10 Jenis Batu Akik Warna Kuning yang Paling Menawan

Topaz kuning
Share ke teman kamu

Batu akik merupakan batu alam yang memiliki berbagai varian warna. Perbedaan warna tersebut disebabkan oleh persentase dan jenis mineral yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, tak perlu heran jika kini di pasaran terdapat batu akik dalam berbagai macam warna.

Batu akik berwarna kuning termasuk salah satu yang cukup mudah kita temui. Kuning merupakan warna yang cerah dan perhiasan dengan batu berwarna kuning akan membuat pemakainya terlihat cerah dan memiliki aura khusus, yang hanya bisa dipancarkan oleh warna kuning.

Tertarik mengetahui berbagai macam jenis batu akik warna kuning yang biasa digunakan dalam perhiasan? Berikut daftar lengkapnya, disusun dari termahal hingga paling terjangkau.

1. Safir kuning

Safir kuning

Safir kuning

Safir berasal dari mineral bernama corundum, yang hanya kalah dari berlian dalam tingkat kekerasan, dan ketika berwarna merah ia akan disebut sebagai rubi. Selain hijau, hitam, dan warna yang paling umum, biru, safir juga hadir dalam bentuk batu alam berwarna kuning. Meski secara tradisi dikenal sebagai batu yang melambangkan orang dengan kelahiran bulan April, dalam penanggalan barat, batu safir justru melambangkan mereka yang lahir di bulan September dan sosok berzodiak Taurus.

2. Rhodizite dan Londonite kuning

Londonite kuning

Londonite kuning

Selain warna putih, rhodizite dan londonite juga tersedia dalam warna kuning. Batu berwarna kuning merupakan jenis yang mengandung mineral borate, mineral yang mirip dengan apa yang terdapat di dalam garam. Namun tidak seperti garam, batu alam ini tidak bersifat lembut dan larut, melainkan tahan terhadap perubahan cuaca. Batu jenis ini juga berharga amat mahal lantaran sifatnya yang langka.

3. Spinel kuning

Spinel kuning

Spinel kuning

Meski lebih banyak dikenal dengan warna merah, yang membuat batu ini menjadi alternatif rubi, spinel juga ada yang berwarna kuning, begitu pula dengan hitam, biru, dan hijau. Batu berwarna kuning merupakan jenis yang amat langka. Hal tersebut membuatnya jarang dimanfaatkan sebagai perhiasan dan hanya masuk dalam lemari para kolektor.

4. Turmalin kuning

Turmalin kuning

Turmalin kuning

Selain warna hitam, merah, hijau, dan hampir seluruh warna lainnya, turmalin juga tersedia dalam warna kuning, meski jumlahnya amat sedikit dan juga langka. Batu dengan jenis seperti ini terbentuk dari spesies khusus turmalin yang dikenal dengan nama dravite, sama berharganya dengan batu sejenis bernama elbaite. Turmalin kuning banyak ditemukan di Brasil dan Afrika.



5. Cymophane

Cymophane

Cymophane

Batu chrysoberyl pada umumnya berwarna hijau kekuningan, yang bisa bervariasi antara transparan hingga buram. Ketika chrysoberyl ditemukan dalam warna kuning, maka batu mulia yang berharga ini disebut dengan istilah cymophane, atau lebih dikenal dengan nama ‘mata kucing’. Batu jenis ini merupakan batu mulia terkeras ketiga setelah berlian dan corundum. Pancaran sinar dari batu ini diyakini amat mirip dengan kilatan bola mata seekor harimau, hingga membuatnya memiliki nilai jual yang amat tinggi di pasaran.

6. Garnet kuning

Garnet kuning

Garnet kuning

Garnet lebih banyak dikenal orang dengan warna merah. Nama garnet sendiri memiliki makna ‘merah kelam’, tetapi batu mulia yang amat berharga ini juga ada yang berwarna kuning. Jenis ini dibagi menjadi tiga spesies garnet, yang disebut dengan spessartine (juga dikenal dengan nama spessartite), andradite (juga dikenal dengan nama topazolite), dan grossular. Garnet secara umum merupakan perlambang bagi mereka yang lahir di bulan Januari atau berzodiak Aquarius.

7. Topaz kuning

Topaz kuning

Topaz kuning

Di Abad Pertengahan, nama topaz biasa digunakan untuk menyebut batu alam apapun berwarna kuning, namun kini istilah yang sama hanya digunakan untuk mengidentifikasi mineral silikat, yang juga tersedia dalam warna hijau, biru, dan merah. Batu topaz dengan warna kuning merupakan salah satu jenis topaz yang paling berharga dan kerap disebut dengan istilah imperial topaz. Brasil merupakan tempat utama pemasok batu jenis ini.

8. Opal kuning

Opal kuning

Opal kuning

Opal tidak hanya terbatas pada opal pada umumnya yang berwarna hitam atau putih, dan bisa menghasilkan variasi warna berbeda seperti kuning dan merah. Batu dengan jenis warna kuning berasal dari tipe opal khusus, termasuk di antaranya wax opal dari Eropa, fire opal dari Meksiko, lemon opal dari Amerika Serikat, serta opal kuning yang umumnya dapat ditemukan di Australia. Opal secara tradisional merupakan lambang dari mereka yang lahir di bulan Oktober.

9. Peridot

Peridot

Peridot

Peridot secara teknis tidak termasuk dalam batu alam berwarna kuning, namun batu alami berwarna hijau yang berasal dari kandungan olivin. Batu mulia ini hadir dalam berbagai variasi warna, mulai dari hijau hingga hijau kombinasi kuning. Namun demikian, ada jenis khusus yang jika diperhatikan seperti benar-benar didominasi oleh warna kuning. Peridot merupakan batu alam yang merupakan lambang dari orang yang lahir di bulan Agustus.

10. Giok kuning

Giok kuning

Giok kuning

Giok kuning berasal dari dua variasi giok: jadeite dan nephrite, yang juga tersedia dalam warna putih dan hijau. Batu yang nilainya tak terlalu tinggi ini memiliki variasi warna transparan hingga buram. Jika Anda kebetulan berada di Tiongkok atau Selandia Baru, maka Anda beruntung. Pasalnya, giok dianggap sebagai batu berharga yang bernilai amat tinggi di kedua negara tersebut.







Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *