10 Jenis Batu Akik Warna Hijau yang Paling Populer

Emerald Zamrud
Share ke teman kamu

Sempat dianggap sebagai tren sesaat, batu akik ternyata masih menjadi salah satu komoditas yang menarik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan kini, komunitas pecinta batu akik kerap dimanjakan dengan kehadiran berbagai event, wadah diskusi online, serta buletin dan majalah yang khusus membahas gemstone ini.

Indonesia sendiri merupakan negara yang dikenal dengan kekayaaan alamnya dan batu akik termasuk salah satunya. Mulai dari Aceh hingga Papua, masing-masing daerah memiliki jenis batu akiknya masing-masing. Warnanya pun bermacam-macam; ada yang hijau, merah, biru, hingga ungu.

Nah, bagi Anda yang tertarik menambah koleksi atau sekedar menambah pengetahuan tentang batu akik, berikut kami sajikan daftar jenis batu akik warna hijau yang belakangan tengah populer di Indonesia.

1. Zamrud (Emerald)

Emerald Zamrud

Emerald Zamrud

Zamrud merupakan batu alam yang dikenal memiliki warna hijau dengan berbagai varian. Zamrud tergolong materi mineral silikat beril. Warna hijau yang ada di dalamnya disebabkan oleh kandungan kromium. Nah, gelap atau terangnya warna hijau ditentukan oleh seberapa besar kadar vanadium dan besi di dalam batu. Dalam skala Mohr, batu ini memiliki tingkat kekerasan 7,5 atau cukup besar.

Batu Zamrud umumnya bisa ditemukan di negara-negara seperti Afrika Selatan, Australia, Brasil, Kolombia, Siberia, dan Zimbabwe.

2. Bacan (Chrysocolla)

Bacan (Chrysocolla)

Bacan (Chrysocolla)

Penggemar batu akik mungkin tidak asing lagi dengan Bacan atau batu yang memiliki nama ilmiah chrysocolla ini. Bacan merupakan batu alam yang dapat ditemui di Pulau Bacan, Halmahera Selatan di provinsi Maluku Utara. Tidak sedikit pihak yang menyebutnya sebagai bacan doko, karena memang berasal dari daerah Doko. Sementara varian lain bacan ada juga yang berwarna biru dan disebut Palamea.

3. Batu Hijau Garut

Batu Hijau Garut

Batu Hijau Garut

Garut merupakan salah satu daerah yang kaya akan batu alam. Namun salah satu yang paling terkenal adalah Batu Hijau, yang mudah ditemukan di Kecamatan Bungbulang di Kabupaten Garut. Kepopuleran batu satu ini bisa dilihat sendiri dari fenomena masyarakat sekitar, yang kerap menggunakan Batu Hijau sebagai aksesoris sehari-hari dan juga memanfaatkannya sebagai barang dagangan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mencari Batu Hijau di Kecamatan Bungbulang bukan hal yang sulit. Kamu bisa mendapatkannya di pengerajin setempat.

Saking indahnya batu hijau, kabar yang beredar luas di masyarakat Garut kerap mengatakan bahwa orang-orang Korea dan Taiwan sampai rela datang ke Indonesia untuk memburu batu satu ini.

4. Batu Topaz

Batu Topaz

Batu Topaz

Topaz merupakan batu alam yang dibentuk dari senyawa kimia alumunium dan fluorin. Topaz bisa ditemukan di lubang uap lava, seperti yang bisa dilihat di pegunungan Topaz yang ada di Utah, Amerika Serikat dan Pegunungan Ural dan Ilmen di Rusia. Selain itu, jenis batu ini juga umum ditemukan di Afghanistan, Sri Lanka, Republik Ceska, Jerman, Norwegia, Pakistan, Italia, Jepang, Meksiko, dan Brasil.



5. Batu Lumut Sungai Dareh

Batu Lumut Sungai Dareh

Batu Lumut Sungai Dareh

Anda yang gemar mengoleksi batu akik unik dan langka, sebaiknya mempertimbangkan untuk memiliki Batu Lumut Sungai Dareh. Di daerah asalnya, Dharmasraya – Sumatera Barat, batu ini dikenal juga dengan nama Lumuik. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah Giok Sumatera maupun Giok Kandi.

Salah satu faktor yang membuat popularitas batu ini meningkat adalah ketika muncul pemberitaan yang mengatakan bahwa Presiden negara adidaya Amerika Serikat, Barack Obama, menjadi salah satu kolektor yang juga ikut mengenakan batu Lumut Sungai Dareh.

Batu Lumut Sungai Dareh merupakan batu yang memiliki kekerasan berstandar Internasional, yakni 7 dalam skala Mohrs.

6. Alexandrite

Alexandrite

Alexandrite

Alexandrite merupakan batu yang masih sejenis dengan chrysoberyl. Tergantung variasinya, Alexandrite bisa menghasilkan banyak warna berbeda. Alexandrite yang berasal dari Rusia akan terlihat berwarna hijau pekat, namun dengan pencahayaan remang-remang di malam hari, batu ini akan berubah warna menjadi merah. Sementara variasi batu Alexandrite yang lain mungkin akan menghasilkan warna kuning atau pink di siang hari. Di Amerika Serikat, batu ini kerap dijadikan hadiah atau semacam jimat keberuntungan bagi mereka yang lahir di bulan Juni.

7. Turmalin

Turmalin hijau

Turmalin hijau

Selain warna hitam, merah, dan kuning, Turmalin juga kadang hadir dalam warna hijau. Batu berwarna hijau berjenis Turmalin disebut dengan istilah elbaite, yang lantas dibagi ke dalam dua varian: verdelite dan indicolite, yang disebut terakhir kadang juga berwarna biru. Kedua batu tersebut berasal dari Brasil, dan kini tengah populer lantaran dianggap sebagai salah satu batu hijau dengan harga yang cukup mahal.

8. Opal

Opal hijau

Opal hijau

Selain warna putih, hitam, merah, dan kuning, batu Opal yang berharga juga memiliki varian warna hijau, atau hitam/putih yang bisa menampakkan variasi warna hijau jika mendapatkan ekspos cahaya dari sudut tertentu. Batu opal dengan warna dasar putih dan kemilau berwarna hijau merupakan salah satu yang paling berharga di pasaran. Nilainya akan meningkat jika warna dasarnya adalah hitam. Kebanyakan batu hijau satu ini berasal dari Australia, namun juga bisa ditemukan di Peru.

9. Safir Hijau

Safir Hijau

Safir Hijau

Safir masuk dalam golongan mineral yang disebut dengan istilah corundum, bersama dengan rubi atau safir merah. Pada umumnya batu ini dikenal memiliki warna biru, namun ada juga jenis yang berwarna hitam, kuning, dan hijau. Namun demikian, batu safir berwarna hijau jarang digunakan dalam pembuatan perhiasan, jika dibandingkan dengan jenis batu safir lainnya. Umumnya, batu safir merupakan perlambang dari mereka yang lahir di bulan September dalam penanggalan Romawi.

10. Zircon Hijau

Zircon Hijau

Zircon Hijau

Zircon merupakan alternatif yang populer untuk berlian. Selain tersedia dalam warna merah, kuning, dan hitam, zircon juga ada yang berwarna hijau. Meski termasuk batu yang memiliki kualitas terbaik jika dibandingkan dengan batu alam lainnya, Zircon diklaim terdapat dalam jumlah banyak di lapisan bumi, yang membuatnya tidak dihargai terlalu mahal jika dibandingkan dengan batu lainnya.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *