10 Jenis Batu Akik Warna Hitam yang Paling Elegan

Hematite
Share ke teman kamu

Seiring dengan perkembangan tren batu akik di Indonesia, penggemarnya kini tak lagi didominasi oleh pria dewasa, yang kerap menjadikannya sebagai cincin. Kalangan lain seperti wanita dan remaja bahkan kini mulai menggunakan akik sebagai aksesori untuk mempercantik diri, dalam bentuk kalung atau cincin berukuran kecil.

Batu akik memang bisa dimanfaatkan sebagai fashion item untuk menambah rasa percaya diri, lantaran tersedia dalam berbagai warna dan bisa dipadukan dengan pakaian yang kita pakai.

Salah satu jenis batu akik yang kini masih cukup jarang dilirik oleh para penggemar di Indonesia adalah batu akik yang berwarna hitam. Kalau kamu mengira bahwa batu akik jenis ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang mengusung gaya emo atau gothic, kamu salah. Batu hitam ini justru jauh lebih match untuk dipadukan dengan berbagai jenis warna baju yang akan membuat kamu tampil lebih elegan.

Tertarik? Berikut daftar 10 jenis batu akik warna hitam yang paling elegan.

1. Opal hitam

Opal hitam

Opal hitam

Opal hitam atau black opal jauh lebih unggul dari berlian hitam dalam hal harga dan nilai. Opal, tidak hanya tersedia dalam berbagai variasi kemilau, namun juga warna dasar, termasuk di antaranya hitam. Karena warna dasar hitam tersebut, warna yang dipantulkan oleh batu ini akan terlihat mencolok. Tidak seperti Opal putih, batu berwarna hitam merupakan jenis yang paling langka dan paling berharga. Kebanyakan batu hitam ini berasal dari Australia. Opal secara umum dianggap sebagai perlambang mereka yang lahir di bulan Oktober.

2. Obsidian

Obsidian

Obsidian

Obsidian merupakan produk dari gunung berapi. Meski batu berwarna hitam ini memiliki permukaan berkilau, obsidian bukanlah kristal, seperti kebanyakan batu mulia, dan bisa terbentuk dari berbagai komponen yang dipengaruhi oleh aktivitas vulkanik. Batu berwarna hitam akan terbentuk ketika lava mendingin dengan cepat. Batu ini juga bisa berwarna abu-abu jika dipotong dengan cara yang berbeda.

3. Beryl hitam

Beryl hitam

Beryl hitam

Beryl murni berwarna cerah, namun jenis lain memiliki warna yang berbeda, termasuk di antaranya kuning dan hijau, yang membuatnya dikenal dengan istilah zamrud. Sementara beryl merah merupakan varian yang paling langka, batu dengan warna hitam juga tidak kalah jarang, mengingat hanya ada beberapa yang ditemukan di kawasan Mozambique dan Madagaskar.

4. Mutiara hitam

Mutiara hitam

Mutiara hitam

Mutiara tidak hanya berwarna putih, ada juga jenis mutiara hitam. Mutiara jenis ini dihasilkan oleh kerang dengan nama Pinctada margaritifera. Mutiara hitam juga dikenal dengan nama mutiara Tahiti yang sangat langka. Oleh karena itu mutiara hitam ini sangat berharga dan langka dibandingkan dengan mutiara lainnya karena jumlahnya sangat sedikit.



5. Safir hitam

Safir hitam

Safir hitam

Mineral dengan jenis corundum, jika tidak berwarna merah dan kemudian disebut dengan rubi, dikenal dengan nama safir. Safir tersedia dalam berbagai variana warna, termasuk di antaranya hitam dan putih. Batu berwarna hitam mungkin memiliki jenis kecerahan yang berbeda. Jenis terbaik dikenal dengan nama safir bintang hitam. Batu safir merupakan perlambang bagi mereka yang lahir di bulan September dan juga orang-orang berzodiak Taurus.

6. Serendibite

Serendibite

Serendibite

Serendibite belum lama ini dianggap sebagai salah satu jenis batu mulia yang amat berharga, dengan variasi warna hijau, biru, atau hitam. Sebelum tahun 2005, hanya warna hijau (dengan jumlah amat sedikit) saja ditemukan di Sri Lanka. Namun demikian, serendibite dengan jenis warna hitam pada akhirnya ditemukan di Myanmar, yang kini menjadi salah satu negara utama pemasok batu mulai jenis ini.

7. Garnet hitam

Garnet hitam

Garnet hitam

Umumnya Garnet dikenal memiliki warna merah, namun ternyata ada juga Garnet yang berwarna hitam. Batu dengan jenis warna ini berasal dari dua spesies Garnet, yang dikenal dengan nama pyrope dan andradite. Batu hitam ini lantas mendapat istilah khusus dengan sebutan melanite. Garnet merupakan batu yang dianggap mewakili mereka yang lahir di bulan Januari, terutama bagi para masyarakat Amerika Serikat dan Britania Raya, begitu pula dengan mereka yang memiliki zodiak Aquarius.

8. Onyx hitam

Onyx hitam

Onyx hitam

Onyx merupakan jenis agate dengan berbagai lapisan warna berbeda, paling populer dikenal dengan warna hitam dan putih. Kata Onyx sendiri umumnya digunakan untuk menyebut batu dengan warna hitam, sementara jenis putih disebut dengan istilah chalcedony. Onyx merupakan perlambang untuk mereka yang lahir di bulan Juli atau memiliki zodiak Leo.

9. Moonstone hitam

Moonstone hitam

Moonstone hitam

Meski pada umumnya dikenal dengan warna putih, moonstone juga bisa hadir dalam bentuk batu hitam. Sama seperti batu dengan warna putih, batu dengan jenis warna hitam juga terdiri dari mineral bernama feldspars, sama dengan oligoclase dan andesine. Batu ini mungkin tidak berwarna hitam pekat, namun hitam keabu-abuan, bahkan dalam kasus tertentu bisa berwarna beige dan lebih mendekati moonstone jenis putih. Mereka yang lahir di bulan Juni amat cocok mengenakan batu ini.

10. Hematite

Hematite

Hematite

Hematite atau haematite, merupakan sebuah mineral yang memiliki struktur kristal sama dengan rubi dan safir. Nama hematite datang dari istilah Yunani ‘haimatites’ yang berarti ‘seperti darah’, merujuk pada warna merah ketika masih berada di dalam perut bumi. Selain berwarna hitam, batu ini juga hadir dalam warna abu-abu atau perak, namun selalu memiliki aksen merah. Hematite memiliki tingkat kekerasan lebih tinggi dari besi murni.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *