau menghubungi dokter yang terpercaya karena ini adalah salah satu gejala usus buntu yang harus kamu waspadai.

6. Kembung

Kembung

Kembung

Kembung setelah makan 5 potong pizza dan beer atau saat masuk angin adalah hal yang wajar. Kondisi ini nggak akan berlangsung lama. Paling-paling dikasih minum air hangat atau dioles minyak kayu putih lama-lama akan reda dengan sendirinya. Berbeda dengan kasus pada penderita usus buntu. Kondisi perut kembung yang dialami penderita usus buntu akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, bahkan bisa sampai berhari-hari. Perut akan terasa semakin berat dengan disertai rasa nyeri di daerah usus.

7. Buang gas

Buang gas

Buang gas

Saat kamu mengalami kembung biasanya kondisinya akan disertai dengan buang gas yang lumayan sering. Gejala ini serupa dengan saat kamu terserang masuk angin. Bedanya, kalau kamu masuk angin setelah perut dioles minyak kayu putih dan minum air hangat lama-kelamaan akan menghilang. Sedangkan pada kasus usus buntu, kejadian ini akan berlangsung terus menerus dalam waktu berhari-hari disertai dengan rasa nyeri di bagian kanan bawah perut.

8. Timbul rasa nyeri saat bergerak

Timbul rasa nyeri saat bergerak

Timbul rasa nyeri saat bergerak

Nantinya, rasa sakit yang terkait dengan gejala usus buntu akan menjadi makin parah, sehingga bisa menghambat gerakan tubuh kamu. Saat kamu sedang bersin atau batuk, bagian tersebut juga akan terasa sangat menyakitkan. Jika diibaratkan rasa nyeri ini sama dengan rasa nyeri setelah tulang rusuk patah. Melakukan gerakan kinetik juga dapat menyebabakan nyeri tajam di perut. Rasa nyeri ini akan menyebar hingga daerah kaki yang benar-benar membuat kamu tersiksa.

9. Mual ringan

Mual ringan

Mual ringan

Bukan cuma gejala hamil saja yang akan membuat kamu mual-mual, usus buntu juga memiliki gejala mual. Bahkan mual yang kamu rasakan bisa mendahului munculnya sakit perut. Dalam beberapa kasus radang usus buntu, sakit perut yang tajam akan muncul setelah kamu mengalami mual dan muntah secara spontan. Kamu patut mencurigai serangan usus buntu apabila rasa mual tersebut berlangsung lama disertai dengan muntah hampir 24 jam. Jika gejala ini muncul segeralah mengunjungi dokter untuk memastikan ada tidaknya serangan usus buntu.

10. Rebound Tenderness

Rebound Tenderness

Rebound Tenderness

Rebound Tenderness adalah kondisi di mana kamu akan merasakan nyeri saat perut bagian kanan bawah ditekan selama beberapa detik dan kemudian dilepaskan. Kamu akan merasakan rasa sakit yang menusuk-nusuk, ketika tangan mulai dilepaskan dari perut. Gejala usus buntu ini biasanya menjadi gejala pertama yang diantisipasi oleh dokter sebelum muncul gejala lainnya. Dokter biasanya akan menggunakan gejala ini sebagai identifikasi awal apakah seseorang tersebut sedang memberikan tanda-tanda usus buntu atau tidak.





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Gejala Usus Buntu yang Harus Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *