10 Hewan Terbesar di Dunia Berdasarkan Jenisnya

Beruang kutub dan beruang coklat, karnivora daratan terbesar
Share ke teman kamu

Menurut kamu, apakah hewan terbesar di dunia ini? Apakah kamu akan menjawab “gajah” atau mungkin “dinosarus?”. Jika berbicara mengenai hewan terbesar di dunia, maka kami bisa memberikan kamu informasi tepat tentang hewan terbesar di dunia dari berbagai kategori seperti misalnya mamalia, reptil, amfibi dan lain-lainnya.

Siap-siap deh kamu tercengang dengan fakta tentang hewan terbesar di dunia ini. Yuk, simak daftar 10 hewan terbesar di dunia berdasarkan masing-masing kategorinya.

1. Paus biru, mamalia terbesar

Paus biru, mamalia terbesar

Paus biru, mamalia terbesar

Memiliki nama Balaenoptera Musculus, paus biru merupakan mamalia laut paling besar yang pernah ada. Paus ini bisa memiliki panjang hingga 30 meter dengan berat 200 metrik ton atau lebih. Berat lidahnya saja sekitar 2,7 metrik ton, lho, atau setara dengan berat rata-rata gajah Asia.

Sedangkan hati paus biru ini diperkirakan memiliki berat 600 kg dan disebut-sebut sebagai yang paling besar di antara hewan apapun. Katanya, hati paus biru berukuran dan memiliki berat seperti mobil Mini Cooper.

2. Gajah Afrika, hewan daratan terberat

Gajah Afrika, hewan daratan terberat

Gajah Afrika, hewan daratan terberat

Gajah Afrika adalah hewan daratan yang paling besar. Untuk gajah jantan bisa memiliki berat mencapai 6 ton lebih dengan panjang tubuh 6-7,5 meter dan tinggi pundak 3,3 meter. Sedangkan gajah Afrika betina memiliki tubuh yang lebih kecil yaitu panjang 5,4-6,9 meter, tinggi 2,7 meter dan berat 3 ton saja.

Gajah Afrika dewasa umumnya jarang diserang oleh predator karena ukurannya yang besar. Namun buaya, singa, macan, dan hyena lumayan sering menyerang gajah Afrika yang baru lahir.

3. Beruang kutub dan beruang coklat, karnivora daratan terbesar

Beruang kutub dan beruang coklat, karnivora daratan terbesar

Beruang kutub dan beruang coklat, karnivora daratan terbesar

Beruang kutub dan beruang coklat (brown bear) adalah hewan karnivora terbesar yang ada di daratan. Keduanya memiliki ukuran tubuh yang serupa sehingga tidak jelas mana yang lebih besar. Tinggi pundak kedua spesies ini bisa lebih dari 1,6 meter. Sepanjang sejarah, pernah tercatat beruang kutub dan beruang coklat terberat yaitu 1.003 kg dan 1.135 kg.

4. Buaya air asin, reptil terbesar

Buaya air asin, reptil terbesar

Buaya air asin, reptil terbesar

Buaya air asin atau Crocodylus Porosus disebut sebagai reptil paling besar di dunia. Buaya jenis ini bisa ditemukan di bagian utara Australia, Asia Tenggara, hingga pesisir timur India. Untuk buaya jantan jenis ini, beratnya bisa mencapai sekitar 409 hingga 1.000 kg dengan panjang 4,1 hingga 5,5 meter. Selain itu, buaya air asin juga dikenal bisa menangkap mangsanya tidak hanya di dalam air namun juga di atas tanah kering.

5. Salamander Cina, amfibi terbesar

Salamander Cina, amfibi terbesar

Salamander Cina, amfibi terbesar

Salamander Cina atau Andrias Davidianus adalah salamander terbesar di dunia yang memiliki panjang mencapai 180 cm atau sekitar 6 kaki, walaupun sekarang sudah jarang ada salamander yang tumbuh hingga sebesar itu.



Salamander Cina yang hidup di endemik sungai, gunung berbatu dan juga danau ini ternyata termasuk kategori hewan langka yang terancam punah. Hal ini disebabkan karena mereka mulai kehilangan habitat dan juga dikarenakan sebab lain seperti polusi, dan sering ditangkap untuk digunakan dalam pengobatan tradisional Cina, atau bahkan untuk dikonsumsi karena disebut memiliki rasa yang lezat.

6. Flemish giant, kelinci terbesar

Flemish giant, kelinci terbesar

Flemish giant, kelinci terbesar

Kelinci biasanya identik dengan hewan lucu dengan ukuran yang kecil. Tapi siapa sangka ada jenis biakan yang berukuran luar biasa besar. Adalah Flemish giant, biakan kelinci peliharaan model lama yang berasal dari wilayah Flemish. Kelinci ini dipercaya telah dikembangbiakkan sejak awal abad ke-2 di Ghent, Belgia. Kelinci jenis ini bisa memiliki berat hingga 12,7 kg lho. Waduh, sanggup lama-lama menggendongnya nggak ya?

7. Burung unta, burung terbesar

Burung unta, burung terbesar

Burung unta, burung terbesar

Burung yang habitatnya di dataran Afrika dan Arab ini adalah jenis burung terbesar yang pernah ada. Struthio Camelus adalah nama lain dari burung ini. Untuk pejantan, burung unta bisa memiliki tinggi hingga 2,8 meter dengan berat lebih dari 156 kg.

Tidak hanya itu, telur burung unta juga merupakan telur terbesar di dunia dengan berat hingga 1,4 kg. Yang khas dari burung ini adalah kecepatannya dalam berlari yaitu maksimal 97,5 km per jam. Ini membuat burung unta bergelar burung tercepat di darat dan hewan berkaki dua tercepat di dunia.

8. Anaconda hijau, ular terbesar

Anaconda hijau, ular terbesar

Anaconda hijau, ular terbesar

Pernah menonton film Anaconda? Sudah terbayang ya seberapa besar ular jenis ini. Dari beberapa jenis yang ada, anaconda hijau atau green anaconda tercatat sebagai ular yang memiliki ukuran paling besar. Tercatat ukuran maksimal dari ular jenis ini adalah 7,5 meter dengan berat 250 kg, walaupun ada juga rumor yang menyebutkan adanya anaconda yang lebih berat dari yang tercatat. Green anaconda atau Eunectes Murinus diketahui hidup di perairan neotropikal.

9. Kelelawar mahkota emas, kelelawar terbesar

Kelelawar mahkota emas, kelelawar terbesar

Kelelawar mahkota emas, kelelawar terbesar

Acerodon Jubatus atau kelelawar raksasa adalah spesies kelelawar terbesar yang ada di dunia. Sayangnya, kelelawar jenis ini merupakan kelelawar pemakan buah yang langka dan terancam punah dengan habitat di hutan hujan Filipina. Diyakini ukuran maksimal dari kelelawar yang masih dalam keluarga yang sama dengan codot ini mencapai 1,5 kg dengan panjang 55 cm dan lebar sayap 1,8 meter.

10. Kepiting laba-laba Jepang, athropoda terbesar

Kepiting laba-laba Jepang, athropoda terbesar

Kepiting laba-laba Jepang, athropoda terbesar

Di jajaran arthropoda, kepiting laba-laba Jepang atau Japanese spider crab ini adalah kepiting terbesar di dunia. Spesies ini memiliki habitat di peraitan sekitar Jepang dengan lebar kaki paling besar di antara arthropoda lainnya yaitu 3,9 meter dan berat hingga 19 kg. Di habitat aslinya, kepiting ini biasa memangsa kerang-kerangan dan juga bangkai hewan yang ada di perairan. Uniknya, kepiting jenis ini bisa hidup hingga 100 tahun lamanya.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *