10 Jenis Batu Akik Termahal di Dunia

Garnet biru
Share ke teman kamu

Sejak awal mula sejarahnya, batu kristal, batu permata, batu akik, dan batu mulia lainnya kerap digunakan sebagai pelambang kemakmuran dan status seseorang. Ratu Cleopatra yang melegenda memiliki koleksi perhiasan khusus, yang dihiasi dengan berbagai macam batu mulia. Batu yang sepintas hanya terlihat memancarkan kilau dan warna berbeda ternyata ada pula yang berstatus langka dan amat berharga.

Tentunya batu-batu langka dan berharga ini memiliki nilai jual sangat mahal. Begitu langkanya sampai-sampai batu-batu berikut jarang kita temui dalam bentuk asli di dunia nyata. Inilah daftar 10 jenis batu akik termahal di dunia.

1. Jadeite

Jadeite

Jadeite

Jadeite merupakan jenis khusus batu giok. Batu ini sebenarnya merupakan mineral pyroxene, biasanya tersedia dalam warna hijau apel, hijau zamrud, dan hijau kebiruan. Bahkan ada beberapa jenis yang sedikit memiliki varian warna putih. Semakin pekat warna hijaunya, maka semakin tinggi pula nilainya. Namun demikian, warga Tiongkok juga menganggap jadeite putih dengan titik-titik hijau sebagai batu yang berharga. Sementara itu, jadeite hijau dengan kombinasi warna biru belum lama ini ditemukan di Guatemala. Batu ini dijual dengan harga lebih dari $3.000.000 per karat.

2. Serendibite

Serendibite

Serendibite

Serendibite merupakan akik atau batu mulia yang mengandung boron. Hanya ada dua area di dunia ini yang diketahui menghasilkan Serendibite, yakni Ratanapura di Sri Lanka dan Mogok di Burma Utara atau kini disebut sebagai Myanmar. Kebanyakan Serendibite ditemukan dengan warna biru kombinasi hijau, biru keabu-abuan, atau putih pucat dengan garis kuning. Harga batu ini mencapai $1.800.000 sampai $2.000.000 per karat.

3. Garnet biru

Garnet biru

Garnet biru

Ada banyak jenis garnet beredar di pasaran. Anda bisa menemukannya dalam berbagai macam variasi warna, dari hitam, coklat, oranye, pink, ungu, merah, dan kuning. Bahkan ada beberapa yang tidak memiliki warna sama sekali. Batu akik ini pertama kali ditemukan di Madagaskar pada tahun 1990an, meski sejak saat itu batu dengan jenis yang sama juga ditambang di Rusia, Amerika Serikat dan Turki. Harga batu ini mencapai $1.500.000 per karat.

4. Grandidierite

Grandidierite

Grandidierite

Alfred Grandidier merupakan nama dari seorang sejarawan yang terkenal atas penemuan tulang belulang dan sisa-sisa gajah purba seberat setengah ton, yang sudah punah selama beberapa ribu tahun di Madagaskar. Ia juga ternama di dunia perhiasan lantaran menemukan batu langka di Sri Lanka yang mampu memancarkan sinar berwarna biru, hijau, dan putih. Pada awalnya, batu tersebut disangka sebagai serendibite, namun para ahli lantas menyadari bahwa itu adalah batu jenis baru, yang akhirnya diberi nama Grandidierite. Harga batu ini mencapai $100.000 per karat.

5. Painite

Painite

Painite

Ditemukan pada tahun 1950an oleh pria Inggris, Arhtur C. Pain, painite merupakan jenis mineral borat yang langka. Bentuk alaminya adalah hexagon dan memiliki warna oranye-merah atau merah kecoklatan. Para peneliti menemukan bahwa batu ini mengandung unsur besi, vanadium, dan chromium. Sempat dianggap sebagai salah satu batu terlangka di bumi, belakangan batu ini mulai sering ditemukan di Myanmar. Harga batu ini mencapai $50.000 sampai $60.000 per karat.

6. Musgravite

Musgravite

Musgravite

Batu akik satu ini pada dasarnya merupakan mineral silikat yang pertama kali ditemukan di Australia. Lokasi penemuan batu ini berada di area bernama Musgrave. Meski mineral yang sama juga ditemukan di Madagaskar, Tanah Hijau, dan Sri Lanka, batu mulia ini masih dianggap amat langka. Penelitian menunjukkan batu ini mengandung unsur aluminum, berrylium, dan magnesium. Harga batu ini mencapai $35.000 per karat.

7. Bixbite

Bixbite

Bixbite

Batu mulia satu ini juga dikenal dengan nama red beryl. Bixbite amat langka dan hanya ditemukan di beberapa tempat di Utah, yang disebut dengan Juab County, Beaver County, dan Sierra County di Meksiko. Kebanyakan red beryl yang benar-benar memiliki nilai jual tinggi bisa ditemukan di Violet Claim. Tempat ini terletak di Pegunungan Wah Wah yang ada di barat daya Utah. Seorang penambang bernama Lamar Hodgers dikisahkan tak sengaja menemukan bixbite di Utah saat ia mencoba mencari uranium. Harga batu ini mencapai $10.000 per karat.

8. Opal hitam

Black Opal

Black Opal

Opal merupakan batu nasional Australia, yang mensuplai tak kurang dari 97 persen pasar dunia. Bagian selatan negeri Kanguru saja sudah bertanggung jawab atas 80 persen dari seluruh opal yang beredar di dunia. Opal sendiri bukan mineral, melainkan amorf silika mirip dengan apa yang terkandung dalam kuarsa.

Lebih dari 20 persen berat batu disebabkan oleh kandungan air yang terdapat di dalamnya. Struktur internal batu ini membuatnya mampu membiaskan cahaya dan menghasilkan kilau warna berbeda dari biru, coklat, abu-abu, hijau, magenta, olive, oranye, pink, merah, putih, dan kuning. Namun jenis opal yang paling mahal adalah opal hitam. Harga batu ini mencapai $2.300 per karat

9. Jeremejevite

Jeremejevite

Jeremejevite

Batu mulia ini terbuat dari aluminum borat yang menyatu dengan fluoride dan ion hidroksida. Pavel Vladimirovich Eremeev menemukan batu jeremejevite di Siberia. Kebanyakan batu ini berwarna biru atau kuning. Sementara ada juga yang menemukan dalam varian warna putih dan tanpa warna. Jeremejevite juga dikabarkan bisa ditemui di daerah lain, seperti Namibia, distrik Eifel di Jerman, dan Gunung Pamir di Tajikistan. Harga batu ini mencapai $2.000 per karat.

10. Taafeite

Taafeite

Taafeite

Taafeite dinamakan sesuai dengan ahli geologi Australia, Richard Taafe, yang menemukan potongan dan spesimen dari batu ini pada tahun 1945. Hanya ada beberapa batu mulia taafeite yang sudah ditemukan hingga saat ini, membuat batu ini menjadi koleksi istimewa bagi para penggemar batu mulia.

Batu ini tersedia dalam berbagai varian warna, mulai dari tanpa warna hingga ungu, violet, dan masih banyak lagi. Taafeite bisa ditemukan di Sri Lanka dan Tanzania. Kemungkinan masih ada banyak tempat lain yang juga menyimpan rahasia batu ini. Namun hingga tempat tersebut ditemukan, taafeite tetap menjadi salah satu batu paling berharga di dunia. Harga batu ini mencapai $1.500 per karat.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *