10 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks Tinggi

10. Telur
Share ke teman kamu

Sering mengalami anemia? Salah satu penyebabnya adalah kekurangan vitamin B. Vitamin B adalah vitamin yang membantu proses pembentukan energi pada tubuh dari makanan yang kamu makan. Vitamin B juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B sendiri terdiri dari Vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6, B7 (biotin), B9 (folat) dan B12 yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan.

Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin B dari protein seperti ikan, unggas, daging, telur, dan produk susu. Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan kacang polong juga memiliki kandungan Vitamin B yang baik. Bahkan saat ini, beberapa produk sereal yang telah menambahkan kandungan vitamin B di dalamnya.

Lebih jelasnya kali ini kami akan membahas 10 jenis makanan yang mengandung vitamin B kompleks tinggi. Kesepuluh makanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Daging merah

1. Daging merah

1. Daging merah

Daging merah memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Daging merah merupakan salah satu sumber vitamin B yang lengkap bagi tubuh. Terlebih lagi kalau kamu mengkombinasikan daging merah dengan sayur, komposisi vitamin B pada daging merah dapat menjadi pelengkap komposisi vitamin B pada sayur. Kandungan keratin pada daging merah dapat bekerja sama dengan vitamin B untuk mengolah karbohidrat menjadi energi yang dapat menunjang kesehatan tubuh serta mencegah kekurangan gizi.

2. Asparagus

2. Asparagus

2. Asparagus

Sayuran yang lebih familiar di negara barat ini memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Sayur ini adalah salah satu jenis sayuran musim semi yang bisa kamu temukan di berbagai swalayan modern. Kandungan vitamin B dalam asparagus sangat tinggi sehingga mampu mengatur kadar g