10 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks Tinggi

10. Telur
Share ke teman kamu

Sering mengalami anemia? Salah satu penyebabnya adalah kekurangan vitamin B. Vitamin B adalah vitamin yang membantu proses pembentukan energi pada tubuh dari makanan yang kamu makan. Vitamin B juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B sendiri terdiri dari Vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6, B7 (biotin), B9 (folat) dan B12 yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan.

Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin B dari protein seperti ikan, unggas, daging, telur, dan produk susu. Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan kacang polong juga memiliki kandungan Vitamin B yang baik. Bahkan saat ini, beberapa produk sereal yang telah menambahkan kandungan vitamin B di dalamnya.

Lebih jelasnya kali ini kami akan membahas 10 jenis makanan yang mengandung vitamin B kompleks tinggi. Kesepuluh makanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Daging merah

1. Daging merah

1. Daging merah

Daging merah memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Daging merah merupakan salah satu sumber vitamin B yang lengkap bagi tubuh. Terlebih lagi kalau kamu mengkombinasikan daging merah dengan sayur, komposisi vitamin B pada daging merah dapat menjadi pelengkap komposisi vitamin B pada sayur. Kandungan keratin pada daging merah dapat bekerja sama dengan vitamin B untuk mengolah karbohidrat menjadi energi yang dapat menunjang kesehatan tubuh serta mencegah kekurangan gizi.

2. Asparagus

2. Asparagus

2. Asparagus

Sayuran yang lebih familiar di negara barat ini memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Sayur ini adalah salah satu jenis sayuran musim semi yang bisa kamu temukan di berbagai swalayan modern. Kandungan vitamin B dalam asparagus sangat tinggi sehingga mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh, mencegah penyakit diabetes tipe 2, dan juga memelihara kesehatan jantung. Asparagus juga kaya akan serat dan protein yang dapat membantu melancarkan saluran pencernaanmu.

3. Alpukat

3. Alpukat

3. Alpukat

Siapa bilang kalau alpukat adalah buah yang bikin gemuk dan berlemak? Justru dalam 100 gram alpukat terkandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan nutrisi seperti protein, serat, kalsium, magnesium, fosfor yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dalam buah ini juga terdapat zat anti inflamasi yang mampu mencegah berbagai jenis penyakit yang menyerang tulang. Alpukat juga memiliki manfaat untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Kacang almond

4. Kacang almond

4. Kacang almond

Kacang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam 28 gram kacang almond terdapat kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan juga vitamin E. Kacang ini memiliki harga cukup mahal karena merupakan kacang impor yang juga sering dikonsumsi untuk penderita penyakit jantung dan pelaku diet. Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat dalam almond dapat membantu menurunkan resiko cacat pada janin ibu hamil.

5. Bayam

5. Bayam

5. Bayam

Dalam bayam terkandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9. Tubuh kita hanya perlu waktu 2 menit untuk mencerna kandungan viamin B pada bayam. Dengan harganya yang relatif murah, sayur ini dapat mengatasi masalah sembelit, serta mampu melindungi lambung dan usus dari penumpukan racun. Sayur ini juga mampu melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

6. Dada ayam

6. Dada ayam

6. Dada ayam

Dada ayam memiliki kandungan B1, B2, B3, B5, B6, B9 serta berprotein tinggi. Oleh karena itu, tak heran kalau para atlet menggunakan dada ayam sebagai menu diet mereka. Protein dalam dada ayam dapat mendukung tubuh kita untuk menyimpan energi yang jauh lebih banyak. Kandungan vitamin B6nya sangat baik untuk kesehatan jantung, dan mampu melindungi tubuh dari proses homosistein yang merupakan penyebab penyakit jantung. Vitamin B kompleks dalam dada ayam juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko terserang penyakit kanker.

7. Apel

7. Apel

7. Apel

Buah apel adalah salah satu buah yang sepertinya wajib ada dalam kulkas kita. Buah ini mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin B kompleks yang terkandung dalam apel dapat membantu meningkatkan fungsi memori dalam otak. Dengan mengkonsumsi apel secara rutin, kamu dapat mencegah berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan memori otak dan kerusakan sel saraf. Apel juga mampu mencegah radikal bebas penyebab penyakit kanker.

8. Kacang mete

8. Kacang mete

8. Kacang mete

Kacang mete adalah salah satu kacang yang berasal dari Indonesia dengan kandungan vitamin B kompleks yang tinggi. Kandungan vitamin B kompleks dalam kacang ini membantu protein memecahkan karbohidrat menjadi sumber energi. Dalam kacang mete juga terkandung kalsium dan magnesium yang berkhasiat untuk memperkuat kepadatan tulang sehingga mencegah munculnya berbagai penyakit tulang.

9. Kale

9. Kale

9. Kale

Nama lain kale adalah kailan yang merupakan sayuran hijau bertekstur lembut dan renyah. Kale banyak ditemukan dalam masakan khas China. Kandungan vitamin B dan omega 3 yang seimbang dalam kale membuat tubuh menjadi lebih kuat dan berenergi. Kedua vitamin dan zat tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan kuku dan rambut. Kandungan seratnya yang tinggi membuat sayur ini bisa memperlancar proses pencernaan.

10. Telur

10. Telur

10. Telur

Telur sering menjadi alternatif sarapan sehat dan cepat pada pagi hari. Telur adalah salah satu makanan yang wajib ada di dapur kita. Dalam sebutir telur terkandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12 yang membuatnya manjadi sumber energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas. Kandungan vitamin B12, protein, dan kaolin dalam telur membantu meningkatkan kesehatan otak janin pada ibu hamil.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *