10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik Untuk Akuarium

Fantail Guppy
Share ke teman kamu

Mau tau cara menghilangkan stress tanpa biaya di rumah? Punya hewan peliharaan jawabannya.

Memang ada hubungan antara hewan peliharaan dan stress? Jelas dong! Menurut penelitian, memiliki hewan peliharaan dipercaya mampu menghilangkan stress dan depresi. Dengan memiliki hewan peliharaan di rumah, kamu akan terbebas dari rasa bosan, dan lebih banyak tertawa karena tingkah lucu mereka.

Hewan yang paling sering dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah anjing dan kucing. Memang kedua hewan ini adalah primadona, tingkah mereka sangat menggemaskan dan lebih cute lagi ketika mereka memakai berbagai jenis kostum. Tetapi sayangnya, beberapa orang enggan memiliki hewan peliharaan karena perawatannya yang ribet, belum lagi kalau di apartemen ada larangan untuk tidak membawa hewan peliharaan.

Nah, salah satu hewan peliharaan yang perawatannya nggak ribet adalah ikan. Ruang gerak ikan juga nggak lebar, kamu cuma perlu akuarium kecil yang bisa diletakkan di atas meja. Atau kamu juga bisa meletakkan akuarium ini dekat dengan meja kerja di rumah, jadi waktu kamu stress bisa kerja sambil liatin ikan warna-warni yang lagi berenang.

Apa saja jenis ikan hias air tawar yang cocok untuk akuarium kamu? Ini dia daftar 10 jenis ikan hias air tawar tercantik yang bisa kamu pelihara di akuarium.

1. Diskus

Diskus

Diskus

Ikan Diskus adalah genus dari Cichlids yang hidup di lembah Sungai Amazon. Ikan Diskus memiliki warna cerah, sehingga jenis ikan hias air tawar ini sangat populer sebagai pilihan yang cocok untuk akuarium air tawar. Mereka memiliki pola warna merah, orange, coklat, pastel, dan warna biru cerah.

Ikan Diskus mudah dikenali dari semua warna tubuhnya yang cerah. Beberapa varietas ikan ini ada yang memiliki warna tunggal bahkan ada yang tubuhnya berwarna putih bersih. Saat ini, Diskus telah dibudidayakan oleh manusia untuk menghasilkan lebih banyak variasi bentuk dan pola warna.

2. Killifish

Killifish

Killifish

Killifish tersebar di seluruh Asia, Amerika Selatan, Amerika Utara, Afrika, dan sebagian Eropa. Mereka memiliki tubuh yang penuh warna dan populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar. Killifish adalah ikan air tawar yang terkenal mudah perawatannya di akuarium. Mereka memiliki varian warna merah, orange, dan biru. Killifish betina memiliki varian warna yang lebih sedikit dibanding jantan. Killifish jantan memiliki pola warna biru dan kuning dengan bintik-bintik orange dengan garis-garis dari tubuh ke ujung sirip.

3. Betta

Betta

Betta

Betta Fish juga dikenal sebagai Siamese atau ikan petarung. Ikan Betta jantan memiliki varian warna yang jauh lebih banyak dibandingkan Betta betina.

Varian warna yang dimiliki Betta adalah putih, hitam, merah, kuning, orange, ungu, dan biru. Mereka juga hadir dengan warna monokrom, dengan tampilan dua gradasi warna atau lebih. Ikan Betta memiliki sirip yang panjang dan lebar menjuntai indah ketika mereka berenang. Istimewanya, ikan ini termasuk ikan yang berumur panjang dan mudah sekali perawatnnya, sehingga termasuk salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer.

4. German Blue Ram

German Blue Ram

German Blue Ram

German Blue Ram adalah genus dari Cichlids dengan ukuran kecil, pembawaan tenang, dan penuh warna. Spesies ini memiliki warna tubuh utama kuning dan hijau dengan bintik-bintik kecil berwarna biru yang menutupi sirip mereka. Mereka juga memiliki tujuh garis vertikal gelap pada tubuhnya, dan satu garis jelas di kepala yang membentang melewati mata. Tubuhnya memiliki bercak merah pada bagian perut, dekat mata, bagian atas dan bawah dari sirip punggung dan ekor. Sirip German Blue Ram berwarna merah dan biru, sedangkan sirip punggung didominasi warna kuning dan hitam.

5. Endlers Livebearer

Endlers Livebearer

Endlers Livebearer

Endlers adalah jenis ikan hias air tawar yang terbilang langka jika kamu mencarinya di toko-toko ikan biasa, tetapi kamu bisa menemukan ikan ini di toko khusus para penggemar endlers. Ikan endlers memiliki penampilan seperti ikan Guppy liar. Mereka memiliki warna tubuh neon dengan gradasi warna orange, hitam, kuning, hijau, dan baby blue. Endlers memiliki ukuran tubuh kecil, berkepribadian ramah, mudah beradaptasi dengan kondisi akuarium, dan mudah untuk diurus.

6. Boeseman’s Rainbowfish

Boeseman’s Rainbowfish

Boeseman’s Rainbowfish

Boeseman’s Rainbowfish adalah ikan endemik yang hidup di perairan timur pulau New Guinea. Ikan ini memiliki watak yang tenang dan merupakan jenis ikan hias air tawar yang populer di kalangan penggemar ikan dan akuarium karena warna mereka yang langka dan cantik.

Pola warna ikan ini sangat unik bila dibandingkan spesies lain dari rainbowfish. Sirip belakangan mereka berwarna orange cerah dengan campuran warna abu-abu, biru, dan ungu. Tubuhnya memiliki garis gelap sempit, dengan warna putih pada kedua tepi sirip luarnya.

7. Gourami

Gourami

Gourami

Gourami adalah ikan gurami yang biasanya sering kita konsumsi di rumah makan. Siapa sangka kalau ternyata beberapa spesies gurami ada yang digunakan sebagai ikan hias. Ikan ini adalah kelompok ikan air tawar yang berasal dari Asia, Pakistan, India, dan Korea. Salah satu spesies ikan gurami yang paling berwarna adalah Red Fire Dwarf, Blue Gouramis, dan Banded Gouramis. Mereka adalah jenis ikan yang mudah diurus, dan sangat aktif. Tubuh ikan ini memiliki banyak varian warna seperti biru, emas, neon, dan jingga.

8. Peacock Cichlid

Peacock Cichlid

Peacock Cichlid

Peacock Cichlid memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan jenis ikan hias air tawar lainnya, sehingga ikan ini sangat populer di kalangan pecinta akuarium selama lebih dari 30 tahun. Ikan Peacock Cichlid menampilkan warna cerah yang cemerlang, perpaduan antara warna biru, emas, kuning terang, dan orange menyala. Mereka juga memiliki garis-garis gelap vertikal di sekujur tubuhnya. Ikan ini juga memiliki kepribadian yang ramah dengan ikan lain sesama penghuni akuarium.

9. Fantail Guppy

Fantail Guppy

Fantail Guppy

Fantail Guppy adalah ikan yang memiliki warna menarik, harganya pun relatif murah. Warna dan pola dari Fantail Guppy sangat beragam. Ikan ini memiliki bentuk ekor panjang menyerupai kipas. Saat berenang dalam akuarium, ekor ikan ini akan bergerak-gerak cantik, membuat siapa saja yang melihat tertarik. Ikan ini memiliki penampilan yang anggun, inilah yang menjadi alasan utama mengapa banyak orang suka memelihara Fantail Guppy dalam akuarium. Ada lebih dari 20 kombinasi warna yang dimiliki spesies Guppy ini. Kebanyakan dari mereka berwarna merah, biru, ungu, dan kuning.

10. Gold Fish

Gold Fish

Gold Fish

Gold Fish atau biasa disebut sebagai ikan mas, adalah ikan yang paling mudah dipelihara untuk para pecinta akuarium pemula. Ikan emas memiliki banyak jenis ukuran dan warna. Ikan ini memiliki ciri perut yang gemuk dengan ekor lebar seperti kipas. Untuk memelihara ikan ini, kamu perlu suhu akuarium antara 62-74 derajat Fahrenheit. Sayangnya ikan ini memiliki kepribadian yang berantakan dan lincah, sehingga pastikan untuk mengganti setidaknya 10% dari air akuarium setiap satu minggu sekali.





Baca Juga

Share ke teman kamu

2 thoughts on “10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik Untuk Akuarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *