Aneka Top 10

Ikuti

Iklan

10 Kenangan Tahun 90an yang Pasti Bikin Kamu Kangen

Bagikan

Kali ini kita akan naik mesin waktu dan kembali ke tahun 90an atau awal tahun 2000an. Kita akan mengajak kamu, para generasi 90an untuk bernostalgia karena hal-hal yang berbau nortalgia pasti bakal jadi topik yang nyenengin buat dibahas. Apalagi kalo kamu bahasnya bareng temen, bisa-bisa histeris-histeris and ketawa-ketawa gak jelas dengan semua kekonyolan dan hal unik yang dulu pernah kalian lakukan.

Topik 90an memang menjadi topik yang nggak ada habisnya buat dibahas, bahkan banyak orang berpendapat bahwa generasi 90an hidupnya jauh lebih berwarna dan bahagia dibandingkan dengan genarasi sekarang ini. Sampai-sampai ada campaign di media sosial tentang generasi bahagia, yang notabennya adalah para generasi tahun 90an.

Berbeda dengan generasi tahun 90an, sekarang anak-anak lebih banyak bermain gadget, dimana semua game sudah lengkap terpasang dibandingkan melakukan kegiatan outdoor atau berolahraga. Mereka tidak memiliki banyak kegiatan outdoor yang bisa menambah pengetahuan, sehingga mereka kesulitan bersosialisasi. Nah, kalau kamu termasuk dalam bagian generasi tahun 90an yuk nostalgia dengan 10 kenangan tahun 90an ini.

1. Koleksi tazoz

Koleksi tazoz
Koleksi tazoz
Iklan

Mau kamu cowok atau cewek, pasti dulu demen koleksi tazoz. Mainan sederhana yang berasal dari chiki dan chitoz ini membuat kita rela beli banyak chiki cuma buat koleksi tazoznya aja, terus chikinya dikasih adek. Banyak banget permainan yang bisa kita lakukan dengan tazoz. Misalkan cas tazoz, sebuah permainan dimana saat posisi tazoz kamu menutupi tokoh yang ada di tazoz, maka kamu kalah dan harus bersedia memberikan satu buah tazoz pada lawan main kamu.

Tazoz ini juga bisa kamu rangkai sedemikan rupa, tergantung dari kreativitas yang kamu miliki menjadi bentuk robot, dinosaurus, dan bentuk apapun tergantung dari imajinasi yang kamu punya. Gambar-gambar yang ada di tazoz pun bermacam-macam. Mulai dari gambar Pokemon, Loony Toons, Bugs Bunny, dan lain-lain. Imajinatif banget kan?

2. Permainan tradisional

Permainan tradisional
Permainan tradisional

Jaman dulu tuh biasanya kalo hari libur kita suka janjian ama temen-temen komplek buat kumpul di lapangan atau taman untuk bermain beragam permaianan tradisional. Kalo yang cowok biasanya pada suka main bentengan, gobak sodor, petak umpet, lompat tali, dan lain-lain. Sementara cewek-cewek biasnya suka main masak-masakan, sobyong, jamuran, putri putri melati, dan lain-lain. Nggak jarang juga cewek dan cowok main petak umpet atau gobak sodor bareng, kemudian pulang dengan baju kotor penuh keringat dan siap-siap deh terima omelan dari mama. Nggak jarang juga kita dulu menggunakan gelang karet, isi sawo, kulit jeruk, batre bekas, sogok telik sebagai bahan mainan.

3. Menulis diary

Iklan
Menulis diary
Menulis diary

Generasi 90an pasti nggak asing dengan buku diary. Biasanya diary digunakan sebagai sarana curhat anak-anak cewek. Selain sebagai sarana curhat, diary ini biasanya digunakan untuk mengisi biodata sesama teman. Jadi, teman-teman terdekat diminta untuk mengisi biodata lengkap mulai dari nama panjang, nama panggilan, cita-cita, makanan favorit, minuman favorit, hobby, dan juga alamat rumah. Biasanya teman-teman yang mengisi diary akan menggunakan pena gel warna warni lengkap dengan foto diri masing-masing,

4. Kirim salam lewat radio

Kirim salam lewat radio
Kirim salam lewat radio

Salah satu kegiatan yang ngehits dikalangan anak-anak SMP dan SMA tahun 90an adalah kirim salam lewat radio. Dalam setiap radio pasti ada acara request lagu lengkap dengan acara kirim salam. Kalau acara udah mulai, pasti kita nungguin di depan telpon dan buru-buru pencet nomor telpon radio tujuan.

Buat yang nggak punya telepon, kita bahkan rela ngantri di wartel dan menekan tombol radial berkali-kali karena banyaknya antrian telpon yang masuk. Salam yang dikirim biasanya untuk cewek atau cowok yang lagi ditaksir, sambil ngarep gebetan kita dengerin siaran radio yang sama.

Iklan

5. Nonton anime Minggu pagi

Nonton anime Minggu pagi
Nonton anime Minggu pagi

Anak-anak tahun 90an tergolong anak yang rajin bangun pagi di hari minggu. Gimana nggak? Kalau bangun kesiangan pasti bakal kelewatan cerita anime-anime favorit di TV. Jam setengah delapan pagi, anak-anak udah pada ganteng dan cantik terus duduk manis di depan TV nungguin anime kesayangan mereka. Mulai dari Sailor Moon, Doraemon, Detektif Conan, Dragon Ball, Inuyasha, dan lain-lain. Di hari Minggu pagi, selain film kartun, acara TV favorit lain adalah kisah superhero Power Ranger.

6. Koleksi Tamagochi

Koleksi Tamagochi
Koleksi Tamagochi

Tamagochi adalah gadget yang berisi simulasi virtual hewan peliharaan yang dapat digunakan segala usia. Setiap karakter hewan yang ada di Tamagochi berbeda warna dan design. Setelah diaktifkan, di layar Tamagochi akan muncul bentuk telur yang bergerak-gerak dan kemudian menetas menjadi sebuah karakter yang akan menjadi hewan peliharaan digital kita. Hewan digital ini bisa menangis, lapar, mengantuk, bahkan sakit. Dia bisa merasa bosan waktu kita cuekin, bahkan dia bisa mati kalau nggak kita rawat dengan baik.

Iklan

7. Berkirim surat

Berkirim surat
Berkirim surat

Jaman dulu belom ada Whatsapp, Line, dan sederet messenger lainnya. Jadi kalau mau PDKT ama cewek biasanya lewat surat. Surat itu kita tulis di selembar kertas, kemudian diletakkan di dalam loker cewek atau cowok yang kita taksir. Selain diletakkan di dalam loker, surat itu biasanya kita titipkan ke salah satu teman dekat si gebetan di sekolah.

Kirim surat ini nggak hanya berlaku pada hubungan cinta monyet, tetapi juga dalam hubungan persahabatan. Solusi terbaik untuk mengatasi berantem dengan teman adalah dengan saling mengirim surat, menuliskan uneg-uneg yang membuat kalian bertengkar. Setelah semua dituliskan dan masing-masing mengetahui apa yang dirasakan, terus baikan deh akhirnya.

8. Jadi fans boyband

Jadi fans boyband
Jadi fans boyband
Iklan

Tahun 90an atau 2000an awal adalah tahun dimana banyak bermunculan boyband keren Hollywood. Wajah ganteng, suara bagus yang pasti bikin cewek tergila-gila, seperti Cool Kids On The Block, Backstreeboys, Boyzone, Westlife, dan N’Sync. Kamu nggak bakal dicap keren kalo belum hafal lagunya Backstreetboys atau Westlife. Bahkan banyak anak-anak 90an yang rela menyisihkan uang jajan buat beli majalah dengan bonus poster para personil Westlife, atau menabung untuk membeli kaset para Boyband ini. Nggak jarang juga cewek-cewek menghafalkan lagu lengkap dengan koreografinya kemudian perform saat istirahat sekolah bersama teman-teman.

9. Koleksi kertas isi binder

Koleksi kertas isi binder
Koleksi kertas isi binder

Jaman dulu, pasti sebagian besar anak 90an pasti punya hobi satu ini. Kertas isi binder adalah salah satu koleksi yang berharga. Pokoknya kalau anak itu punya banyak kertas binder dengan berbagai gambar yang langka, seperti misalnya gambar Sailor Moon, Disney, atau 101 Dalmatians pasti dianggap keren. Kita bisa mendapatkan berbagai kertas ini dengan gambar-gambar yang berbeda di penjual depan sekolah. Harganya juga relatif murah untuk ukuran anak sekolah. Nggak jarang juga kita tuker-tukeran isi kertas binder dengan teman.

10. mIRC

mIRC
mIRC

Saat kita udah beranjak remaja dan sudah mulai mengenal internet, sarana tepat untuk chat dengan orang baru adalah mIRC. “Hi, ASL PLS?” adalah kalimat pertama yang selalu menjadi pembuka di mIRC untuk kenalan dengan orang baru. Pulang sekolah, hari libur, dan jam kosong saat sekolah adalah waktu-waktu yang bikin kita secepat kilat ngacir ke warnet buat nongkrong di mIRC dan mendapatkan banyak kenalan baru. Psstt…. mIRC ini dulu juga suka dipake cowok buat hunting cewek loh!

Nah, udah cukup nostalgia kan dengan 10 kenangan tahun 90an di atas? Selain kesepuluh hal yang sudah kita tulis di atas, adakah hal jadul lain yang bikin kamu kangen? Share di kolom komentar ya!

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan