10 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gigi Kamu Jadi Lebih Putih

Bersihkan lidah
Share ke teman kamu

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup penting. Tidak hanya membantu dalam mengunyah dan berbicara, gigi juga bisa menentukan penampilan seseorang. Gigi yang bersih dan terlihat putih serta cerah tentu akan membuat kita semakin percaya diri. Di sisi lain, orang lain yang melihat penampilan yang sedap dipandang tentu akan jauh lebih nyaman terlibat komunikasi dengan diri kita.

Lantas bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan penampilan gigi yang maksimal? Well, selain rutin melakukan perawatan ke dokter gigi, ada banyak trik sederhana yang bisa kamu praktekkan di kehidupan sehari-hari. Penasaran? Berikut 10 cara agar gigi lebih putih.

1. Jaga pola makanan demi gigi putih

Jaga pola makanan demi gigi putih

Jaga pola makanan demi gigi putih

Jika kamu merupakan seseorang yang gemar mengkonsumsi anggur atau teh hitam, atau juga merokok, maka harus rela jika gigimu tidak secerah yang terlihat di iklan-iklan TV maupun foto dalam majalah.

Penyebab lain gigi tidak berwarna putih cerah adalah minuman cola, kuah yang mengandung lemak dari daging, dan minuman jus dengan warna gelap. Intinya, jika makanan atau minuman yang kamu konsumsi sudah berwarna gelap dari awal, maka itu akan menimbulkan noda pada gigi. Langsung gosok gigi usai memakan atau meminum sesuatu yang memiliki warna pekat dan jika perlu gunakan pemutih yang terpercaya. Jika ingin hasil yang lebih baik lagi, kamu bisa memakan buah apel.

2. Bersihkan sikat gigi

Bersihkan sikat gigi

Bersihkan sikat gigi

Membersihkan sikat gigi atau mengganti bagian kepala sikat gigi elekrik setidaknya dua atau tiga bulan sekali akan sangat membantu dalam menjaga penampilan gigi. Jika tidak, gigimu bakal menjadi tempat yang amat mudah berkembang menjadi sarang bakteri.

Menurut seorang dokter gigi asal Beverly Hills, Harold Katz, cara terbaik untuk menggosok gigi adalah memposisikan sikat gigi dengan sudut 45 derajat ke arah gusi dan dengan perlahan menggerakkannya dengan gerakan membentuk lingkaran alih-alih maju mundur. Pegang sikat gigi seolah kamu sedang memegang pensil agar kamu tidak menggosok terlalu keras.

3. Bersihkan lidah

Bersihkan lidah

Bersihkan lidah

Gunakan pembersih lidah setiap pagi untuk menghilangkan plak di lidah dan membuat nafas menjadi lebih segar. Salah satu penyebab bau nafas tak sedap adalah terjadi penumpukan bakteri di lidah, yang bisa dihilangkan dengan mudah menggunakan pembersih lidah.

Selain itu, membersihkan lidah juga efektif untuk menjaga kebersihan rongga mulut yang tentunya akan berdampak positif bagi kebersihan gigi. Kebersihan mulut menjadi awal gusi yang kuat serta gigi yang tampak putih dan sehat, setidaknya demikian menurut pendapat Dr. Katz.

4. Makan detergen

Makan detergen (wortel)

Makan detergen (wortel)

Tenang, detergen di sini bukan berarti kamu harus memakan sabun cuci atau sejenisnya. Makanan yang dimaksud adalah yang sifatnya garing yang renyah.

Makanan dengan jenis seperti ini akan membantu membersihkan gigi ketika dimakan. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa apel, yang juga dikenal sebagai sikat gigi alami, merupakan salah satu buah yang bisa membantu menjaga warna gigi. Namun jika tidak terlalu menyukai buah ini, kamu bisa mencoba wortel mentah, seledri, dan popcorn. Untuk hasil terbaik, makanlah ‘detergen’ sebagai makanan terakhir atau jika tidak gigimu tidak akan bersih secara maksimal.

5. Berkumur

Berkumur

Berkumur

Berkumur juga merupakan kebiasaan yang bisa membantu warna gigi tetap putih serta terlihat natural. Kamu bisa berkumur dengan air putih atau membuat campuran khusus untuk hasil lebih maksimal.

Salah satu yang disarankan adalah berkumur dengan cuka apel. Lakukan ini di pagi hari dan setelah itu sikat gigi seperti biasa. Cuka akan membantu menghilangkan noda, memutihkan gigi, dan menghilangkan bakteri di mulut dan gusi.

6. Baking soda

Baking soda

Baking soda

Baking soda tidak hanya bisa digunakan untuk membuat kue, namun juga membantu membuat gigi menjadi lebih putih. Kamu bisa menggunakannya untuk menggosok gigi setidaknya satu kali dalam seminggu, niscaya noda akan hilang dan gigi menjadi lebih putih.

Gunakan baking soda layaknya pasta gigi biasa ditambah dengan sedikit perasan jeruk lemon. Jika tidak ada, kamu juga bisa menggunakan garam sebagai alternatif pasta gigi. Namun pastikan kamu langsung meludahkannya, agar tubuhmu tidak mendapat terlalu banyak asupan sodium. Selain itu, jika gusimu mulai terasa lecet atau kasar, cobalah menggosok gigi dengan garam.

7. Jaga nafas tetap segar

Jaga nafas tetap segar

Jaga nafas tetap segar

Seperti disebutkan sebelumnya nafas segar bisa menjadi indikator awal rongga mulut yang sehat. Karenanya menjaga kesegaran nafas termasuk salah satu upaya kita mengontrol kebersihan rongga mulut.

Untuk terus menjaga nafas tetap segar, sentuh pangkal lidah dan cium ketika masih basah. Jika kamu menghirup aroma tidak sedap, maka itu waktunya kamu memakan permen mint bebas gula untuk mencegah bau mulut. Jangan terlalu anggap remeh bakteri, karena bisa jadi bakteri itu yang nantinya bakal menggerogoti kekuatan gigi hingga membuat gigi kehilangan cahayanya.

8. Berlatih membersihkan gigi dengan benang gigi

Berlatih membersihkan gigi dengan benang gigi

Berlatih membersihkan gigi dengan benang gigi

Membersihkan gigi dengan menggunakan dental floss atau benang gigi akan jauh lebih efektif ketimbang menggunakan tusuk gigi. Namun kebanyakan orang harus berdiri di depan cermin untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, untuk menjaga gigi tetap putih, maka kini kamu harus mulai belajar melakukannya di mana saja, tanpa bantuan cermin. Ini akan berguna ketika kamu sedang bekerja, bersantai di kasur, atau tengah menanti rapat penting.

9. Sikat gigi teratur

Sikat gigi teratur

Sikat gigi teratur

Ada dua saat paling krusial untuk menyikat gigi, menurut seorang ahli internis, Kathleen W. Wilson, M.D., yang tengah bekerja di Ochsner Health Center di New Orlenas dan penulis buku ‘When You Think You Are Falling Apart’. Dua momen yang dimaksud adalah ketika bangun tidur dan sesaat sebelum merebahkan diri di ranjang.

Karena saliva (yang membuat bakteri tak bisa bersarang di gigi) mengering di sepanjang malam, jadi amat bagus jika kita sudah membersihkan semua plak sebelum tidur. Selain itu amat penting menggosok gigi di pagi hari untuk membersihkan plak dan bakteri (yang menyebabkan bau mulut di pagi hari) yang mungkin sudah banyak menumpuk ketika kamu tidur.

10. Bermain dengan warna

Bermain dengan warna

Bermain dengan warna

Tips ini mungkin lebih tepat dipraktekkan oleh wanita. Gunakan lipstik atau pewarna bibir yang memiliki warna sedang. Hal tersebut akan membuat gigi terlihat lebih putih, sementara warna yang sifatnya lebih ringan akan justru semakin menonjolkan warna kuning di gigi.





Baca Juga

Share ke teman kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *