Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Gunung Tertinggi di Dunia yang Wajib Kamu Ketahui

Bagikan

Keindahan alam yang ada di dunia ini terdiri dari berbagai macam bentuk. Mulai dari laut, hutan, danau, hingga gunung-gunung yang membentuk pegunungan. Dalam artian umum, gunung sendiri merupakan penampakan alam dengan visual yang menonjol di atas permukaan tanah. Biasanya, gunung memiliki keadaan suhu yang lebih dingin serta kontur yang lebih curam bila dibandingkan dengan bukit, dan mempunyai tinggi hingga beribu-ribu meter di atas permukaan air laut.

Mau tau apa aja gunung tertinggi di dunia? Berikut ini ialah daftar gunung tertinggi di dunia dari nomor 1 hingga 10.

1. Gunung Everest

Gunung Everest
Gunung Everest

Gunung tertinggi di dunia yang dikenal dengan nama Sagarmatha di Nepal dan Chomolungma di Tibet ini berlokasi di antara Nepal dan Tibet, dan memiliki ketinggian hingga 8.850 meter di atas permukaan air laut. Namun, ada begitu banyak variasi mengenai pengukuran tinggi gunung tertinggi di dunia ini. Hal ini dikarenakan pemerintah China – Nepal belum mengesahkan ukuran tinggi Gunung Everest secara resmi, sehingga hingga kini ketinggiannya masih dianggap seperti yang disebutkan di atas.

Iklan

Gunung yang masuk sebagai salah satu dari Seven Summits dan Eight-thousander dunia membuat banyak pendaki professional merasa tertantang dan ingin menaklukannya seperti misalnya Tenzing Norgay dan Edmund Hillary. Awalnya, pada tahun 1856 saat Gunung Everest pertama kali di ukur, gunung ini memiliki ketinggian 8.839 meter di atas permukaan air laut atau sekitar 29.000 kaki.

Lalu kini, melalui perkiraan umum, Gunung Everest dicatat memiliki ketinggian 8.850 meter di atas permukaan air laut. Hasil ini didapat melalui bacaan Sistem Posisi Global / Global Positioning System (GPS) dan dianggap akan terus bertambah seiring adanya pergerakan lempeng tektonik.

2. Gunung K2 (Chogori)

Gunung K2
Gunung K2

Pada urutan kedua di daftar 10 gunung tertinggi di dunia ada sebuah gunung yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya juga, tepatnya di kawasan Karakoram, yakni di antara Pakistan dan China. Tinggi gunung tertinggi di dunia urutan kedua ini mencapai 8.611 meter di atas permukaan air laut atau sekitar 28.251 kaki.

Gunung tertinggi di dunia ini juga dikenal dengan nama Gunung Godwin Austen, sesuai degan nama orang yang pertama kali mendakinya. Namun tak hanya itu, Gunung K2 juga diberi nama Qogir, Lamba Pahar, Kechu, Ketu, Dapsang, dan lain sebagainya.

Iklan

Mungkin memang kebanyakan pendaki ingin menjajal Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia nomor 1, bahkan ada yang nekat merogoh kocek dalam untuk mendaki gunung ini. Hanya saja, nyatanya jika dibandingkan dengan Gunung K2, rupanya pendaki yang berani menjajal K2 dianggap jauh lebih pantas mendapatkan trofi dikarenakan gunung paling tinggi du dunia urutan kedua ini juga dianggap sebagai gunung termaut di dunia. Tercatat pada tahun 2004, hanya 246 orang berhasil mendaki hingga puncak, dan tercatat pula sebanyak 56 orang meninggal dunia saat mencoba mendakinya.

3. Gunung Kangchenjunga

Gunung Kangchenjunga
Gunung Kangchenjunga

Masih berada di daerah sekitar Nepal, kini Gunung Kangchenjunga menempati urutan ketiga pada daftar 10 gunung tertinggi di dunia. Kangchenjunga atau kerap juga disebut dengan nama Kanchenjunga ini memiliki ketinggian 8.586 meter di atas permukaan air laut dan separuh bagiannya berada di Nepal dan separuhnya lagi di berada di Sikkim, India. Masuk ke dalam daftar Eight-thousander dan Ultra-prominent peak dunia membuat pendaki menjadi penasaran bagaimana rasanya menaklukan salah satu gunung tertinggi di dunia ini.

Selain tercatat sebagai gunung yang paling tinggi urutan ketiga di dunia, rupanya Kangchenjunga juga tercatat sebagai gunung tertinggi nomor 2 di Nepal. Namanya memiliki arti “Lima Harta Karun Salju” dikarenakan gunung indah ini memiliki 5 puncak dan empat di antaranya ternyata mencapai ketinggian hingga lebih dari 8.450 meter.

4. Gunung Lhotse

Iklan
Gunung Lhotse
Gunung Lhotse

Gunung yang berada di Nepal – China (Tibet) ini memiliki ketinggian hinga 8.516 meter di atas permukaan air laut atau 27.940 kaki dan menduduki peringkat keempat dari daftar 10 gunung tertinggi di dunia. Pendaki pertama yang tercatat berhasil mendaki gunung tinggi ini pada tanggal 18 Mei 1956 bernama Fritz Luschinger dan Ernst Reiss.

Selain itu, Gunung Lhotse ternyata juga merupakan salah satu gunung yang paling sulit untuk didaki dan ditaklukan. Terhitung pada tahun 2001, Lhotse akhirnya berhasil ditaklukkan kembali oleh tim ekspedisi dari Rusia.

5. Gunung Makalu

Gunung Makalu
Gunung Makalu

Masih berada di perbatasan Nepal dan China, kurang lebih 19 km ke arah tenggara dari Gunung Everest yang telah dinobatkan sebagai puncak gunung tertinggi dunia. Ketinggian Gunung Makalu ini mencapai 8.462 meter di atas permukaan air laut atau setara dengan 27.762 kaki.

Iklan

Gunung Makalu juga dianggap sebagai salah satu gunung yang paling sulit didaki di dunia. Alasannya yakni karena ketinggian yang luar biasa, ditambah dengan jalur pendakian yang terhitung curam. Usaha pendakian yang pertama kali dicatat dilakukan pada tahun 1954, hanya saja baru satu tahun kemudian gunung ini sukses didaki oleh tim ekspedisi dari Perancis.

6. Gunung Cho Oyu

Gunung Cho Oyu
Gunung Cho Oyu

Masih di sekitaran Nepal dan Tibet, kini giliran Gunung Cho Oyu yang berhasil menduduki peringkat keenam gunung tertinggi di dunia. Cho Oyu atau Dewi Turquoise ini terletak tak jauh di arah barat dari Gunung Everest dan Gunung Lhotse. Selain menempati urutan keenam gunung paling tinggi di dunia, rupanya Gunung Cho Oyu juga menempati urutan keempat gunung tertinggi di bagian Khumbu, Nepal Timur, dan sepanjang perbatasan Tibet.

Belum lama ini, Gunung Cho Oyu berhasil menjadi salah satu gunung yang paling dilirik oleh para pendaki profesional. Hal ini dikarenakan pendakian ke puncaknya yang tak sesulit lima gunung tertinggi di dunia lainnya. Selain itu, Gunung Cho Oyu juga memiliki jaringan atau trek tetap yang bisa dilalui pendaki untuk menuju puncak. Untuk pendaki yang ingin sensasi berbeda saat mendaki gunung, gunung ini juga dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan four wheel drive.

7. Gunung Dhaulagiri

Iklan
Gunung Dhaulagiri
Gunung Dhaulagiri

Nepal belumlah bosan menunjukkan betapa megahnya kenampakan alam berupa gunung di daerahnya yang indah, gagah, dan seolah sulit dijamah. Pada peringkat ketujuh dari daftar 10 gunung tertinggi di dunia, ada Gunung Dhaulagiri dengan ketinggiannya yang mencapai 8.167 meter di atas permukaan air laut atau sekitar 26.795 kaki. Gunung tinggi ini terdapat di Nepal, dari Sungai Kaligandaki kurang lebih 120 km ke arah Bheri.

Nama Dhaulagiri diambil dari Dhawala dalam bahasa Sansekerta yang memiliki arti putih, cantik, dan mengagumkan, dan juga dari kata Giri yang memiliki arti Gunung.

8. Gunung Manaslu

Gunung Manaslu
Gunung Manaslu

Gunung yang terletak di Nepal ini mendapatkan tempat di urutan delapan gunung tertinggi di dunia. Letaknya di Mansiri Himal, yang merupakan bagian dari Pegunungan Himalaya di Nepal. Sama seperti Dhaulagiri, nama Gunung Manaslu juga diambil dari bahasa Sansekerta, yang mana memiliki arti gunung jiwa.

Iklan

Gunung yang juga dikenal dengan nama Gunung Kutang ini memiliki ketinggian hingga 8.163 meter di atas permukaan air laut atau setidaknya 26.781 kaki di atas permukaan air laut. Gunung Manaslu pertama kali didaki pada tanggal 9 Mei 1956 oleh tim ekspedisi Jepang, Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu. Mereka mengatakan, “Seperti halnya orang Britania yang menganggap Everest adalah gunung mereka, maka Manaslu adalah gunung kami (orang Jepang).”

9. Gunung Nanga Parbat

Gunung Nanga Parbat
Gunung Nanga Parbat

Di urutan sembilan gunung tertinggi di dunia, kali ini kita akan menepi sebentar ke Pakistan dan kamu akan menemukan kenampakan alam yang ketinggiannya mencapai 8.126 meter di atas permukaan air laut atau setara dengan 26.660 kaki. Gunung ini dianggap sebagai salah satu gunung kebanggaan Pakistan dan terletak di sebelah utara negara tersebut. Arti dari Nanga Parbat adalah gunung telanjang.

Sama halnya seperti Gunung K2, Gunung Nanga Parbat memiliki medan pendakian yang berat. Saking sulitnya medan yang disuguhkan oleh Nanga Parbat, gunung ini lantas mendapatkan julukan sebagai gunung pembunuh.

10. Gunung Annapurna

Gunung Annapurna
Gunung Annapurna

Di urutan terakhir, Nepal menutupnya dengan koleksi gunung tinggi yang memiliki ketinggian 8.091 meter di atas permukaan air laut atau sekitar 26.545 kaki. Gunung ini masuk dalam jajaran Pegunungan Himalaya dan dikenal dengan nama lain yakni Annporna dan Morshiadi.

Gunung Annapurna memiliki beberapa puncak dan salah satunya mencapai ketinggian hingga 8.000 meter di atas permukaan air laut, sedangkan tiga belas puncak lainnya mempunyai ketinggian lebih dari 7.000 meter di atas permukaan air laut atau setara dengan 23.000 kaki. Tak hanya itu saja, 16 puncak gunung lainnya mempunyai tinggi lebih dari 6.000 meter di atas permukaan air laut atau sama dengan 20.000 kaki.

Mengikuti Gunung K2, Kangchenjunga, dan Nanga Parbat, rupanya Gunung Annapurna juga dianggap sebagai salah satu gunung dengan potensi maut tertinggi. Tercatat hingga Maret 2012, sudah ada setidaknya 191 korban dari pendakian Gunung Annapurna.

Nah, itulah daftar gunung tertinggi di dunia dari AnekaTop10.com. Apakah kamu berani mendaki gunung tersebut sampai puncaknya?

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan