10 Jenis Batu Akik Warna Biru yang Paling Cantik

Turmalin biru
Share ke teman kamu

Batu akik atau batu alam berwarna biru kerap menghasilkan perhiasan yang terlihat kokoh, mewah dan ekslusif. Warna biru sendiri merupakan sebuah warna elegan yang membuatnya terlihat berbeda dibandingkan warna lain seperti merah, kuning, atau hijau.

Perhiasan berwarna biru kerap diasosiasikan dengan sesuatu yang berbau modern, visioner, dan bahkan dikaitkan dengan hal-hal berhubungan dengan keningratan. Ketika digunakan sebagai cincin atau kalung, batu berwarna biru akan membuat seseorang terlihat brilian dan penuh rasa percaya diri.

Kali ini kita akan membahas jenis batu akik berwarna biru yang kerap sekali digunakan sebagai perhiasan. Ini dia 10 jenis batu akik warna biru yang paling cantik.

1. Tanzanite dan Zoisite

Tanzanite dan Zoisite

Tanzanite dan Zoisite

Selain warna ungu, hijau, pink, kuning abu-abu dan tanpa warna, zoisite juga ada yang berwarna biru, sementara yang sedikit keunguan disebut dengan istilah tanzanite. Batu yang terakhir disebut ditemukan pada tahun 1967 di Tanzania, yang akhirnya diabadikan sebagai nama batu yang dimaksud. Meski relatif baru, tanzanite merupakan batu yang cukup populer belakangan ini. Faktanya, batu berwarna biru ini merupakan perlambang dari mereka yang lahir di bulan Desember.

2. Alexandrite Biru

Alexandrite Biru

Alexandrite Biru

Alexandrite merupakan batu akik yang bisa berubah warna dan terdiri dari mineral chrysoberyul. Warna batu ini berubah tergantung sumber cahaya. Di malam hari, Alexandrite akan terlihat berwarna kemerah-merahan dalam pencahayaan minim, sementara di siang hari dia akan terlihat hijau atau biru. Alexandrite merupakan batu yang melambangkan mereka yang lahir di bulan Juni.

3. Serendibite Biru

Serendibite Biru

Serendibite Biru

Serendibite merupakan jenis batu alam mengkilat yang berasal dari Sri Lanka. Awalnya ditemukan dengan warna hijau dan kebanyakan hitam, serendibite ternyata juga ada yang berwarna biru keabu-abuan. Kristal berwarna biru ini dinamakan sesuai dengan istilah Serendib, atau nama Arab untuk Sri Lanka. Mengingat jumlahnya yang cukup sedikit, batu ini memiliki harga yang amat mahal.

4. Safir Biru

Safir Biru

Safir Biru

Safir merupakan batu akik berwarna biru yang paling dikenal secara luas, dan dianggap sebagai satu di antara empat batu alam paling berharga di dunia selain berlian, rubi, dan zamrud. Safir kalah dari berlian dalam hal tingkat kekerasan. Batu berwarna biru ini merupakan variasi dari corondum, mineral yang ketika berwarna merah disebut rubi.

Meski secara tradisi merupakan simbol dari mereka yang lahir di bulan April, batu satu ini telah dianggap sebagai perlambang sosok yang lahir di bulan September dalam penanggalan Romawi. Sementara dari sisi Astrologi, safir merupakan batu yang melambangkan orang dengan zodiak Taurus.



5. Benitoite

Benitoite

Benitoite

Batu ini kebanyakan ditemukan di California dan amat jarang ada di tempat lain. Benitoite merupakan jenis batu akik langka dan hal tersebut otomatis membuatnya memiliki harga yang cukup mahal. Batu ini dinamai sesuai dengan nama Sungai San Benito, yang terletak di dekat aliran sungai tempat batu ini kali pertama ditemukan. Batu ini memiliki variasi kemilau biru pucat hingga terang. Begitu berharganya batu ini, hingga California secara resmi menyatakan Benitoite sebagai batu resmi mereka di tahun 1985.

6. Opal Biru

Opal Biru

Opal Biru

Opal kebanyakan dikenal dengan warna putih dan hitam, namun ternyata batu ini juga ada yang berwarna biru, baik secara variasi warna ataupun warna dasar dari batu itu sendiri. Dalam industri perhiasan, opal merupakan batu yang menjadi perlambang mereka yang lahir di bulan Oktober dan mereka yang memiliki zodiak Libra.

7. Garnet Biru

Garnet Biru

Garnet Biru

Meski jenis yang paling berharga berwarna hijau (demantoid), garnet juga ada yang berwarna biru, dan merupakan jenis yang paling langka. Sama seperti Alexandrite, batu berwarna biru ini juga mampu berubah warna, biru di siang hari dan menjadi merah atau ungu jika berada di bawah pencahayaan minim. Batu akik berwarna biru ini merupakan salah satu yang paling berharga di dunia, dengan harga 1.500 dollar Amerika Serikat per karat.

8. Jeremejevite Biru

Jeremejevite Biru

Jeremejevite Biru

Jeremejevite ditemukan di tahun 1883 oleh seorang ahli mineral asal Rusia bernama Jeremejev, yang lantas menamakan batu tersebut sesuai dengan namanya sendiri. Meski juga ada yang berwarna kuning atau tanpa warna, jeremejevite populer dengan warna biru. Jeremejevite termasuk batu mulia berwarna biru yang paling berharga karena masuk dalam golongan batu langka. Kebanyakan Jeremejevite bahkan sulit untuk dibentuk melalui proses pemotongan.

9. Turmalin biru

Turmalin biru

Turmalin biru

Tersedia dalam varian warna pelangi, turmalin, bisa dipastikan juga memiliki varian berwarna biru. Batu dengan jenis ini merupakan variasi turmalin yang disebut dengan istilah indicolite yang diambil dari kata indigo, meski batu ini sebenarnya berwarna biru tua dan tidak sepenuhnya indigo. Jenis terbaik Turmalin biru dikenal dengan nama Paraiba, dan termasuk jenis batu dengan harga paling mahal.

10. Aquamarine

Aquamarine

Aquamarine

Aquamarine merupakan akik biru yang masuk dalam golongan mineral berwarna biru, yang disebut dengan zamrud ketika ditemukan dalam warna hijau. Nama batu ini berasal dari kata dalam bahasa latin yang berarti ‘air di samudra’, dengan maksud melambangkan warna dari batu itu sendiri. Dalam industri perhiasan, batu ini dikenal sebagai perlambang mereka yang lahir di bulan Oktober atau mereka yang berzodiak Scorpio.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *