10 Hal Kecil Ini Akan Membuat Hidup Kamu Bahagia

Tertawa
Share ke teman kamu

Ada sebuah pepatah mengatakan “Jangan mengajarkan anakmu untuk menjadi kaya, tetapi ajarkan ia untuk menjadi bahagia”. Di tengah kehidupan modern ini, kebanyakan orang menjadi susah untuk bahagia. Hal ini mungkin karena sejak kecil kita tidak benar-benar diajarkan bagaimana caranya untuk menjadi bahagia.

Padahal, dalam hidup yang hanya sekali ini apa sih yang layak kita kejar selain kebahagiaan? Standar kebahagiaan masing-masing orang memang berbeda, tetapi untuk mencapai kebahagiaan itu nggak sulit kok sebetulnya. Percaya deh, bahagia itu sederhana kok. Sesederhana 10 cara hidup bahagia ini:

1. Tertawa

Tertawa

Tertawa

Why so serious? Menyikapi masalah dalam hidup nggak melulu harus serius. Terkadang, nggak ada salahnya loh menertawakan kobodohan diri sendiri dari pada menyesalinya berlarut-larut.

Banyak tertawa memberikan efek yang lebih positif pada hidup kita. Nggak heran kalau pasangan yang lebih banyak tertawa dan menertawakan kesalahan-kesalahan mereka sendiri jauh lebih awet hubungannya dibandingkan pasangan yang serius dan sering mempermasalahkan hal sepele. Banyak tertawa itu bisa bikin hidup kamu lebih bahagia.

2. List hal-hal yang pantas kamu syukuri

List hal-hal yang pantas kamu syukuri

List hal-hal yang pantas kamu syukuri

Orang tua sering manasehati kita untuk banyak-banyak bersyukur atas apa yang telah kita terima. Dan nasehat ini memang ada benarnya. Semakin banyak kamu bersyukur, semakin besar pula kesempatan kamu untuk berbahagia.

Daripada mengeluh tentang hal-hal buruk yang terjadi, lebih baik buatlah daftar hal-hal yang patut kamu syukuri setiap harinya. Dibanding mengeluh soal macet dan gaji yang kurang, lebih baik bersyukur hari ini Tuhan masih mengizinkan kita bernapas dan masih memberi nikmat berupa kesehatan sehingga kamu bisa mencari rezeki lebih banyak lagi.

3. Cintai diri sendiri

Cintai diri sendiri

Cintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri itu penting! Gimana orang lain mau cinta sama kamu kalau kamu sendiri nggak cinta sama diri kamu?
Pada dasarnya setiap orang itu unik, karena manusia diciptakan berbeda satu dengan lainnya. Jadi nggak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain. Kamu sempurna dengan kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Kamu patut mencintai dan menghargai diri kamu sendiri.

4. Olahraga setidaknya tujuh menit dalam sehari

Olahraga

Olahraga

Dalam sebuah penelitian The Happiness Advantage, ada tiga kelompok pasien depresi yang diobati dengan obat saja, olahraga, dan kombinasi keduanya. Pasien depresi yang hanya diobati dengan obat sebanyak 38% kembali depresi. Pasien dengan pengobatan kombinasi tingkat kambuhnya 31%. Yang mengejutkan adalah pasien dengan pengobatan olahraga, tingkah kambuh mereka hanya 9%.

Terbukti kan kalau olahraga sangat penting? Selain untuk menjaga kesehatan, olahraga juga bisa membantu mengurangi stress, meningkatkan kekuatan otak, menurunkan berat badan, dan juga penting untuk kebahagiaan kita.

5. Berikan reward untuk diri sendiri

Reward untuk diri sendiri

Reward untuk diri sendiri

Hei, nggak cuma anak kecil aja kali yang patut dapet reward kalau ranking mereka bagus! Kita sebagai orang dewasa juga butuh reward untuk diri kita sendiri atas keberhasilan yang sudah kita raih.



Reward di sini nggak harus sesuatu yang besar seperti mobil, liburan, dan lain-lain. Melainkan hal-hal sederhana seperti secangkir green tea lattee setelah seharian lembur di kantor atau pijat refleksi setelah seminggu kerja keras.

6. Lakukan hal-hal konyol

Lakukan hal-hal konyol

Lakukan hal-hal konyol

Hal-hal konyol nggak selalu identik dengan kekanakan atau bodoh kok. Justru kekonyolan inilah yang membuat kita bisa lebih santai dan banyak tertawa.

Sesekali lakukanlah hal-hal konyol bersama teman, kakak, atau adik. Seperti foto dengan gaya super jelek, foto gaya ngupil, menjadikan sapu sebagai mike, dan lain-lain. Jika kamu merasa malu melakukannya di tempat umum, hal ini bisa kamu lakukan di dalam rumah.

7. Memaafkan diri sendiri

Memaafkan diri sendiri

Memaafkan diri sendiri

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk diri kita sendiri, entah itu disengaja atau tidak. Memaafkan adalah salah satu cara membuat hidup kita lebih bahagia.

Oleh karena itu, maafkanlah setiap kesalahan kecil yang telah kamu lakukan setiap harinya. Kemudian perbaiki kesalahan tersebut sebaik mungkin. Ingat! Memafkan kemudian memperbaiki, bukan menyesali.

8. Tidur cukup

Tidur cukup

Tidur cukup

Tidur membantu memulihkan kondisi tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, tidur juga membantu kita untuk lebih produktif dan tentunya sangat penting untuk kebahagiaan kita.

Hasil BPS Penelitian Digest membuktikan bahwa tidur mempengaruhi kepekaan kita terhadap emosi negatif. Dengan menggunakan alat pengenal wajah, hasil penelitian menunjukkan orang yang kurang tidur lebih banyak memproduksi emosi negatif seperti rasa marah dan takut.

9. Habiskan waktu bersama teman atau keluarga

Habiskan waktu bersama teman

Habiskan waktu bersama teman

Menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga bisa meningkatkan kebahagiaan kita. Beberapa penelitian membuktikan bahwa waktu yang dihabiskan bersama teman-teman dan keluarga berdampak pada seberapa besar perasaan bahagia yang kita rasakan.

Seperti yang dikatakan Daniel Gilbert “We are happy when we have family, we are happy when we have friends and almost all the other things we think make us happy are actually just ways of getting more family and friends.”

10. Menolong orang lain

Menolong orang lain

Menolong orang lain

Hal terakhir yang bisa membuat kamu merasa lebih bahagia adalah dengan menolong orang lain. Menghabiskan uang untuk diri kita sendiri memang menyenangkan, tapi nggak ada salahnya kan kalau kita menyisihkan sedikit uang untuk menolong orang lain?

Misalkan setiap 1 bulan sekali sisihkan uang 50-100 ribu dari gaji kita khusus untuk berbagi. Uang tersebut bisa kamu belikan beras kemudian berikan kepada OB, satpam, pembantu, atau orang lain yang kamu rasa membutuhkan.
Penelitian juga membuktikan dengan menolong orang lain dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan kita. So, do you want to be happy?







Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *