10 Jenis Batu Akik Terlangka di Dunia

Tanzanite langka
Share ke teman kamu

Batu akik atau batu mulia telah lama dianggap sebagai barang berharga. Kita bisa melihat buktinya dari berbagai macam catatan sejarah yang telah dikumpulkan para peneliti.

Di zaman modern seperti saat ini, kebanyakan dari kita berpikir batu mulia yang berharga seperti zamrud dan rubi merupakan jenis batu yang paling bernilai. Namun ternyata masih ada banyak jenis batu akik lain yang jauh lebih langka dengan harga jual yang tinggi.

Pengan tau lebih dalam tentang batu-batu langka dan berharga ini? Ini dia daftar 10 jenis batu akik terlangka di dunia.

1. Tanzanite

Tanzanite langka

Tanzanite langka

Batu mulia yang nampak indah ini memiliki warna ungu kebiru-biruan dan hanya bisa ditemukan di kaki bukit Pegunungan Kilimanjaro yang ada di Tanzania, sesuai dengan namanya. Mengingat lokasi pengambilannya yang cukup sulit dan unik, nggak heran kalau batu ini terbilang amat langka. Persediaan Tanzanite yang saat ini masih belum terjamah diperkirakan akan habis hanya dalam kurun waktu 20 tahun.

Kelangkaan otomatis membuat batu ini memiliki nilai jual yang tinggi. Per karatnya, Tanzanite bernilai antara 600 hingga 1.000 dollar Amerika Serikat.

2. Taafeite

Taafeite langka

Taafeite langka

Taafeite merupakan batu yang luar biasa langka hingga hanya ada beberapa jenis batu yang bisa ditemukan sejauh ini. Batu yang jarang didapat ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli geologi asal Australia di Sri Lanka. Tak lama kemudian, jenis batu yang sama juga ditemukan di Tanzania, dan para ahli sepakat bahwa Taafeite merupakan jenis yang cukup langka. Tak heran jika harganya amat mahal.

Jika Anda bisa menemukan Taafeite, batu ini akan berharga antara 1.500 hingga 2.500 dollar Amerika Serikat per karat.

3. Opal Hitam

Black Opal langka

Black Opal langka

Batu berwarna hitam ini dihiasi dengan titik cahaya yang terlihat indah dan berwarna terang. Meski Opal sendiri bukan jenis batu yang masuk golongan amat langka, lain halnya dengan jenis khusus yakni black opal atau opal hitam. Menurut catatan para peneliti, batu jenis ini kebanyakan ditemukan di negara bagian New South Wales di Australia.

Batu kelam yang menyimpan kesan misterius ini umumnya dibanderol 2.300 dollar Amerika Serikat per karat.

4. Benitoite

Benitoite langka

Benitoite langka

Benitoite merupakan batu mulia yang berasal dari Amerika Serikat. Meski batu jenis ini juga ditemukan di Jepang dan Arkansas, satu-satunya tambang benitoite yang dibuka untuk kepentingan komersil hanya ada di San Benito, California. Kalau kamu mencari benitoite, jangan berharap menemukan jenis dengan takaran lebih dari satu karat, mengingat batu ini sangat langka.

Batu mulia berwarna biru kombinasi ungu ini memiliki nilai 3.000 hingga 4.000 dollar Amerika Serikat per karat.

5. Beryl Merah

Beryl langka

Beryl langka

Satu lagi akik langka yang berasal dari Amerika Serikat, Red Beryl atau dikenal dengan nama zamrud merah. Hanya bisa ditambang di Pegunungan Wah Wah yang ada di Utah. Meski mineral yang menyusun beryl amat mirip dengan yang terdapat di dalam zamrud, varian warna merahnya membuat nilai batu ini jauh lebih tinggi. Dikatakan bahwa batu ini 1.000 kali lebih berharga dari emas. Ketika sudah dipotong, batu ini akan bernilai 10.000 dollar Amerika Serikat per karat.

6. Alexandrite

Alexandrite langka

Alexandrite langka

Batu mulia satu ini diberi nama sesuai dengan penguasa kerajaan Rusia, Tsar Alexander II, dan diperkirakan pertama kali ditemukan di Pegunungan Ural. Meski pertambangan anyar yang memiliki kandungan Alexandrite belakangan juga dibuka di Afrika Timur, Sri Lanka, dan Brasil, harga batu yang bisa memancarkan sinar berbeda tergantung ekspos cahaya ini sama sekali tidak mengalami penurunan. Alexandrite bisa berharga hingga 12.000 dollar Amerika Serikat per karat.

7. Jadeite

Jadeite langka

Jadeite langka

Berbeda dengan Jade atau batu giok, Jadeite merupakan jenis yang lebih langka dan oleh karena itu lebih berharga. Batu satu ini kebanyakan ditemukan di Myanmar dan dikenal dengan warna hijaunya yang pekat dan buram.

Andai memang Anda memiliki Jadeite asli, maka per karat batu tersebut akan dihargai 20.000 dollar Amerika Serikat.

8. Musgravite

Musgravite langka

Musgravite langka

Musgravite amat langka, sebelumnya batu ini sempat diklaim hanya ada di Australia selatan. Namun belakangan, batu yang sama juga ditemukan di Tanah Hijau, Antartika, Sri Lanka, Madagaskar, dan Tanzania. Meski sudah ditemukan beberapa lokasi yang memiliki kandungan Musgravite di berbagai belahan dunia, jumlahnya yang terbatas membuat batu akik ini memiliki nilai yang sangat tinggi.

Di pasaran, musgravite diberi nilai 35.000 dollar Amerika Serikat per karat.

9. Painite

Painite langka

Painite langka

Untuk waktu yang lama, para ahli geologi mengira bahwa hanya ada dua painite yang pernah terbentuk di muka bumi, hingga membuatnya menjadi salah satu batu mulia terlangka di dunia. Kini, sudah ada lebih banyak painite ditemukan. Namun demikian, sangat sulit untuk mendapatkan jenis batu ini di pasaran.

Kalau kamu kebetulan memiliki kesempatan membeli batu ini, harganya akan berkisar antara 50.000 hingga 60.000 dollar Amerika Serikat per karat.

10. Poudretteite

Poudretteite langka

Poudretteite langka

Pada tahun 2000 terungkap bahwa sebuah batu mulia tiga karat berwarna ungu dari Magok, Myanmar, merupakan Poudretteite. Hingga Desember 2004, ada sembilan batu dengan jenis yang sama ditemukan di sana, termasuk satu di antaranya berwarna pink pucat 9,41 karat. Batu mulia ini pertama kali ditemukan pada tahun 1987 dan diberi nama sesuai dengan keluarga Poudrette, sebuah keluarga yang mengoperasikan tambang di tempat ditemukannya batu, di Mont Saint-Hilaire, Quebec.





Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *