10 Jenis Kucing Termahal di Dunia

Russian Blue
Share ke teman kamu

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Di Amerika Serikat sendiri kucing berada di peringkat pertama hewan yang paling banyak dimiliki dan berada di urutan kedua sebagai hewan peliharaan rumah tangga terfavorit. Harga kucing ini bervariasi, tergantung dari kelangkaan dan kemurnian rasnya.

Kalau sebelumnya kamu sudah melihat jenis anjing termahal di dunia dan juga kucing terlucu yang ngehits di internet, kali ini kami akan membahas tentang 10 jenis kucing termahal di dunia. Berikut kesepuluh daftarnya.

10. British Shorthair

British Shorthair

British Shorthair

British Shorthair adalah salah satu jenis kucing yang masuk dalam kucing populer di Inggris. Kucing ini sangat populer di kalangan kontes-kontes kucing di seluruh dunia. British Shorthair memiliki karakter yang stabil dan tenang, sehingga sempurna untuk kamu yang tinggal di apartemen. Kucing ini identik dengan bulu berwarna biru keabu-abuan dan warna mata tembaga.

British Shorthair adalah salah satu ras yang dikenal paling kuno, diduga berasal dari Mesir yang kemudian diimpor ke Inggris oleh orang Romawi pada abad pertama masehi. Kucing ras ini pernah menjadi subjek ilustrasi terkenal Tenniel’s dari Cheshire Cat from Alice’s Adventures in Wonderland. Perangainya yang tenang dan easy going membuat kucing ini menjadi favorit para trainer. Harga kucing ini berkisar antara $500 – $1,500 atau antara 6.900.000 – 20.000.000 Rupiah.

9. Scottish Fold

Scottish Fold

Scottish Fold

Dengan ciri-ciri fisiknya yang langka, dikombinasikan dengan reputasinya sebagai sahabat penuh kasih bagi manusia, Scottish Fold menjadi salah satu kucing yang paling dicari sebagai hewan peliharaan. Kamu bisa mengenali kucing ras ini dengan mudah, dari bentuk telinganya yang seolah-olah terlipat.

Kepribadian Scottish Fold sangat baik, ia adalah kucing penyayang yang mudah menyesuaikan diri dengan hewan lain di dalam rumah. Kucing ini suka kegiatan outdoor dan disayang oleh pemiliknya. Hal yang paling tidak diskukai Fold adalah kesepian. Hmmm… seperti manusia saja ya yang paling benci kalau merasa kesepian. Harga kucing ini berkisar antara $200 – $3,000 atau antara 2.700.000 – 42.000.000 Rupiah.

8. Sphynx

Sphynx

Sphynx

Sphynx juga salah satu ras kucing yang paling populer di dunia. Ras ini mulai berkembang sejak tahun 1960, yang terkenal karena kurangnya rambut pada tubuhnya. Sphynx adalah kucing yang seolah-olah tidak memiliki bulu pada tubuhnya, itulah mengapa perawatan kucing ini terbilang susah. Sphynx dikenal karena perilaku ekstrovert mereka. Tapi meskipun memiliki kepribadian extrovert, kucing ini memiliki energi yang tinggi, cerdas, rasa ingin tahunya besar, dan penuh kasih sayang pada pemiliknya.

Sphynx akan selalu menyambut pemiliknya di depan pintu saat mereka pulang. Ia juga ramah terhadap orang asing. Harga kucing ini berkisar antara $300 – $3,000 atau antara 4.200.000 – 41.000.000 Rupiah.

7. Russian Blue

Russian Blue

Russian Blue

Russian Blue terkenal sebagai kucing yang suka bermain, gampang penasaran, dan pintar. Ia juga memiliki kepribadian yang ramah, mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain dan dekat dengan anak-anak. Kucing ini memiliki bulu berwarna biru keabu-abuan, mata hijau terang, kaki ungu muda, dan bulu tebal yang pendek.

Meskipun terkenal memiliki kepribadian yang ramah, tetapi Russian Blue cenderung pemalu bila bertemu dengan orang asing. Mereka menikmati bermain dengan berbagai mainan dan suka membangun ikatan kasih yang setia dengan pemiliknya. Umur kucing ras ini berkisar 15 sampai 20 tahun. Harga ras Russian Blue sendiri berkisar antara $400 – $3,000 atau antara 5.500.000 sampai 41.000.000 Rupiah.

6. Peterbald

Peterbald

Peterbald

Peterbald adalah kucing yang merupakan hasil eksperimen dari pencampuran ras Don Sphynx dan Oriental Shorthair. Ciri khas kucing ras ini adalah tubuhnya yang seolah tidak memiliki bulu, bentuk tubuh ramping, leher panjang, mata seperti almond, kaki, dan ekor yang panjang. Bisa dibilang kalau di dunia manusia, tubuh Pertbald bak model catwalk yang anggun.

Sebagai kucing, Peterbald memiliki watak yang manis, ramah, cerdas, cinta damai, mudah penasaran, dan energik. Terkadang mereka sedikit berisik dan suka menghabiskan waktu bersama pemiliknya. Peterbald juga bisa hidup berdampingan secara harmonis dengan hewan peliharaan lain dan anak-anak. Harga kucing ini berkisar antara $1,000 – $5,000 atau sekitar 13.000.000 – 69.000.000 Rupiah.

5. Persian Cat

Persian Cat

Persian Cat

Kucing Persia memiliki ciri khas bulunya yang panjang, muka lebar, dan kaki pendek. Di Inggris biasanya ras kucing ini disebut dengan “Longhair” atau “Persian Longhair”. Di Timur Tengah Persian juga dikenal dengan sebutan Shiraz atau Shirazi. Kucing jenis ini masih memiliki sub ras dengan beragam nama, yaitu Himalayan, Exotic Shorthair, Toy And Teacup Sizes, dan Chinchilla Longhair and Sterling. Popularitas kucing ini menduduki peringkat pertama di Amerika Serikat.

Kucing Persia pada umumnya digambarkan sebagai kucing dengan pembawaan tenang, baik itu di alam atau di lingkungan apartemen. Salah satu ras kucing persia yang cukup aktif adalah Himalayan. Selain tenang, mereka juga memiliki kedekatan emosional yang tinggi dan penyayang pada pemiliknya. Mereka ramah dengan orang asing, cinta kebersihan, dan suka rewel soal makanan. Harga kucing ini sendiri berkisar antara $1,000 – $6,000 atau sekitar 13.000.000 – 83.000.000 Rupiah.

4. Allerca Hypoallergenic Cat

Allerca Hypoallergenic Cat

Allerca Hypoallergenic Cat

Allerca adalah kucing hasil penelitian genetik yang dikembangbiakkan melalui proses pembiakan selektf dari Lifestyle Pets. Perusahaan ini mulanya berbasis di California. Allerca memiliki kemampuan mengurangi alergi kucing pada manusia dengan kadar keberhasilan 96%. Kucing ini banyak menuai kontroversi di media selain karena kemampuannya mengurangi alergi juga banyak orang yang sudah memesan untuk memiliki kucing ini dan membayar dengan harga mahal tetapi mereka harus mengalami penundaan pengiriman. Kisaran harga kucing ini antara $4,000 – $6,000 atau sekitar 55.000.000 – 83.000.000 Rupiah.

3. Bengal

Bengal

Bengal

Bengal adalah hasil dari pengembangbiakan genetik antara kucing domestik dengan kucing macan tutul Asia (ALC). Prionailurus bengalensis diciptakan dengan tujuan menciptakan kucing yang percaya diri, sehat, dengan warna bulu yang kontras. Nama Bengal sendiri diambil dari nama taksonomi kucing macan tutul Asia (P. b. Bengalensis).

Kucing ras ini memiliki bentuk tubuh menyerupai leopard, dengan kepribadian yang cukup lembut. Kucing ini menyukai air, dan kamu butuh perhatian besar untuk membuat mereka senang. Mereka suka bermain dan memiliki kemampuan untuk melompat sejauh 8 kaki dari tanah. Harga dari Bengal antara $1,000 – $25,000 atau sekitar 13.000.000 – 346.000.000 Rupiah.

2. Savannah

Savannah

Savannah

Kalau dilihat-lihat, sekilas Savannah dan Bengal terlihat serupa, tetapi Ras Savannah memiliki tubuh yang lebih ramping dan besar. Berat Savannah generasi pertama bisa mencapai 6 – 11 kg. Kucing ini memiliki kaki yang panjang, bahu tegap, leher ramping, kaki panjang, mata seperti bomerang, dan bentuk hidung menyerupai cheetah.

Savannah dikenal sebagai kucing yang memiliki kesetiaan tinggi pada pemiliknya selayaknya anjing. Beberapa dari mereka ada yang mudah bersosialisasi dengan hewan lain dan ada pula yang cenderung pemalu dengan orang asing. Yang paling menonjol dari ras ini adalah kemampuan melompatnya yang bisa mencapai 2,5 meter. Jangan heran kalau kamu melihat kucing ini bisa melompat ke atas pintu, kulkas atau bahkan berjalan di atas tali. Mereka juga tidak takut air dan suka bermain di air. Harga dari kucing ini antara $1,500 – $50,000 atau sekitar 20.000.000 – 692.000.000 Rupiah

1. Ashera

Ashera

Ashera

Ashera adalah jenis kucing yang paling mahal di dunia dengan harga $27,950 atau sekitar 387.000.000 Rupiah. Ashera juga merupakan kuicng hibrida Afrika yang merupakan percampuran dari kucing macan tutul Asia dan kucing domestik. Ashera adalah kucing yang sangat cerdas, penyayang, dan juga setia kepada pemiliknya. Namun keberadaan kucing ini menuai kontroversi karena banyak yang menduga bahwa perusahaan biotek yang memperoduksi kucing ini sebenarnya menjual kucing Savannah dengan harga jual dua sampai empat kali lebih mahal.





Share ke teman kamu

2 thoughts on “10 Jenis Kucing Termahal di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *