10 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil

Tutor
Share ke teman kamu

Kondisi ekonomi yang kerap tidak menentu memaksa kita terus waspada. Artinya, sebisa mungkin kita diharuskan memiliki simpanan dana segar untuk berjaga-jaga terhadap kebutuhan, atau untuk menghadapi kondisi yang tak terduga di masa yang akan datang.

Namun bagaimana jika pekerjaan yang kita jalani saat ini dirasa tidak bisa memberikan income yang memadai kebutuhan? Well, jika kamu sedang mengalami kegalauan ini, memiliki usaha sampingan adalah jawaban yang tepat untuk kegalauan kamu. Usaha sampingan dapat kamu jalankan sembari bekerja, dengan resiko yang lebih minim karena tidak membutuhkan modal besar. Selain itu, kamu bisa mendapatkan tambahan pemasukan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utamamu.

Tertarik? Berikut adalah beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil yang bisa kamu gunakan sebagai langkah awal untuk memulai bisnis sampingan.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Menyewakan kamar di rumah

Menyewakan kamar di rumah

Menyewakan kamar di rumah

Apakah kamu memiliki ruang ekstra di rumah? Ubahlah tempat tidur ekstra tersebut menjadi jasa penginapan kecil-kecilan. Ide ini sangat bagus diterapkan, jika kebetulan tempat tinggal kamu berdekatan dengan lokasi wisata, atau tempat-tempat yang sering disinggahi oleh turis. Kamu juga bisa memanfaatkan web seperti Airbnb atau Couch Surfing. Selain wisatawan, kamu juga bisa memberikan jasa penyewaan kamar bagi para mahasiswa atau pelajar.

2. Blogging

Blogging

Blogging

Kalau kamu suka menulis, mencoba peruntungan menjadi blogger adalah jawaban yang tepat untuk menambah penghasilan kamu. Carilah topik yang paling kamu sukai, kemudian tulislah artikel atau cerita seputar topik tersebut. Yang kamu butuhkan hanyalah komputer, sedikit waktu luang, dan energi untuk menulis secara konsisten. Usaha ini bisa berawal dari hobi dan berubah menjadi bisnis seiring berjalannya waktu.

3. Cupcake

Cupcake

Cupcake

Senang membuat kue dan memiliki sedikit bakat artistik? Pelajari bagaimana cara mendekorasi kue dan membuatnya layak ditampilkan dalam berbagai event istimewa. Jual dekorasi yang kamu buat lewat Internet, atau media sosial. Sebagai langkah promosi awal, kamu bisa menunjukkan pada teman terdekat, kemudian meminta mereka mempromosikan lewat sosial media mereka. Selain itu kamu juga bisa mencoba mempromosikan produk kamu di car free day secara gratis. Ada banyak orang yang bersedia mengeluarkan biaya esktra guna memesan cupcake dengan desain istimewa.

4. Freelancer

Freelancer

Freelancer

Kalau kamu pandai merangkai kata, kamu mungkin bisa menemukan pekerjaan sebagai seorang freelancer online. Ada banyak media publikasi yang membutuhkan konten online dalam bentuk review produk, laporan, dan semacamnya. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik juga bisa menunjang kamu mendapatkan pekerjaan ini. Sedangkan bagi kamu yang tidak memiliki keahlian menulis, masih ada bidang freelance lain yang bisa kamu coba, diantaranya desain grafis atau programmer.

5. Pakaian

Pakaian

Pakaian

Internet telah menciptakan jalan yang mudah bagi kamu yang memiliki hobi desain pakaian. Kamu bisa memulai dengan mendesain baju untuk event-event khusus atau bisa juga baju anak-anak, kemudian mempromosikannya melalui media sosial. Sedangkan bagi kamu yang tidak bisa mendesain, kamu bisa mencoba peruntungan dengan menjual baju secara online. Kamu tidak membutuhkan modal untuk bisnis online ini, yaitu dengan menjadi reseller untuk online shop berskala besar. Saat ini, sudah banyak sekali orang yang meraup keuntungan dalam bisnis online shop.

6. Bersih-bersih

Bersih-bersih

Bersih-bersih

Ada banyak orang yang cukup malas membersihkan rumah mereka dan bersedia membayar cukup banyak untuk membuat orang lain melakukannya. Tentu saja, peluang ini bisa kamu jadikan usaha sampingan untuk menambah pendapatan kamu, terutama jika kamu memiliki waktu luang di hari kerja. Kamu bisa membuka jasa bersih-bersih rumah melalui sosial media. Jam kerja untuk usaha ini bisa kamu tentukan lebih fleksibel sesuai dengan waktu yang kamu punya.

7. Penitipan hewan

Penitipan hewan

Penitipan hewan

Ketika seseorang hendak melakukan perjalanan, mereka seringkali khawatir dengan kondisi hewan peliharaan mereka. Di sinilah kamu harus mengambil peluang, tawarkan tempat yang nyaman bagi orang-orang tersebut untuk menitipkan hewan peliharaan mereka, atau kamu juga bisa menawarkan diri untuk menginap di rumah mereka dan merawat hewan tersebut. Dalam beberapa kasus, orang bahkan bersedia membayar mahal untuk tenaga yang benar-benar profesional.

8. Penitipan anak

Penitipan anak

Penitipan anak

Meski belum ada peraturan tertulis, saat ini sudah banyak orang yang membuka penitipan anak di rumah mereka sendiri. Jika kamu menyukai anak-anak dan punya banyak waktu serta ruang di rumah, ini adalah bisnis sampingan yang sempurna. Yang dibutuhkan hanyalah ruangan yang benar-benar aman untuk anak-anak, kesabaran, dan juga rasa penyayang.

9. DJ

DJ

DJ

Apakah kamu suka mendengarkan musik atau bahkan seorang audiophile? Jika Kamu memiliki sistem tata suara yang hebat dan koleksi musik lumayan lengkap, kamu sudah memiliki apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang DJ yang siap meramaikan berbagai event atau pesta. Ini adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan waktu luang di sore atau malam hari dan mendapatkan penghasilan tambahan.

10. Tutor

Tutor

Tutor

Apakah Kamu memiliki gelar sarjana di bidang Bahasa Inggris, Sejarah, atau Matematika; dan memiliki IPK cukup tinggi? Apakah Kamu cukup sabar menghadapi anak-anak? Jika memang demikian, maka kamu bisa memulai bisnis tutoring atau memberikan les pada anak sekolah. Jangan lupa promosikan diri kamu melalui sosial media, atau teman dekat yang memiliki banyak koneksi dengan orang tua.





Baca Juga

Share ke teman kamu

One thought on “10 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Bermodal Kecil

  1. Saya sedang berusaha mengoptimalkan segala usaha dari via online, mulai dari jualan dan menulis. Apakah keduanya tidak termasuk kedalam usaha sampingan, karena menurut saya ya lumayan sih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *