Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Hewan Teraneh di Dunia yang Belum Pernah Kamu Temui

Bagikan

Begitu banyak jenis hewan yang hidup di planet bumi ini. Mulai dari yang berukuran terkecil seperti semut, bermacam-macam serangga, hingga yang terbesar seperti gajah dan ikan paus. Mulai dari yang berbentuk paling indah seperti burung merak hingga yang berbentuk paling aneh seperti hewan-hewan yang akan di bahas dalam artikel ini.

Kamu boleh saja mengaku bahwa kamu memiliki pengetahuan yang tinggi tentang beragam jenis hewan yang hidup di bumi ini. Tapi tak peduli seberapa panjang list nama hewan yang telah kamu ketahui, tetap akan ada jenis-jenis hewan yang masih terlewat dari pengamatanmu. Bagaimana tidak, sekarang saja sudah tercatat ada 1,367,555 jenis hewan di muka bumi ini, dan para ilmuwan masih terus berusaha menemukan jenis-jenis lainnya yang masih disembunyikan oleh alam.

Para ilmuwan tersebut mengaku bahwa banyak di antara hewan yang ditemukan, memiliki bentuk yang sama sekali tidak familiar bahkan cenderung aneh, namun ada juga yang lucu dan menggemaskan. Ingin tahu apa saja hewan yang memiliki bentuk tidak biasa tersebut? Check this out!

1. Dumbo octopus

Dumbo octopus
Dumbo octopus
Iklan

Siapa yang tidak gemas melihat gurita mungil nan lucu ini? Dumbo octopus atau yang memiliki nama lain Grimpoteuthis ini merupakan hewan yang tingal di dasar laut berkedalaman 9.800 hingga 13.000 kaki. Tinggi dari hewan ini hanyalah 20 cm. Hewan ini memiliki sepasang sirip pada mantelnya. Dumbo Octopus biasanya berenang-renang di dasar laut untuk mencari makanan berupa siput, cacing dan hewan kecil lainnya.

2. Lumba-lumba irrawaddy

Lumba-lumba irrawaddy
Lumba-lumba irrawaddy

Secara umum, bentuk lumba-lumba yang satu ini hampir sama dengan paus beluga. Tidak hanya itu, anatomi tubuhnya pun hampir sama. Namun dengan beberapa pertimbangan, para ilmuwan tetap memasukkan spesies ini ke dalam kelompok lumba-lumba. Ikan ini banyak ditemukan di daerah perairan payau yang dangkal dan keruh di pinggir sungai di wilayah Asia Tengara.

3. Sunda colugo

Sunda colugo
Sunda colugo
Iklan

Hewan aneh yang satu ini memiliki nama lain Sunda Flying Lemur. Namun sebenarnya hewan ini tidak bisa terbang. Hewan ini aktif di malam hari dan mengkonsumsi tumbuhan-tumbuhan yang lunak seperti ujung daun, bunga, dan buah. Setelah 60 hari masa kehamilan, seekor bayi akan dibawa di bagian perut sang induk. Hewan yang termasuk hewan yang dilindungi ini sangat bergantung pada hutan untuk bertahan hidup.

4. Zebra duiker

Zebra duiker
Zebra duiker

Zebra duiker merupakan sejenis rusa kecil yang memiliki motif menyerupai motif zebra, yaitu garis-garis hitam putih. Hewan ini banyak ditemukan di daerah-daerah Afrika seperti Pantai Gading, Liberia, dan Sierra Leone. Ukuran hewan ini terbilang kecil, panjang maksimalnya saja hanya sekitar 90 cm dengan tinggi 45 cm dan berat badan hanya 20 kg.

Cara untuk mengetahui apakah seekor zebra duiker jantan atau betina adalah dengan mengamati tanduknya. Tanduk zebra duiker jantan lebih panjang dengan ukuran 4,5 cm, sedangkan betina hanya 2 cm. PBB melindungi hewan ini karena termasuk hewan langka yang hampir punah. Di alam bebas, hanya terdapat kurang lebih 28 ribu ekor.

5. Pink fairy armadillo

Iklan
Pink fairy armadillo
Pink fairy armadillo

Hewan unik yang satu ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu hanya 10 cm. Ia memiliki warna merah muda atau pink yang membuatnya dinamai pink fairy armadillo. Pada umumnya armadillo akan melindungi diri dengan melingkarkan diri, armadillo unik yang ini justru melakukan hal yang berbeda yaitu menggali lubang di tanah. Kamu bisa menemukan hewan aneh ini di kawasan hutan lindung di Argentina.

6. Yeti crab

Yeti crab
Yeti crab

Jika selama ini kamu sudah akrab dengan nama Mr. Crab, sekarang yuk kita berkenalan dengan yeti crab. Entah apa hubungan antara dua kepiting ini yang jelas mereka masi satu spesies. Hanya saja yeti crab memiliki keistimewaan yaitu kakinya dilapisi oleh bulu. Hewan dengan panjang 15 cm ini pertama kali ditemukan di Lautan Pasifik Pada tahun 2005 lalu. Mereka hidup pada kedalaman 2.200 m di sekitar sumber panas bawah air. Tempat tinggalnya tersebut sangat minim cahaya sehingga ia memiliki pengelihatan yang kurang bagus.

7. Belut lampreys

Iklan
Belut lampreys
Belut lampreys

Hewan teraneh di dunia berikutnya adalah belut Lampreys. Bentuknya menyerupai belut, namun ia memiliki mulut menyerupai penyedot dengan gigi-gigi yang tajam. Cara makan hewan ini terbilang cukup aneh, yaitu dengan memasukkan mulutnya ke dalam tubuh mangsa dan menyedot darahnya. Sempat dikabarkan bahwa hewan ini pernah menyerang manusia. Belut dengan ukuran 30 hingga 100 cm ini dapat ditemukan di tempat-tempat tropis kecuali Afrika.

8. Snub-nosed monkey

Snub-nosed monkey
Snub-nosed monkey

Mungkin kamu sudah akrab dengan monyet berhidung besar bernama bekantan. Tapi sudahkah kamu berkenalan monyet dengan hidung pesek satu ini? Monyet unik ini dapat kamu temui di beberapa tempat di Asia seperti Myanmar, Vietnam, dan Cina. Monyet ini dinamai demikian karena hidungnya yang pesek.

Monyet ini memiliki panjang kurang lebih 83 atau 97 cm beserta ekornya. Warna bulunya beragam, namun di bagian bahu punggungnya berwarna hitam. Makanan hewan perimata ini di antaranya pohon muda, bamboo kecil, buah, dan daun.

Iklan

9. Star-nosed mole

Star-nosed mole
Star-nosed mole

Sesuai namanya, hewan yang bentuknya menyerupai tikus ini memiliki hidung dengan bentuk seperti bintang yang suka meraba-raba di bawah tanah. Bintang tersebut ternyata memiliki nama tersendiri yaitu eimers organ. Tikus ini memanfaatkannya ketika sedang berjalan di bawah tanah, karena pengelihatannya hampir tidak berfungsi sedikitpun. Star-nosed mole bisa dijumpai di dataran rendah di wilayah timur Kanada dan timur timur laut Amerika.

10. Cyphonia clavata

Cyphonia clavata
Cyphonia clavata

Hewan unik yang satu ini merupakan jenis serangga yang dapat ditemukan di wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Keunikan dari hewan aneh ini adalah keahliannya dalam berkamuflase menyerupai hewan lain untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.

Itulah beberapa hewan teraneh di dunia yang mungkin belum pernah kamu jumpai sebelumnya. Mereka memiliki bentuk yang sama sekali tidak biasa, ada yang lucu dan ada pula yang mengerikan. Semoga pembahasan ini dapat semakin menambah pengetahuan kamu tentang ragam fauna yang ada di dunia ya!

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan