10 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat “Vacation” Berubah Menjadi “Staycation”

Gabung dengan komunitas
Share ke teman kamu

Selain THR, yang ditunggu banyak orang tiap tahunnya adalah deretan tanggal merah di kalender. Deretan tanggal merah di kalender merupakan sesuatu yang berharga bagi para karyawan, karena artinya: liburaaaann!

Liburan adalah waktu yang paling ditunggu oleh mayoritas karyawan, pasalnya ini adalah moment dimana kamu bisa kabur sejenak dari rutinitas kerja yang sering bikin stress dan lelah. Berburu tiket pesawat promo, bikin list destinasi liburan, booking hotel, planning trip bareng teman, semua kegiatan ini selalu bisa bikin kamu antusias.

Tapi bagaimana jadinya kalau ternyata kamu tak bisa liburan ke destinasi impian dan harus stay di rumah? Jangan khawatir, meskipun liburan kamu harus berubah jadi staycation, bukan berarti kamu cuma bisa mager dan merasa bosan di rumah. Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan buat ngusir bosen saat staycation, seperti misalnya melakukan 10 kegiatan berikut ini.

1. Hangout dengan teman lama

Hangout dengan teman lama

Hangout dengan teman lama

Padatnya jadwal kerja dan kesibukan sehari-hari menyebabkan kita sering hilang kontak dengan teman-teman. Bahkan buat bertanya kabar via chat aja kadang sudah tak ada waktu. Liburan ini bisa jadi momen kamu buat bertukar kabar dan hangout bareng. Kamu bisa ngobrol banyak hal tentang kegiatan dia yang selama ini kamu lewatkan. Setelah sekian lama tak ketemu, pasti banyak hal yang bisa kamu bicarakan dengannya. Mulai soal kerjaan, gebetan, bisnis, dan lain-lain.

2. Berkunjung ke museum

Berkunjung ke museum

Berkunjung ke museum

Kalau selama ini kamu selalu melewatkan museum sebagai destinasi wisata, kini saatnya kamu menyempatkan diri untuk berkunjung ke museum. Sebenarnya, museum bukan tempat yang buruk untuk menghabiskan waktu liburan. Di museum kamu bisa memperluas wawasanmu dan memperlajari banyak hal yang sebelumnya bahkan belum pernah kamu tahu. Museum seni, museum peninggalan benda-benda bersejarah, museum satwa, sampai museum angkut, dan masih banyak lagi jenis museum yang bisa kamu kunjungi.

3. Olahraga

Olahraga

Olahraga

Jika selama ini kamu disibukkan oleh pekerjaan yang menumpuk, waktu liburan adalah momen tepat bagi kamu untuk meluangkan waktu berolahraga. Olaharaga adalah sarana tepat untuk memanjakan kesehatan tubuh kamu setelah setiap hari dipaksa untuk menyelesaikan banyak pekerjaan.

Staycation kali ini bisa kamu manfaatkan waktu untuk meningkatkan stamina dan merawat tubuh. Kamu bisa mulai dengan jogging keliling komplek rumah kamu, pergi ke tempat gym, atau melakukan beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah tanpa alat. Beberapa channel youtube yang bisa kamu jadikan acuan untuk workout di rumah antara lain blogilates, FitnessBlender, XHIT Daily, dan BeFiT. Atau kamu juga bisa mencoba ikut kelas yoga dan pilates untuk menghilangkan nyeri punggung akibat terlalu lama bekerja di depan layar komputer.

4. Gabung dengan komunitas

Gabung dengan komunitas

Gabung dengan komunitas

Kamu merasa kesepian? Kenapa tak gunakan kesempatan ini buat ketemu orang baru? Bikin lingkaran baru di dunia sosial kamu, cara paling mudah buat punya banyak temen baru adalah dengan bergabung di komunitas. Sekarang ini, ada banyak banget jenis komunitas yang yang bisa kamu ikuti, mulai dari komunitas pecinta film, komunitas pecinta buku, puisi, mobil, game, dan masih banyak lainnya.

Kamu bisa pilih gabung dengan komunitas sesuai passion yang kamu punya. Twitter adalah tempat di mana kamu bisa menemukan berbagai komunitas yang ada di kota kamu, mulai dari moviegoers, nulisbuku, nebengers, parkour, dan lain-lain.

5. Nonton film

Nonton film

Nonton film

Salah satu cara ampuh mengusir rasa bosan adalah dengan nonton film. Saat musim liburan tiba, biasanya banyak film bagus yang punya jadwal tayang di bioskop lho. Tapi kalau kamu lagi males pergi ke bioskop, alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyewa film di tempat penyewaan film. Kamu bisa menonton film-film ini di rumah sambil memanjakan diri dengan segelas orange jus dan semangkuk pop corn.

6. Pergi belanja

Pergi belanja

Pergi belanja

Pergi belanja saat ini bukan cuma kegiatan yang bisa dilakukan cewek aja, cowok juga butuh belanja. Staycation adalah saat yang tepat untuk meninjau isi lemari kamu. Pisahkan baju mana saja yang sudah jarang kamu pakai dan baju yang masih sering kamu pakai. Bukan tubuh aja yang butuh detox, isi lemari juga butuh detox lho. Baju-baju yang udah nggak muat dipakai bisa kamu kumpulin dan sumbangkan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Selanjutnya, isi lemari kamu dengan outfit baru sehingga kamu bisa menjaga penampilan kamu tetap keren saat musim liburan usai.

7. Tidur siang

Tidur siang

Tidur siang

Kalau selama bekerja kamu tak punya kesempatan buat istirahat siang, ini adalah waktu yang tepat untuk kamu menikmati nyamannya tidur siang. Tidur siang membantu membuat badan dan pikiran kamu tetap rileks, jauh-jauh dari bad mood, dan membantu menjaga kesehatan. Manfaat tidur siang lainnya adalah dapat membantu meningkatkan kualitas kerja dan memori otak kita. Jadi, waktu udah mulai sibuk kerja, otak kamu bisa bekerja lebih maksimal lagi.

8. Baca buku

Baca buku

Baca buku

Semakin kita dewasa, waktu dan minat kita untuk baca buku juga semakin berkurang. Padahal, baca buku adalah salah satu cara untuk kabur dari realita yang bikin jenuh. Staycation kali ini bisa kamu gunakan untuk membaca buku yang sudah menumpuk dibeli tapi belum sempat kamu baca.

Malas baca buku di rumah? Kamu bisa jalan ke kafe yang menyediakan koleksi buku. Di kafe seperti ini, kamu bisa bersantai menikmati secangkir cappucinno sambil baca buku. Ssstt, buat yang jomblo, siapa tahu kamu bisa dapet kenalan baru.

9. Mengambil kursus di kelas baru

Mengambil kursus di kelas baru

Mengambil kursus di kelas baru

Selain staycation dengan mengunjungi museum, kamu bisa meng-upgrade skill dengan mengikuti kursus. Kamu bisa memilih kursus sesuai dengan minat dan hobi kamu, atau mencoba keahlian baru yang selama ini belum kamu miliki, seperti kelas memasak, kelas fotografi, kelas menulis, dan lain-lain.

Dengan belajar keterampilan baru, kamu akan terbebas dari rutinitas harian yang menjenuhkan dan memberikan pengalaman baru yang dapat berkontribusi dalam peningkatan kebahagiaan kamu.

10. Menjadi volunteer

Menjadi volunteer

Menjadi volunteer

Kalau biasanya kamu menghabiskan uang untuk menyenangkan diri sendiri, tak ada salahnya kan staycation kali ini menyisihkan uang atau waktu kamu untuk membantu sesama? Volunteer ini bermacam-macam, salah satu volunteer yang paling banyak menarik minat remaja di Indonesia adalah dengan menjadi pengajar kelas inspirasi.

Di sini, dalam satu hari kamu akan menjadi seorang guru yang akan menginspirasi anak-anak tentang pekerjaan yang kamu lakukan. Berbagi bukan hanya akan memberikan berkah, tetapi juga membuat kita lebih bersyukur atas apa yang sudah kita capai selama ini.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *