10 Gunung Terindah di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

Gunung Prau
Share ke teman kamu

Karena terletak di daerah dengan iklim tropis, Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah keindahan gunung yang spektakuler dan tiada duanya di dunia. Jika kamu adalah penikmat pemandangan alam, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk menikmati pemadangan indah yang disajikan oleh puncak-puncak gunung di Indonesia.

Indonesia memiliki ratusan gunung dengan pemandangan menawan yang dapat kamu nikmati saat telah tiba di puncak. Dari ketinggian tersebut, sunrise akan terlihat begitu menawan karena biasan sinar matahari pagi akan menyelimuti kaki dan tubuh gunung dengan lembut. Banyak pendaki gunung yang dengan susah payah berusaha melalui medan sulit hanya untuk menikmati pemandangan cantik ini.

Apakah kamu juga ingin merasakannya? Jika iya, kamu sebaiknya memilih salah satu dari 10 gunung terindah di Indonesia yang ada di bawah ini.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Pulau Lombok yang berlokasi tak jauh dari Bali memang terkenal dengan kekayaan alamnya, salah satu tempat wisata alam yang paling terkenal di Lombok adalah Gunung Rinjani. Gunung terindah di Indonesia ini sangat populer di telinga para pendaki Indonesia dan juga pendaki dunia karena gunung ini telah berhasil mendapat gelar sebagai tempat trekking terbaik di Asia Tenggara. Wow!

Apa yang membuat gunung ini begitu spesial? Ternyata, pemandangan yang bisa dinikmati dari Gunung Rinjani memang sangat indah. Gunung terindah di Indonesia ini memiliki hamparan sabana dengan bunga edelweiss yang banyak ditemui di sana. Sunrise yang muncul dari balik gunung terindah di Indonesia ini juga sangat menggoda untuk dilihat.

Namun, primadona sesungguhanya dari Gunung Rinjani yang berhasil memikat hati para pendaki adalah Danau Segara Anak. Segara Anak merupakan danau alami yang terbentuk di atas gunung. Danau indah ini memiliki air yang sangat jernih. Keindahan Danau Segara Anak dapat kamu nikmati dari puncak gunung ataupun dari tepi danau.

Hal menarik yang ditawarkan Danau Segara Anak adalah sebuah gunung yang terdapat di tengah danau. Gunung tersebut adalah Gunung Barujari, sebuah gunung kecil yang berada di tengah Danau Segara Anak. Kamu ingin membuktikan keindahan gunung terindah di Indonesia ini? Jangan ragu untuk berkunjung ke tempat wisata ini saat liburan selanjutnya!

2. Gunung Jaya

Gunung Jaya

Gunung Jaya

Gunung yang tidak ada duanya di Indonesia ini terletak di provinsi Papua, Indonesia. Mengapa disebut sebagai gunung yang tidak ada duanya di Indonesia? Karena gunung ini merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya diselimuti oleh salju.

Meskipun berada di daerah tropis, gunung terindah di Indonesia ini dapat terselimuti oleh salju karena ketinggiannya yang fantastis, yaitu 4.884 meter atau setara dengan 16.024 kaki. Jika sebelumnya kamu sudah sering melakukan pendakian, maka pendakian yang akan kamu alami di gunung ini akan terasa sangat berbeda karena pemandangan lekuk gunung yang bersalju hanya akan kamu dapatkan di gunung ini!

3. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Nama Gunung Bromo sudah lama mengaum di telinga wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung terindah di Indonesia ini telah berhasil menjadi salah satu primadona wisata di Jawa Timur. Apabila kamu ingin merasakan sensasi berada di ‘negeri di atas awan’, kamu harus datang ke sini.

Pemandangan sunrise yang disajikan Gunung Bromo yang sangat mempesona telah tersebar sampai ke seluruh dunia. Oleh karena itu, jangan heran jika kamu bertemu banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke gunung terindah di Indonesia ini. Jalur pendakian gunung ini relatif mudah, sehingga bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu yang belum pernah merasakan nikmatnya wisata mendaki gunung sebelumnya. Kalau kamu memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, kamu dapat mengunjungi gunung ini dengan melewati jalan yang telah diaspal.

4. Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu

Sebuah perwakilan keindahan alam dari Nusa Tenggara Timur. Gunung terindah di Indonesia ini memiliki kawah danau dengan tiga warna yang terletak di puncaknya. Sesuai dengan namanya, danau kawah ini memiliki tiga warna yang berbeda yaitu merah, biru, dan putih. Menarik bukan?

Keindahan danau kawah yang unik ini telah sukses menarik berbagai orang dari segala penjuru dunia. Tidak hanya pendaki, para geologis, wisatawan biasa, dan pasangan yang akan melaksanakan foto pre-wedding tertarik untuk mengunjungi Gunung Kelimutu karena pesona danau kawahnya. Tidak semua gunung di dunia memiliki keunikan seperti ini lho. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke salah satu gunung terindah di Indonesia ini?

5. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan salah satu dari 10 gunung terindah di Indonesia yang telah populer hingga ke ujung dunia. Selain terkenal karena keindahannya, gunung ini juga terkenal dengan gelar gunung tertinggi di Pulau Jawa. Keindahan dan daya tarik utama dari gunung yang berhasil menarik minat para pendaki untuk berkunjung adalah Ranu Kumbolo yang sangat populer. Karena kepopulerannya, Ranu Kumbolo sering dijadikan lokasi syuting beberapa film nasional.

Apabila kamu ingin melihat hamparan tanah Jawa dari puncak tertinggi Semeru, kamu dapat menempuh beberapa kilometer lagi untuk sampai di puncaknya, yaitu Mahameru. Keindahan Mahameru tidak perlu kamu ragukan lagi. Selain rasa puas, kamu juga dapat menikmati keindahan luar biasa dari puncak tertinggi di Jawa.

6. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di provinsi Jawa Tengah. Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang patut kamu singgahi.

Ada beberapa pilihan jalur pendakian di Gunung Merbabu. Salah satunya adalah jalur selo. Jika kamu ingin menikmati pemandangan terbaik yang dapat ditawarkan gunung terindah di Indonesia ini, sebaiknya kamu memilih untuk melewati jalur selo karena jalur ini akan mengantar kamu menikmati hamparan sabana indah khas Gunung Merbabu.

Selain itu, sepanjang jalan menuju puncak, kamu akan menikmati keindahan dari 5 kawah sekaligus. Kawah-kawah tersebut adalah Kawah Condrodimuko, Kendang, Kombang, Sambernyowo, dan Rebab. Belum lagi ditambah dengan dua puncak yang bisa kamu taklukkan, yaitu Puncak Syarif, dan Tianggulasi. Sepulang dari mendaki gunung indah ini, bisa dipastikan kamu akan ‘kekenyangan’ dengan setumpuk penuh keindahan alam yang disuguhkan oleh Gunung Merbabu.

7. Gunung Tambora

Gunung Tambora

Gunung Tambora

Di balik sebuah musibah pasti ada hikmah. Kata-kata ini mungkin sesuai untuk menggambarkan keindahan Gunung Tambora. Mengapa bisa begitu? Karena letusan Gunung Tambora pada tahun 1815 menghilangkan puncak gunung tersebut. Sebagai gantinya, lahirlah kaldera terbesar di Indonesia. Dengan dihiasi danau di tengah-tengahnya, keindahan gunung terindah di Indonesia ini tidak bisa diragukan lagi. Kamu juga dapat melihat bunga-bunga edelweiss dan gurun pasir yang terhampar luas di kawasan ini.

8. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Terletak di Sumatera, gunung ini berhak menempati posisi kedelapan dari daftar 10 gunung terindah di Indonesia versi AnekaTop10.com. Jalur pendakian yang terdapat di gunung indah ini cukup bervariasi, mulai dari jalan beraspal, berpasir, berbatu, hingga adanya tanjakan dengan sudut kemiringan sebesar 60 derajat.

Kamu dapat melihat keindahan alam yang tidak terbantahkan di puncak gunung ini. Samudera Hindia dapat kamu lihat dengan jelas dari puncak gunung ini. Tidak hanya itu, pemadangan kota Padang, Bengkulu, dan Jambi juga dapat kamu nikmati di sini. Jika kamu pergi ke gunung ini, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di Danau Bento. Danau ini memiliki warna hijau jernih yang akan memanjakan mata kamu. Kamu tentu tidak ingin pulang tanpa membawa satupun foto dari keindahan-keindahan fantastis ini bukan?

9. Gunung Prau

Gunung Prau

Gunung Prau

Gunung yang sangat cantik ini adalah primadona bagi wisatawan luar negeri karena merupakan salah satu tempat menikmati sunrise terbaik di Asia Tenggara. Para pendaki profesional sering menyebutnya sebagai golden sunrise, sebuah pemandangan sunrise yang terlihat layaknya sinar emas.

Gunung ini juga memiliki hamparan bukit kecil yang indah seperti yang pernah kamu saksikan di film Teletubies. Jadi, jangan heran apabila banyak orang yang menyebut bukit tersebut sebagai Bukit Teletubies. Tempat wisata unik seperti ini berhasil menjadikan Gunung Prau sebagai salah satu gunung terindah di Indonesia.

10. Gunung Gede

Gunung Gede

Gunung Gede

Spot menarik di Gunung Gede adalah Alun-alun Suryakencana. Jangan membayangkan kamu akan menemui sebuah lahan paving kotak dengan lampu-lampu dan air mancur di tengahnya ya. Mengapa begitu? Jawabannya adalah karena Alun-alun Suryakencana merupakan sebuah padang rumput yang dihiasi oleh bunga edelweiss di sana-sini. Berada di ketinggian 2.750 mdpl, gunung indah ini telah menjadi salah satu gunung yang paling sering disinggahi wisatawan di Jawa Barat. Pasalnya, keindahan bunga edelweiss di kawasan ini sangatlah sempurna untuk dipandang. Jika kamu ingin menikmati hawa sejuk gunung dengan ditemani oleh bunga edelweiss yang cantik, maka tempat wisata ini adalah tempat yang paling sempurna untuk kamu.

Nah, itulah daftar 10 gunung terindah di Indonesia versi AnekaTop10.com. Apakah kamu pernah mendaki gunung tersebut? Atau kamu punya rekomendasi gunung indah lainnya di Indonesia yang harus didaki? Share yuk!





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *