10 Jenis Pekerjaan yang Paling Sering Dijumpai di Perempatan Jalan

Pengamen
Share ke teman kamu

Perempatan adalah istilah yang umum digunakan untuk menyebut pertemuan antara 2 atau lebih jalan raya yang masing-masing mempunyai arah tujuan yang berbeda. Karena mempunyai arah yang berbeda, kamu harus berjalan secara bergantian dengan pihak lain yang memiliki arah jalan berlawanan dengan kamu bila tidak ingin terjadi kemacetan.

Sayangnya, di Indonesia terutama Jakarta, budaya menyerobot dan menerobos lampu lalu lintas menyebabkan tingkat kemacetan tinggi dan juga mengakibatkan terjadinya antrian panjang di setiap perempatan. Dengan tuntutan hidup yang tiada habisnya, banyak orang yang memanfaatkan kondisi perempatan dengan antrian panjang ini untuk mencari nafkah yang sangat dibutuhkan keluarga mereka.

Nah, dari banyak macam pekerjaan yang bisa kamu temukan di perempatan jalan, pekerjaan apa sih yang paling sering kamu lihat? Berikut ini kami akan membahas 10 jenis pekerjaan yang paling sering dijumpai di perempatan jalan.

1. Pengamen

Pengamen

Pengamen

Tidak diragukan lagi, jenis pekerjaan ini adalah pekerjaan yang paling sering dijumpai di perempatan jalanan. Hanya dengan bermodalkan gitar kecil yang enteng dibawa ke mana-mana, siapapun sudah bisa mencari nafkah di perempatan jalan! Selain itu, pekerjaan sebagai pengamen juga bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan lho.

Sayangnya, banyak dari pengamen ini hanya sembarangan “bernyanyi” dan “bermain gitar” tanpa memperhatikan unsur seni dan keindahannya, sehingga suara yang dihasilkan para pengamen rata-rata tidak akan lulus audisi Indonesian Idol. Hal inilah yang sangat menyebalkan, sudah meminta uang, musiknya juga tidak menarik. Namun, tidak semua pengamen berkualitas seperti ini lho, ada juga yang cukup merdu suaranya meskipun langka.

2. Penjual koran

Penjual koran

Penjual koran

Profesi penjual koran ini juga merupakan salah satu jenis pekerjaan yang paling sering dijumpai di perempatan. Cukup dengan modal mental baja,.tahan panas, dan tangan kuat untuk membawa banyak koran sekaligus, kamu sudah bisa berjualan koran di perempatan jalan lho.

Profesi ini dulunya sempat nge-trend dan sangat berjasa bagi kehidupan sehari-hari kita, namun sayangnya seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, banyak orang yang mulai beralih ke koran digital sehingga menyebabkan pekerjaan ini perlahan-lahan punah dari peredaran karena berkurangnya minat konsumen.

3. Pedagang minuman

Pedagang minuman

Pedagang minuman

Tak diragukan lagi, penjual minuman di perempatan jalan ini adalah seorang pahlawan yang menyelamatkan kamu dari dahaga saat macet berkepanjangan. Pekerjaan yang mulia dan penuh perjuangan ini sering kali dianggap remeh, tapi sebenarnya mereka sudah membantu banyak orang lho.

Males kan kalau lagi macet-macetnya tiba-tiba haus lalu harus berhenti dan bayar parkir di depan toko? Mending beli sama penjual minuman di perempatan aja deh! Namun sayang, sering kali minuman yang dijual sudah tidak dingin lagi karena terkena panas matahari sehingga kurang segar rasanya.

4. Pengemis

Pengemis

Pengemis

Mengemis merupakan jenis pekerjaan yang paling mudah dilakukan di perempatan, sekaligus juga sebagai jenis pekerjaan di perempatan yang paling menjanjikan pendapatan terbesar. Biasanya pengemis akan memasang muka memelas atau penuh derita, memakai pakaian lusuh, pura-pura sakit, mengaku belum makan beberapa hari, membawa anak, pura-pura cacat, dan lain-lain untuk menarik perhatian dan belas kasihan para pengemudi yang lewat.

Meskipun tidak semua pengemis berpura-pura, banyak di antara mereka yang hanya berpura-pura semata-mata hanya untuk mendapatkan belas kasihan para pengemudi sehingga dapat meraup untung sebanyak-banyaknya. Kasus seperti ini belakangan sering terjadi, misalnya saat ada seorang pengemis yang berpura-pura tidak mempunyai kaki namun saat penertib pengemis datang dia bisa lari terbirit-birit.

5. Pencari sumbangan

Pencari sumbangan

Pencari sumbangan

Pekerjaan mencari sumbangan di perempatan jalan biasanya dilakukan oleh para mahasiswa yang sepertinya terinspirasi oleh tukang koran. Pada umumnya, mereka akan menggunakan seragam atau jaket universitas dan berjalan di perempatan jalan dan sekitarnya dengan membawa kardus bertulisan macam-macam. Biasanya tulisan yang ada di kardus ini adalah tujuan sumbangan mereka, misalnya untuk bencana alam, gunung meletus, pengobatan medis, atau hal-hal lainnya yang membutuhkan bantuan dana.

6. Pedagang mainan

Pedagang mainan

Pedagang mainan

Belakangan ini semakin banyak pedagang mainan yang berkeliling di berbagai perempatan jalan. Mereka adalah orang dengan profesi paling menyebalkan bagi para orang tua. Kenapa gitu? Karena bila mereka berkendara bersama anak, para penjual mainan yang menyadari fakta tersebut akan segera mendatangi tempat anak duduk di mobil, dan memperagakan cara memainkan permainan yang mereka tawarkan. Kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya? Ya, anak kamu akan langsung minta dibelikan mainan tersebut.

7. Pengatur lalu lintas

Pengatur lalu lintas

Pengatur lalu lintas

Pengatur lalu lintas atau sering disebut sebagai Pak Ogah adalah salah satu jenis pekerjaan yang paling sering dijumpai di perempatan jalan. Mereka adalah orang yang sering kali berdiri di tengah perempatan tak berlampu lalu lintas. Tugas utama mereka adalah mengatur arus lalu lintas sehingga para pengemudi tidak saling serobot dan dapat berjalan secara bergantian. Mereka juga sering kali ditemukan di tempat memutar balik kendaraan ke arah yang berlawanan.

Namun sayangnya, mereka cenderung lebih memilih dan berat sebelah dalam memberi jalan demi mendapatkan uang yang lebih banyak. Hal ini sering kali menjadi penyebab kemacetan di berbagai tempat di Jakarta.

8. Pedagang kanebo

Pedagang kanebo

Pedagang kanebo

Tidak terlalu sering dijumpai di perempatan jalan, namun masih bisa dibilang cukup umum terlihat di perempatan jalan. Mereka menjual kanebo atau lap mobil dengan harga yang sangat murah. Biasanya yang membeli kanebo di sini hanya mereka yang dalam situasi darurat karena pada umumnya setiap pemilik kendaraan terutama mobil sudah mempunyai benda ini.

9. Pedagang rokok

Pedagang rokok

Pedagang rokok

Ini dia pekerjaan perempatan jalan yang lagi naik daun. Pekerjaan yang paling sering dijumpai di perempatan jalan ini semakin lama semakin banyak peminatnya karena jumlah konsumennya juga terus bertambah.

Sangat disayangkan, bahaya merokok sudah sangat jelas namun jumlah perokok terus meningkat setiap tahunnya. Selain berdagang rokok, biasanya mereka juga menjual permen, tissue, dan benda-benda kecil lain dalam daftar jualannya.

10. Penjual makanan ringan

Penjual makanan ringan

Penjual makanan ringan

Serupa dengan penjual minuman, orang dengan profesi ini sering kali menjadi penyelamat para pengendara yang kelaparan di tengah macetnya Jakarta. Biasanya mereka akan membawa beberapa jenis makanan ringan yang bisa dengan mudah kamu nikmati dalam perjalanan, misalnya tahu Sumedang, buah-buahan, onde-onde, gemblong, kacang, dan makanan ringan lainnya.

Buat kamu yang sering beli makanan seperti ini, berhati-hatilah karena sudah banyak berita yang mengatakan bahwa banyak makanan di sini yang kurang sehat karena mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti pengawet, pewarna, pemanis, dan lain-lain.

Nah, itulah daftar 10 jenis pekerjaan yang paling sering dijumpai di perempatan jalan. Kalau dari pengalaman kamu sendiri, pekerjaan apa yang paling sering kamu lihat di perempatan jalan?





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *