10 Jenis Batu Akik yang Cocok Untuk Wanita

Safir kuning
Share ke teman kamu

Tren batu akik yang tengah melanda Indonesia berpengaruh tak hanya bagi para penggemar batu mulia yang mulanya didominasi oleh kaum adam, namun juga kalangan lain seperti remaja dan wanita dewasa.

Memang, pada dasarnya akik merupakan batu mulia atau gemstone yang umum dimanfaatkan sebagai perhiasan berupa kalung, liontin, cincin dan lain sebagainya. Tak heran jika golongan kaum hawa pun ikut terjangkit wabah batu akik.

Lantas pertanyaannya, apakah semua jenis batu akik cocok digunakan oleh wanita? Well, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan pilihan, seperti warna dan motif. Namun tahukah kamu kalau ternyata beberapa jenis batu akik memberikan efek positif bagi wanita? Berikut 10 jenis batu akik yang cocok untuk wanita.

1. Amber

Amber

Amber

Amber merupakan getah pohon yang akhirnya menjadi fosil, dan sudah dianggap sebagai barang berharga sejak jaman dahulu kala, lantaran memiliki warna dan keindahan yang terlihat alami. Selain digunakan sebagai perhiasan, amber juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan parfum dan juga media pengobatan dalam beberapa metode tradisional.

Amber dibagi menjadi lima kelas berdasarkan susunan zat kimia yang terkandung. Karena mulanya berasal dari getah, amber kadang mengandung sisa-sisa binatang atau tumbuhan. Selain indah, Amber juga dipercaya memiliki efek menenangkan.

2. Ametis

Ametis

Ametis

Ametis merupakan varian warna ungu dari batu sejenis kuarsa, yang sering digunakan untuk membuat perhiasan. Nama batu ini berasal dari istilah Yunani ‘methystos’ yang berarti ‘tidak bisa diracuni’, sebagai referensi terhadap keyakinan yang mengatakan bahwa pemilik batu ini tidak akan bisa mengalami mual atau mabuk. Warga Yunani kuno kerap menghiasi botol minuman mereka dengan batu ini, dengan harapan agar mereka tak keracunan. Ametis merupakan batu yang melambangkan mereka yang lahir di bulan Febuari.

Para pemilik batu ametis juga dipercaya akan merasakan efek positif seperti keseimbangan selama menjalani sebuah periode transisi. Ametis juga dipercaya bisa mengurangi kegelisahan yang ada dalam diri penggunanya.

3. Red Coral

Red Coral

Red Coral

Coral mulia atau red coral merupakan nama umum dari Corallium rubrum dan beberapa terumbu karang yang terdapat di lautan. Karakteristik yang paling membedakan koral biasa dengan red coral adalah kekuatan material dan kepekatan warna merah atau pink, yang membuatnya kerap dimanfaatkan sebagai perhiasan.

Red Coral sering dianggap sebagai batu yang bisa membantu seseorang mengendalikan emosi. Batu ini juga bisa memancing munculnya energi positif dan memperkuat organ reproduksi wanita, lantaran bisa memicu terjadinya regenerasi jaringan tubuh.

4. Garnet

Garnet

Garnet

Garnet merupakan kelompok khusus mineral silikat yang sudah lama digunakan sebagai batu mulia. Semua spesies garnet memiliki bentuk fisik dan kristal yang sama, namun berbeda dalam susunan zat kimianya. Spesies yang dimaksud adalah pyrope, almandine, spessartine, grossular, uvarovite, dan andradite.

Batu Garnet dianggap mampu memperkuat energi kehidupan dan sangat cocok bagi para wanita yang sedang putus asa karena merasa lemah dan tak berdaya. Efek lain yang juga tidak kalah positif adalah meningkatkan seksualitas (dari aspek fisik) dan juga kesuburan.

5. Giok

Giok

Giok

Giok merupakan batu yang memiliki ornamen. Kata giok atau jade digunakan untuk menyebut dua batu berbeda yang dibentuk dari jenis mineral silikat berbeda. Dua jenis batu tersebut adalah Nephrite dan Jadeite. Batu yang disebut terakhir memiliki nilai lebih tinggi, karena terdiri dari sodium dan alumunium.



Giok dikenal sebagai batu alam yang mampu menetralkan emosi seseorang dan membantu membawa kedamaian bagi mereka yang sering berinteraksi dengan orang lain. Batu ini juga dianggap berkhasiat dalam mendatangkan harmoni, keseimbangan, dan ketenangan, terutama setelah seseorang mengalami kehilangan yang mengejutkan.

6. Jasper

Jasper

Jasper

Jasper biasanya tersedia dalam warna merah, kuning, coklat, atau hijau. Permukaan batu ini amat halus dan bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari sebuah ornamen atau batu mulia. Jika digosok, Jasper akan makin mengkilat dan biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat vas atau wadah tertentu. Batu ini merupakan simbol khusus bagi mereka yang lahir di bulan Maret.

Jasper merupakan batu yang dianggap bisa menenangkan energi agresif dan membantu proses pemulihan dari stress, trauma operasi, dan segala jenis trauma lainnya.

7. Safir kuning

Safir kuning

Safir kuning

Sama seperti namanya, safir kuning merupakan batu mulia yang memancarkan warna kuning. Batu ini memiliki nilai cukup tinggi dan melambangkan kejujuran penggunanya. Safir juga melambangkan kemakmuran dan kemapanan, bagus bagi wanita yang bergerak di bidang bisnis atau industri.

Safir kuning juga amat bagus bagi mereka yang tengah mendambakan keturunan, atau mereka yang tertarik dengan hal-hal seperti meditasi yoga dan motivasi spiritual.

8. Rubi

Rubi

Rubi

Rubi merupakan batu mulia dengan warna bervariasi, mulai dari pink hingga merah darah, sebagai bentuk variasi dari elemen corundum. Warna merah disebabkan oleh kehadiran elemen chromium. Nama Rubi berasal dari kata ‘ruber’ bahasa latin untuk merah. Jenis lain batu mulia yang terbentuk dari corundum dikenal dengan nama safir.

Rubi dikenal sebagai satu di antara empat batu paling berharga di dunia, bersama dengan safir, zamrud, dan berlian.
Warna merah yang ada di dalam batu rubi seringkali diasosiasikan dengan cinta dan gairah. Rubi seringkali dijadikan sebagai hadiah untuk melambangkan cinta abadi. Selain itu, raja-raja dari kerajaan zaman dahulu juga sering menggunakan cincin rubi sebagai perlambang kemewahan dan kekuasaan.

9. Zamrud

Zamrud

Zamrud

Zamrud merupakan batu mulia dan variasi dari mineral beryl. Warna hijau disebabkan oleh kandungan chromium dan kadang vanadium. Berdasarkan pada skala Mohs, batu satu ini memiliki tingkat kekerasan antara 7,5 hingga 8 atau termasuk batu yang memiliki standar Internasional.

Zamrud merupakan batu yang menjadi lambang orang-orang yang lahir di bulan Mei. Diyakini batu ini membuat penggunanya dihampiri kemakmuran, dan juga reputasi baik di mata orang-orang di sekitarnya. Selain itu, Zamrud juga dipercaya mampu memberikan ketenangan secara batin dan memancing kreativitas.

10. Lolite

Lolite

Lolite

Lolite merupakan batu mulia yang merupakan variasi dari cordierite. Lolite berwarna putih dianggap sebagai perhiasan yang populer di Eropa pada Abad ke-18. Namun batu jenis ini relatif baru dalam industri perhiasan modern dan belakangan mendapatkan respon positif dari penggemar batu mulia. Karena tingkat kekerasannya cukup tinggi, Iolite termasuk batu yang sulit dipotong.

Lolite merupakan batu yang dinilai memiliki khasiat mempertajam pandangan seseorang, baik secara fisik maupun spiritual. Berkat efek positif tersebut, batu ini juga dikenal dengan istilah ‘viking compass’.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *