10 Hal yang Bisa Dilakukan Sambil Buang Air Besar

Membaca buku/majalah
Share ke teman kamu

Siapa di antara kamu yang kerap direpotkan dengan aktivitas ‘bongkar muat’ alias buang air besar di pagi hari? Biasanya hal ini menimpa kamu yang punya perut sensitif dan sering merasa mulas, tak lama setelah makanan masuk.

Selain lama, aktivitas buang air besar juga bisa menjadi aktivitas yang melelahkan dan membosankan. Nah cara mengatasinya, kamu bisa lakukan beberapa hal di bawah ini, dengan begitu waktumu tak banyak terbuang sia-sia saat melakukan BAB. Ini daftar 10 hal yang bisa kamu lakukan ketika sedang buang air besar.

1. Bernyanyi

Bernyanyi

Bernyanyi

Sembari menunggu tubuh memproses kotoran yang akan dikeluarkan, tak ada salahnya kamu mencoba melatih vokal dengan menyanyi. Tak perlu merasa aneh, karena kegiatan ini kurang lebih sama dengan mereka yang kerap bersenandung saat mandi.

Namun perlu diperhatikan di mana tempat kamu sedang melakukan buang hajat. Jika kamu sedang berada di wc atau kamar mandi umum, disarankan untuk tidak melakukan kegiatan ini, karena dikhawatirkan justru menyebabkan polusi suara.

Namun demikian, bernyanyi juga punya nilai positif lain. Selain mengolah vokal, kamu juga bisa menyamarkan suara kentut, yang kerap muncul saat sedang buang air besar. Hebat bukan?

2. Membaca buku/majalah

Membaca buku/majalah

Membaca buku/majalah

Punya majalah atau buku yang belum sempat dibaca karena tidak ada waktu luang? Momen buang air besar adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Tak jarang aktivitas buang air besar bisa memakan waktu antara 10 hingga 20 menit.

Waktu berharga tersebut bisa kamu gunakan untuk membaca beberapa artikel menarik, yang bisa menambah pengetahuan. Dua manfaat langsung kamu raih dari kegiatan ini. Pertama, metabolisme tubuhmu terjaga. Kedua, wawasanmu makin bertambah luas hanya dengan ‘bersemedi’ sebentar di kamar mandi.

3. Merenung

Merenung

Merenung

Banyak orang mengaku mereka mendapatkan inspirasi atau pencerahan ketika berada di kamar mandi untuk BAB. Caranya cukup mudah. Hanya pejamkan mata dan bayangkan permasalahan yang mengganggu pikiran. Niscaya akan ada ide yang terlintas, di tengah khidmatnya suasana kamar mandi yang tenang dan sunyi.

Jadi, jika di lain kesempatan kamu tengah bingung melanjutkan skripsi, menulis tugas, atau permasalahan lain, tempat yang wajib kamu tuju kali pertama adalah kamar mandi!

4. Bermain game

Bermain game

Bermain game

Bermain game merupakan salah satu kegiatan mengasyikkan yang bisa kamu lakukan kala sedang buang air besar di kamar mandi. Namun sebelumnya, pastikan bahwa kamu sudah memegang smartphone atau game console milikmu dengan kuat, berjaga-jaga agar alat yang kamu punya tak jatuh dan terekspos air. Siapkan casing pelindung khusus untuk mencegah kerusakan lebih parah yang mungkin terjadi.

5. Nonton film

Nonton film

Nonton film

Nonton film di kamar mandi? Mengapa tidak. Saat ini sudah ada banyak smartphone atau tablet yang sudah mendukung sistem pemutar video hingga resolusi HD. Menonton film kesayangan pun tak lagi hanya bisa dilakukan di TV layar lebar atau laptop.



Bisa jadi menonton film kala BAB merupakan kegiatan favorit yang dilakukan oleh mereka yang menggandrungi serial TV Hollywood atau drama Korea maupun Jepang. Waktu luang di WC-pun bisa dimanfaatkan untuk mengejar ketertinggalan beberapa episode.

6. Sikat gigi

Sikat gigi

Sikat gigi

Multitasking atau melakukan berbagai macam aktivitas dalam satu kesempatan tak hanya bisa dilakukan oleh komputer. Manusia modern, terutama mereka yang bangun terlambat dan mengejar waktu untuk datang ke kantor maupun sekolah, sudah lazim memiliki kemampuan tersebut.

Demi menghemat waktu, semua kegiatan wajib di pagi hari terpaksa dipangkas dan dilakukan bersamaan dengan kegiatan lain. BAB pun tak luput dari perubahan tersebut. Umumnya, sikat gigi merupakan kegiatan yang dipilih untuk mendampingi proses pengeluaran kotoran dari tubuh. Tapi jika kamu kreatif, kamu juga bisa mencoba BAB sembari keramas atau bahkan membersihkan diri dengan sabun. Waktu mandimu akan lebih efektif dan singkat dengan cara ini.

7. Merokok

Merokok

Merokok

Tidak semua orang merupakan perokok, namun kegiatan ini bisa jadi alternatif pengisi waktu kala sedang BAB, jika kamu merupakan orang yang gemar ‘berasap’. Tapi sebelum menyulut rokok, perhatikan terlebih dahulu secara seksama, apakah di ruangan kamar mandi tersebut terdapat pendingin ruangan atau tanda dilarang merokok.

Hal yang sama juga perlu kamu lakukan ketika berada di rumah seseorang atau tempat umum lainnya. Bisa jadi, larangan merokok tersebut dibuat hanya karena orang lain tidak suka mencium bau rokok di kamar mandi.

Untuk kamu yang tidak merokok, jangan pernah mencoba kegiatan ini.

8. Menelepon

Menelepon

Menelepon

Tak jarang kita melihat orang yang langsung melesat ke ruangan yang lebih tenang, ketika ia menerima panggilan telepon. Hal tersebut mungkin dilakukan untuk mendapat penerimaan sinyal yang lebih baik atau tak ingin privasinya terganggu orang lain.

Nah, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang sama ketika sedang melakukan BAB di toilet. Hanya saja, kamu perlu sedikit berhati-hati. Jangan sampai lawan bicara mendengar suaramu sedang mengejan atau bahkan kentut, kecuali kamu memang sedang pamer bahwa kamu bisa menelepon ketika berada di kamar mandi sekalipun.

9. Membalas email

Membalas Email

Membalas Email

Kesibukan di kampus, sekolah, atau kantor, seringkali membuat kita jarang mengecek smartphone untuk melihat apa saja notifikasi yang muncul. Padahal, seringkali ada banyak pesan penting yang menuntut kita untuk memberi balasan dengan segera.

Namun jangan khawatir, kamu bisa melakukan hal tersebut ketika sedang berada di toilet untuk BAB. Lihat email apa saja yang masuk ke akunmu dan langsung buat balasan saat itu juga, jika memang isinya mendesak. Kesempatan ini juga bisa kamu manfaatkan untuk melihat pesan di sosial media, serta pengingat lain seperti jadwal temu, rapat, ulang tahun orang penting, dan lainnya.

10. Tidur

Tidur

Tidur

Tidur sembari melakukan BAB di toilet? Terdengar mustahil dan aneh, namun bukan berarti tak bisa dilakukan. Jika kamu sedang merasa suntuk atau tak bergairah lantaran kurang beristirahat, pejamkan matamu untuk 5 hingga 10 menit saat melakukan BAB. Meski efeknya tidak se-signifikan dengan tidur pada umumnya, namun tentu lebih baik daripada tidak sama sekali bukan?







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *