10 Jenis Suara Di Sekitar Kita yang Paling Menyebalkan

Suara Muntah
Share ke teman kamu

Hidup tanpa suara pasti sangatlah membosankan. Namun, tidak dapat dipungkiri juga, ada beberapa jenis suara yang paling kita benci dan membuat kita sebal ketika mendengarkannya. Suara-suara tersebut muncul dan sering ada di sekitar kita tanpa kita kehendaki keberadaannya. Pernahkah Kamu merasa begitu sebal dan kesal ketika mendengar suatu suara?

Menurut ilmu akustik manusia, suara memang berhubungan erat dengan emosi, memori dan juga berkaitan dengan pengalaman alam bawah sadar kita. Tidak heran, ketika kita mendengar suara tertentu, kita teringat akan suatu moment tertentu. Nah, bagi manusia sendiri, ada beberapa suara di sekitar kita yang paling menyebalkan, apa saja suara itu? Check this out!

1. Suara Muntah

Suara Muntah

Suara Muntah

Pernah tidak, ketika kamu di angkutan umum atau di suatu tempat kemudian tidak sengaja mendengar ada suara seseorang sedang muntah? Tidak sadar, suara ini membuatmu merasa mual dan bahkan terkadang bisa membuat kamu terpancing untuk muntah juga. Ternyata, suara muntah adalah suara paling menyebalkan untuk manusia.

2. Suara Kuku di Papan

Suara Kuku di Papan

Suara Kuku di Papan

“Aduh, geli. Stop!” Pasti deh, Kamu pernah digoda oleh teman sekolah dengan manggaruk-garuk kukunya di papan tulis. Kamu pasti otomatis kesal dan terganggu jika ada seseorang yang melakukan hal ini di dekatmu. Ternyata, ini memang merupakan salah satu sumber suara paling mengganggu lho. Intonasi dari suara kuku yang digaruk ke papan ternyata termasuk intonasi yang tinggi dan bisa membuat otak dan telinga merasa tidak nyaman.

3. Alarm Mobil

Alarm Mobil

Alarm Mobil

Pasti pernah dong mendengar suara alarm mobil yang keras dan berulang di parkiran? Ternyata, alarm mobil yang berbunyi sangat keras itu tidak hanya disebabkan karena pencurian atau sang pemiliki yang salah tekan tombol, bahkan karena hal kecil seperti ada suara keras lain atau tidak sengaja disenggol, alarm mobil bisa berbunyi. Ini tentu menjadi suara yang sangat mengganggu untuk orang di sekitarnya. Apalagi kalau pemilik mobil tidak segera mematikan alarm tersebut. Menurut beberapa sumber, suara ini bisa membangkitkan kenangan buruk.

4. Mendengkur

Mendengkur

Mendengkur

Ditutup bantal, sudah. Menyalakan TV dengan volume sedang atau tinggi, sudah. Membangunkan di pendengkur agar berhenti mendengkur, tidak berhasil. Ah, suara dengkuran memang paling mengganggu.

Walau kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan si pendengkur karena dengkuran seseoang bisa berarti bahwa orang tersebut memiliki masalah kesehatan pada tubuhnya. Namun suara ini sering kali mengganggu orang di sekitarnya, yaitu membuat orang yang ada di sekitarnya tidak bisa tidur.

5. Ban Berdecit

Ban Berdecit

Ban Berdecit

Beberapa orang mungkin suka suara ban berdecit karena terdengar keren, terutama bagi pemilik mobil. Namun, bagi orang lain ini adalah suara yang menyebalkan. Suara decitan ini bisa memekakkan telinga karena frekuensinya yang terlalu tinggi. Terlebih, suara ban berdecit bisa membuat kita jadi panik karena sering dikaitkan dengan kecelakaan lalu lintas.



6. Suara Orang Marah-Marah

Suara Orang Marah-Marah

Suara Orang Marah-Marah

Pada dasarnya, telinga kita sering merasa tidak nyaman dengan suara berintonasi dan berfrekuensi tinggi. Hal tersebut juga ada ketika orang sedang marah-marah. Selain bising, teriakan orang yang sedang marah juga membuat kita tidak nyaman.

Apalagi jika teriakan-teriakan tersebut dari orang yang kita kenal. Ini tidak hanya membuat bising tetapi juga bisa mengganggu psikologis kita.

Selain itu menurut penelitian, suara orang marah dapat menggugurkan sel otak yang sedang tumbuh pada anak usia golden age (antara usia 2 sampai 3 tahun masa pertumbuhan).

Orang yang sering mendengar suara orang marah nantinya bisa mengalami gangguan psikologis seperti sering melamun, dan pola berpikir yang lebih lambat.

7. Suara Kucing Ribut

Suara Kucing Ribut

Suara Kucing Ribut

Ngaku deh, berapa di antara kamu yang sebal kalau mendengar kucing sedang ribut? Suara kucing sendiri yang melengking kadang membuat kita kaget. Apalagi kalau kucing-kucing tersebut ribut di atas genteng atau di halaman rumah, tidur nggak nyenyak, telinga jadi sakit.

8. Suara Nyamuk dan Lalat

Suara Nyamuk dan Lalat

Suara Nyamuk dan Lalat

Pernah nggak terbangun dari tidur karena mendengar suara lalat atau nyamuk yang sepertinya terbang di atas. Ini memang suara paling menyebalkan. Apalagi kalau Kamu sudah berusaha keras untuk mengusir mereka tapi gagal. Satu-satunya cara untuk mengusir suara ini adalah dengan menyemprotkan obat nyamuk.

9. Suara Besi dipukul

Suara Besi dipukul

Suara Besi dipukul

Kalau kamu tinggal di lingkungan dengan tukang las, karbit atau pandai besi, pasti sering mendengar suara besi yang dipukul. Untuk beberapa orang, dengingan suara las atau besi yang sedang dipukul itu susah sekali hilang. Apalagi jika kamu mendengarkannya secara terus menerus, bisa berbahaya bagi pendengaran.

10. Gemeretak Jemari

Gemeretak Jemari

Gemeretak Jemari

Sebagian orang memiliki ketakutan pada suara yang sebenarnya biasa saja, misalnya gemeretak jari. Mendengar jemari yang dibunyikan, mereka akan merasa merinding dan menutup telinga.

Bagi yang penasaran, dari mana asal bunyi jemari, suara ini hanya muncul saat kamu menggerakkan buku-buku jarimu. Ruang yang ada di sela buku jari ini, akan melepaskan udara. Nah, udara ini lah yang menimbulkan bunyi saat jari atau sendi direnggangkan.







Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *