10 Jenis Batu Akik Warna Merah yang Paling Sexy

Andesine
Share ke teman kamu

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang menggemari batu akik dan kerap menggunakannya sebagai perhiasan? Batu berwarna merah kerap jadi pilihan bagi mereka yang ingin menarik perhatian dari orang-orang di sekelilingnya. Selain itu, warna merah juga menjadi symbol dari sisi ‘sexy’ seseorang. Batu dengan warna merah sering digunakan sebagai kalung, gelang, dan anting.

Tertarik mengetahui berbagai macam jenis batu akik warna merah yang biasa digunakan sebagai perhiasan? Inilah daftarnya, disusun mulai dari yang paling mahal hingga termurah.

1. Fire Opal

Fire Opal

Fire Opal

Fire opal merupakan opal berwarna merah, oranye, atau kuning. Dari semua varian opal tersebut, warna merah merupakan yang paling langka. Kebanyakan opal merah yang beredar di seluruh dunia berasal dari Meksiko. Opal secara umum merupakan lambang dari mereka yang lahir di bulan Oktober.

2. Beryl merah

Beryl merah

Beryl merah

Batu jenis ini sebelumnya dikenal dengan nama bixbite. Beryl merah merupakan jenis akik atau batu mulia berwarna merah yang langka. Sama seperti berlian, beryl alami tidak memiliki warna. Batu yang berharga ini kerap berbaur dengan mineral lain dan membuatnya memiliki varian warna berbeda, termasuk beryl hijau atau zamrud, dan yang tidak kalah berharga, beryl merah. Beryl merah biasanya ditemukan di Utah dan New Mexico. Batu satu ini termasuk yang paling berharga di antara batu mulia lainnya.

3. Rubi

Rubi

Rubi

Nama Rubi berasal dari kata dalam bahasa latin ‘rubeus’ yang berarti ‘merah’. Sama seperti safir, rubi merupakan batu yang masuk dalam golongan mineral conundrum, yang membuat batu ini memiliki variasi warna mulai dari merah darah hingga pink. Warna juga merupakan faktor penting yang menentukan harga rubi. Semakin pekat warna merahnya, harganya juga akan semakin mahal. Rubi dengan nilai tertinggi biasanya disebut dengan istilah darah merpati.

Batu rubi sering ditemukan di kawasan Asia, seperti Myanmar, yang juga dikenal sebagai negara pemasok terbesar Rubi semenjak berabad-abad silam.

4. Pezzottaite

Pezzottaite

Pezzottaite

Pezzottaite sedikit mirip dengan beryl merah, meski kandungan lithium yang ada di dalamnya jelas membedakan batu ini dengan jenis lainya. Batu mulia berwarna merah ini baru-baru ini ditemukan oleh para penambang di daerah Madagaskar dan Afghanistan. Batu satu ini biasanya berwarna merah seperti buah raspberry, oranye, atau pink.

5. Imperial Topaz

Imperial Topaz

Imperial Topaz

Imperial Topaz merupakan topaz dengan nilai yang amat tinggi dan kerap ditemukan dalam varian warna kuning, oranye, merah muda, dan merah cenderung pink. Imperial Topaz merupakan jenis topaz yang paling langka, dan yang berwarna merah justru jauh lebih langka. Tidak banyak tempat di dunia yang diketahui memiliki kandungan batu ini di dalam tanahnya, namun penelitian menyebutkan bahwa Brasil merupakan salah satu negara yang cukup sering memasok Imprerial Topaz.



6. Spinel merah

Spinel merah

Spinel merah

Spinel merupakan akik atau batu mulia yang tersedia dalam berbagai varian warna, termasuk di antaranya merah. Batu dengan warna merah sering disebut dengan istilah rubi balas. Namun istilah tersebut tak lagi digunakan di era pengetahuan ilmiah modern, di mana batu mulia berwarna merah kerap diidentikkan dengan rubi.

Batu ini sendiri memang sering digunakan sebagai alternatif rubi. Kata balas sendiri berasal dari sebuah daerah di Asia Tengah atau Persia, yang kini dikenal dengan nama Afghanistan, yang sudah bertahun-tahun lamanya dikenal sebagai pemasok terbesar akik merah. Batu jenis ini juga bisa ditemukan di Sri Lanka dan Myanmar.

7. Rubellite

Rubellite

Rubellite

Rubellite merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut turmalin merah, mineral keras mirip dengan kaca. Batu merah ini berasal dari spesies turmalin yang dinamakan elbaites, yang juga ditemukan dalam varian warna biru, hijau, dan tanpa warna. Rubellite sendiri beragam jenisnya, mulai dari merah hingga merah muda. Batu jenis ini bisa ditemukan di Brasil, Afrika, dan Pakistan.

8. Zircon merah

Zircon

Zircon

Zircon merupakan batu mulia mirip berlian yang tersedia dalam berbagai varian warna, termasuk di antaranya kuning, hijau, dan hitam. Zircon dengan warna merah secara spesifik disebut dengan nama hyacinth. Zircon merupakan mineral yang banyak ditemukan di lapisan perut bumi, dan itulah mengapa batu satu ini harganya tidak terlalu mahal. Zircon sendiri kerap digunakan sebagai alternatif pengganti berlian. Zircon merupakan batu yang cukup populer di Amerika Serikat, lantaran kerap dikaitkan dengan mereka yang lahir di bulan Desember.

9. Andesine

Andesine

Andesine

Bersama dengan sunstone dan oligoclase, andesine merupakan batu mulia yang masuk dalam golongan mineral bernama feldspar. Andesine secara natural memang kerap ditemukan berwarna merah. Batu ini sendiri belum terlalu lama dikenal oleh industri perhiasan.

10. Red Garnet

Garnet

Garnet

Kata garnet berasal dari bahasa Prancis kuno ‘grenat’ yang berarti ‘merah pekat’, meski garnet merupakan batu mulia yang tidak hanya ditemukan berwarna merah, namun juga dalam varian warna pelangi, seperti merah muda, coklat, bahkan tanpa warna. Batu dengan jenis merah merupakan hasil dari spesies khusus garnet yang bernama: almandine, pyrope, spessartine, andradite, dan grossular. Dari semua tipe batu tersebut, yang paling umum ditemui adalah almandines, atau disebut juga dengan istilah carbuncles, batu berwarna merah pekat.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *